indonesia flag
united-states
Friday, April 26, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeGwentGwent Guide: Panduan Jitu untuk Pemula

Gwent Guide: Panduan Jitu untuk Pemula

Gwent merupakan gim kartu strategi daring yang dikeluarkan oleh waralaba populer, The Witcher. Oleh karena kesuksesan The Witcher, Gwent pun naik daun di kalangan pemain gim. Tidak seperti gim-gim sejenis, Gwent benar-benar mengandalkan keahlian dan trik untuk mengalahkan musuh. Jadi, tidak ada yang namanya menang karena beruntung, apalagi berkat RNG (Random Number Generator).

Bagi kamu yang baru pertama kali memulai Gwent, ada banyak hal yang harus diperhatikan di awal permainan. Untungnya, tak seperti yang terlihat, gim ini cenderung mudah dimainkan, lo. Asalkan, kamu mengikuti Gwent guide jitu untuk pemula berikut!

Daftar Deck di Gwent

gwent deck list

Tentunya, daftar deck tidak boleh terlewatkan untuk dibahas dalam Gwent guide. Berikut macam-macam deck dasar menurut faksinya:

1. Northern Realms

Deck ini terdiri dari penyihir, kesatria, dan prajurit. Northern Realms memiliki tipe kartu spesial, yakni Warfare. Salah satu mekanisme yang membuat faksi ini berbeda dengan yang lainnya adalah Charge. Tidak hanya mempunyai keseimbangan yang baik, Northern Realms juga memperoleh keuntungan berkat interaksi antara mesin dan kartu-kartu yang unggul dalam mengeksploitasi bala bantuan.

2. Monsters

Monsters merupakan faksi wajib dalam Gwent guide. Meskipun interaksinya paling lemah, faksi ini memiliki skill paling brutal. Deck Monsters tersusun oleh makhluk berbeda kategori, seperti vampir, beast, dan ogroid.

3. Nilfgaardian Empire

Sama dengan Northern Realms, faksi ini tersusun atas golongan aristokrat. Nilfgaardian Empire menggunakan mesin sekaligus kartu Tactical berkat interaksi antarunit yang kuat. Faksi ini memiliki Assimilate sebagai kata kunci spesifik.

4. Scoia’tael

Scoia’tael terdiri atas elf, ent, dryad, beast, dan kurcaci. Dalam Gwent deck list ini, terdapat 37 kartu. Sederhananya, faksi ini tidak berfokus pada satu kartu pencetak skor tinggi, melainkan membutuhkan strategi kreasi unit dan kumpulan bala bantuan. Scoia’tael memiliki kata kunci spesifik, yakni Symbiosis dan Harmony, serta Nature sebagai tipe kartu spesial.

5. Skellige

Faksi ini diisi oleh pendeta, beast, dan bajak laut. Sesuai dengan cerita dalam gim, mereka adalah penguasa lautan yang memiliki kapal-kapal tangguh. Tipe kartu spesial Skellige adalah Alchemy dan Raids. Faksi ini mendapatkan keuntungan dari damage, baik dalam unit kawan maupun musuh.

Deck Terbaik untuk Pemula

best gwent deck

Dalam Gwent guide kali ini, akan disajikan info ringkas tentang best Gwent deck untuk pemula. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Northern Realms

Northern Realms merupakan master dalam hal perencanaan. Bagi yang mengandalkan kemampuan unit untuk mendominasi ronde dalam waktu yang lama, faksi ini cocok untuk dimainkan. Berikut kelebihan dari deck Northern Realms:

  • Punya mesin yang mampu mendominasi jumlah unit musuh.
  • Jumlah unit meningkat seiring keluarnya damage.
  • Banyak kartu awal yang mudah dikombinasikan.

2. Nilfgaardian Empire

Deck ini sangat fleksibel dan mampu mengunci unit-unit musuh yang mengancam. Nilfgaardian Empire mempunyai banyak opsi prajurit yang serbaguna. Kamu dapat mengakses unit penyerang dan unit pengintai sekaligus untuk memperkuat deck. Berikut keunggulan Nilfgaardian Empire:

  • Bagus untuk membuat musuh terkecoh.
  • Banyak unit dalam deck yang memiliki kemampuan untuk bekerja sama.
  • Perkuat unit sekaligus mengunci musuh dalam sekali jalan.

3. Scoia’tael

Bangsa nonmanusia ini sangat bagus dalam harmonisasi dan mampu mengungguli bangsa manusia. Scoia’tael andal bermanuver di medan pertempuran. Berikut kelebihan dari deck ini:

  • Punya sedikit unit kompleks.
  • Memiliki skill yang bagus dalam menguraikan maupun mengunci musuh.
  • Semua unit bisa memberikan buff satu sama lain dengan skill

4. Skellige

Faksi ini berisi sekumpulan pemberontak yang mampu menghasilkan damage besar. Giant Boar menjadi kartu as dari Skellige. Berikut kelebihan deck ini:

  • Tidak memerlukan banyak pertimbangan strategi.
  • Damage menjadi jalan utama menuju kemenangan.
  • Berisi unit-unit yang tangguh dalam memberikan maupun menahan damage.

5. Monsters

Bisa dikatakan, Monsters merupakan deck termudah untuk dikendalikan pemula. Berikut kelebihan dari faksi ini:

  • Unit mampu membangun kekuatan dengan cepat.
  • Mudah menyusun unit di medan pertempuran alias berkerumun.
  • Kematian unit menjadi keuntungan bagi faksi Monsters.

Mode Ranked di Gwent

Jenjang Gwent Rank terdiri dari 30 anak tangga, mulai dari Rank 30 hingga Rank 1. Sesudah menyelesaikan mosaik terakhir (Rank 1), kamu akan dipromosikan ke Pro Rank (Rank 0). Untuk memperlihatkan progres, pemain mode ini akan diberi hadiah berupa sebuah mosaik baru setiap kali naik peringkat.

Kemudian, satu musim Ranked di Gwent biasanya berlangsung selama sebulan. Setiap akhir musim, CDPR (CD Projekt Red) akan menghadiahkan Reward Points (RP) untuk setiap jenjang:

  • Pro Rank (25 RP)
  • Rank 1–7 (15 RP)
  • Rank 8–14 (10 RP)
  • Rank 15–25 (7 RP)
  • Rank 26–30 (5 RP)

Selain itu, jika mencapai Top 200 di Pro Rank Leaderboard, kamu berkesempatan memperoleh Crown Points. Poin ini ditambahkan setiap musim. Lalu, berdasarkan Crown Points, CDPR akan mencari pemain terpilih untuk diundang ke berbagai event, seperti Gwent Master, Open, dan Challenger.

Unduh Wallpaper Bertema Deck Gwent untuk Perangkatmu!

Tidak hanya menawarkan permainan strategi yang mendebarkan, Gwent juga menyuguhkan artwork berkualitas tinggi. Kamu bisa mengunduh kumpulan Gwent deck wallpaper beresolusi tinggi melalui situs web resmi gim ini. Sebut saja di antaranya adalah deck Master of Mirror, Iron Judgment, Novigrad, Crimson Curse, Thronebreaker: The Witcher Tales, hingga Gwent Challenger.

Wallpaper Gwent cocok untuk segala jenis perangkat, termasuk desktop, ponsel pintar, dan tablet. Pilih ukuran yang sesuai dengan perangkatmu, misalnya, 1600×900, 1600×1200, 1920×1080, dan 1920×1200.

Sekian pembahasan Gwent guide kali ini, mulai dari daftar deck, pilihan deck terbaik, hingga mode Ranked-nya. Bagi penggemar gim strategi maupun gim kartu, Gwent menawarkan nuansa yang segar dan berbeda—bukan sekadar gim yang meniru kompetitornya. Dengan lagu tema yang menawan, animasi fantastis, serta permainan asyik dan menantang, siapa pun pasti ingin segera mencoba gim ini.

Tertarik menjajal keseruan Gwent? Unduh segera di perangkatmu, baik PC, iOS, maupun Android!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Game PPSSPP Ukuran Kecil Terbaik, Masih Seru Dimainkan Tahun 2024

Game PPSPP Kecil Terbaik - Meskipun sudah lama sejak PSP dilepas ke pasar, kamu masih bisa bernostalgia dengan game-gamenya melalui emulator PPSSPP. Nah, berikut...