indonesia flag
united-states
Thursday, March 28, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeFree FireBegini Cara Main Free Fire di PC, Gampang Banget!

Begini Cara Main Free Fire di PC, Gampang Banget!

Nama Free Fire sudah tersohor sebagai mobile game teratas di kalangan penggiat esports. Game satu ini menggabungkan genre third person shooter (TPS) dan battle royale. Terbayang kan serunya bermain perang dengan sekitar 50 pemain sekaligus?

Dalam upaya bertahan hingga akhir, sebagai pemain kamu harus memiliki strategi khusus. Mulai dari pemilihan karakter, senjata, peralatan medis, sampai memilih partner dalam tim. Semua jelas membutuhkan waktu bermain yang tidak sebentar.

Sayangnya, durasi permainan yang panjang membuat mata dan tubuh kamu lekas lelah. Selingi dengan istirahat makan, berbaring, maupun melakukan aktivitas selain pegang gadget bisa membantu. Namun, solusi terbaik adalah main Free Fire di PC.

Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah mudahnya berikut ini.

Pasang Emulator Dulu

main ff di pc
Sumber : Wallpapertip.com

Cara main FF di PC harus diawali dengan memasang emulator lebih dulu. Emulator adalah aplikasi yang mampu menirukan desain internal sistem lain. Ada banyak aplikasi dengan tujuan serupa yang bisa kamu pakai untuk bermain FF di PC maupun laptop.

Penjelasan singkatnya begini. Saat kamu ingin mengoperasikan program dari sistem yang berbeda di PC, emulator perlu dipasang supaya program tersebut bisa berjalan mulus. kamu bakal kesulitan bermain Free Fire di PC tanpa emulator.

Salah satu emulator paling populer adalah Nox App Player. Popularitas Nox tak lepas dari deretan fitur menarik yang diusungnya. Contoh, fitur multi-simulator sehingga kamu bisa buka game atau aplikasi berbeda dari beberapa akun. Kemudian, Nox App juga sudah support joystick dan konsol tambahan lain.

Kamu dapat download Nox Player langsung di laman web resminya di sini. Setelah unduh dan install, lanjutkan dengan unduh dan pasang aplikasi Free Fire di Google Play Store. Kemudian, buka permainan dan log in dengan akun kamu.

Cek Pengaturan Tombol

cara-main-ff-di-pc-mudah

Cara bermain FF di PC belum komplit jika kamu tidak mengecek pengaturan tombol. Segera usai log in dengan akun, klik Settings atau ikon roda gigi, masuk ke tab Controls. Lalu, klik Custom HUD.

Nah, dengan klik menu tersebut, tugasmu berikutnya melakukan mapping tombol ke keyboard dan mouse. Awali dengan ketuk Keyboard Control tepat di panel bagian kanan. Alternatif lain, kamu bisa menekan CTRL + 1.

Setelah selesai mengatur tombol, jangan lupa simpan dengan klik Save. Tips penting untuk diingat, aktifkan mode Auto Pickup supaya kamu lebih mudah mengambil item selama melakukan permainan berlangsung.

Supaya kamu lebih memahami pentingnya mengecek pengaturan tombol, ada tiga tombol minimal yang wajib kamu atur ketika hendak mapping tombol.

Direction Controllers

Berbentuk tombol arah, ikon Direction Controllers berfungsi mengganti peran joystick dengan tombol A, S, W, dan D pada keyboard.

Crosshair

Ikon ini bergambar tanda bidikan. Sesuai bentuk ikonnya, fungsi Crosshair tak lain guna mengarahkan pandangan dengan mouse. Maka, kamu harus meletakkan tombol ini di tengah layar.

Fire

Lihat ikon dengan bentuk tanda bidikan plus lingkaran lebih besar? Ya, itulah tombol Fire. Fungsinya tentu saja untuk menembak atau memukul lawan dengan memakai tombol shoot. Kamu bisa mengaturnya di tombol klik pada mouse.

Tips Main FF di PC

cara main free fire di pc
Sumber : Wowkeren.com

Kamu sudah mengantongi bagaimana cara main Free Fire di PC langkah demi langkah. Namun, supaya permainan kamu berlangsung kian mulus, coba simak tips main Free Fire di PC berikut.

Buat setting controller versi kamu sendiri

Tips paling penting adalah pakai pengaturan yang menurut kamu paling nyaman. Bahkan, jika ketiga tombol tadi dirasa masih kurang pas, kamu bisa pakai cara ini. Coba aktifkan ikon berbentuk huruf A alias Keys.

Fungsi tombol ini adalah memetakan tombol khusus lain ke tombol keyboard. Namun, pastikan tombol-tombol yang kamu pilih berbeda atau belum digunakan ketika kamu membuat setting terdahulu.

Sebagai referensi, kamu bisa pakai contoh pengaturan default seperti dijelaskan di bawah ini.

  • Pada mouse, kamu bisa aktifkan tombol klik kanan untuk mengunci dan membuka kunci kursor.
  • Ingin cepat membidik musuh pakai scope? Atur tombol Q supaya bisa langsung kamu eksekusi saat bermain.
  • Tombol panah arah atas, bawah, kiri, dan kanan bisa kamu pakai saat perlu mengemudikan kendaraan.

Kabar baiknya nih, kapan saja kamu merasa nggak nyaman dengan pengaturan tombol tersebut, kamu bisa ubah sesuka hati. Silakan menambah, menghapus, maupun mengubah kontrol agar kamu betah bermain FF lebih lama. Sssttt… jangan lupa disimpan ya!

Pastikan spesifikasi PC mumpuni

cara bermain free fire di pc
Sumber : Kabargames.com

Sebetulnya poin ini wajib kamu perhatikan sebelum mengunduh emulator. Supaya kamu bisa main FF di PC, pakai standar minimal spesifikasi PC yang ditetapkan Nox App Player., seperti dijelaskan berikut.

Prosesor Dual Core Intel atau AMD 2.2. GHz, sebaiknya sudah mendukung VT Technology
RAM Paling rendah 2GB
Memori Paling rendah 2GB
VGA Sebaiknya kartu grafis 1GB atau lebih dan sudah support Open GL 2.0
Sistem Operasi Disarankan MacOS atau Windows 7/8/10

Jangan buka terlalu banyak program saat bermain

Ini dia problem yang sering dilupakan gamers saking asyiknya main Free Fire di PC. Benar, emulator memang bikin game lebih ringan. Namun, jangan juga buka terlalu banyak program selagi kamu bermain.

Meski program itu hanya ada di background, tanpa kamu sadari RAM dan memori PC juga tersedot. Lebih aman jika kamu melakukan clearance atau menutup semua program yang tidak digunakan. Jadi, performa game dan PC kamu lebih ringan sekaligus stabil.

Nah, gampang kan main Free Fire di PC? Selamat mencoba tips dan trik ini di rumah!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Tips Mengasah Kemampuan dengan Senjata AUG di Free Fire

Apakah kamu ingin menguasai medan pertempuran Free Fire dengan lebih efektif? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat! Dalam dunia Free Fire,...