indonesia flag
united-states
Sunday, April 7, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeEmulator6 Fungsi Dolphin Emulator Android dan Game Terbaiknya

6 Fungsi Dolphin Emulator Android dan Game Terbaiknya

Dolphin emulator android jadi salah satu software emulator yang sudah ada sejak tahun 2003. Emulator ini digunakan pada PC agar bisa bermain game khusus android atau game khusus HP yang tidak bisa di download biasa di PC.

Tapi ternyata, emulator android ini ada banyak fungisnya selain main game. Apa saja itu? Tapi sebelum mengetahui berbagai fungsi emulator, ada baiknya ketahui dulu apa sih yagn dimaksud dengan emulator android ini.

Apa itu Emulator Android?

Emulator adalah software atau perangkat lunak yang bisa membantu sistem komputer untuk meniru sistem dari perangkat lain. Jadi, emulator bisa membantu kita menjalankan aplikasi atau software di komputer.

Bukan cuma kita para user biasa, tapi juga emulator ini banyak dipakai oleh para developer aplikasi atau game. Nah, bagi developer emulator ini cukup membantu banyak karena bisa melihat dan uji langsung aplikasi yang sedang dikembangkan atau dibuat.

Fungsi Emulator Android

Bisa Menjalankan Aplikasi Android di Komputer

Biasanya PC atau komputer dari Windows hanya mendukung aplikasi yang memang khusus dikembangkan untuk Windows.

Begitu juga dengan PC khusus Linux dan MacOS yang hanya mendukung aplikasi atau software platform mereka sendiri. Jadi tidak bisa menjalankan aplikasi/software android di platform mereka.

Nah, jadi fungsi utama emulator seperti dolphin emulator android ini adalah agar bisa menjalankan aplikasi atau software dari android ke PC/Komputer berbasis Windows, MacOS atau Linux.

Tapi selain game android, dolphin emulator android ini juga bisa lho memainkan game yang dirilis oleh Nintendo Wii, jadi game yang bisa dimainkan jauh lebih banyak.

Layar Jauh Lebih Besar

Game yang ada di andoird memang hanya bisa dimainkan di HP tanpa emulator, jadi visual game yang dimainkan tidak bisa lebih besar dari layar HP.

Nah, jika menggunakan dolphin emulator android untuk bermain game, kita bisa memainkan game di layar yang lebih besar dan juga resolusi yang lebih baik.

Kontrol Lebih Mudah

Selain layar visual game atau aplikasi yang lebih besar, kontrol untuk game yang menggunakan emulator android juga lebih mudah.

Karena di PC/komputer menggunakan keyboard yang jauh lebih mudah dikontrol. Berbeda dengan main game di HP yang mengunakan kontrol dengan memencet layar HP.

Dapat Menghemat Baterai HP

Bermain game di HP pasti akan memakan banyak baterai. Apalagi kalau kapasitas baterai HP yang dipakai tidak terlalu besar. Kalau sudah begini, harus mencharger HP beberapa kali dalam sehari.

Jadi, menggunakan android emulator android untuk bermain game bisa menghemat baterai HP karena bisa main game android tanpa harus main langsung di HP.

Ruang Penyimpanan yang Lebih Besar

Berbeda dengan HP, ruang penyimpanan PC/komputer jauh lebih besar. Untuk saat ini memory terbesar HP jika tanpa SD Card rata-rata 128GB.

Sangat tidak praktis untuk menyimpan banyak game dalam satu HP. Karena selain game tentu HP akan menyimpan banyak data seperti sosial media, foto/video dan data dari OS HP itu sendiri.

Jadi, menggunakan emulator di PC/komputer bisa menyimpan jauh lebih banyak game daripada di HP langsung.

Fungsi-Dolphin-Emulator-And Spesifikasi Download Dolphin Emulator Android

Selain untuk dipasang di PC/komputer, ternyata dolphin emulator android juga bisa lho dipasang di HP android. Hal ini karena dolphin emulator juga menyediakan game Nintendo Wii. Jadi penguna android sekarang bisa bermain game keluaran Nintendo seperti The Legend of Zelda. Di bawah ini adalah spesifikasi HP android agar bisa mendownload dolphin emulator:

  • Menggunakan OS Android minimal versi 9.0
  • RAM minimal 1 GB
  • Graphic RNDA2 atau Snapdragon sudah sangat bagus\

Kemudian untuk download dolphin emulator android dengan PC spesifikasinya adalah:

  • Windows 10 64-bit, atau MacOS 10.14 atau lebih tinggi, untuk Linux biasanya hampir semua Linux compitable dengan Dolphin emulator
  • Processor 64-bit x86-64 atau AArch64
  • Graphic yang digunakan minimal Direct3D 11 / OpenGL 4.4 / Vulkan 1.1

Cara Menggunakan Dolphin Emulator Android

Dolphin emulator sudah bisa langsung digunakan jika sudah di download ke PC atau HP andoroid. Begini cara menggunakan dolphin emulator android.

  • Buka aplikasi dolphin emulator android
  • Klik menu Config
  • Lalu pilih menu Paths, dan klik Tambah
  • Di sini pilih folder yang berisi game
  • Lalu, tutup laman konfigurasi ini dan pilih menu Refresh
  • Game kemudian akan muncul pada menu utama
  • Klik dua kali game yang ingin dimainkan untuk bisa dibuka pada dolphin emulator

Game di Dolphin Emulator Andorid yang Paling Hits

Kalau sudah bsia menjalankan emulator andorid dari dolphin ini, mungkin bisa coba mainkan game-game paling hits dengan gratis, apa aja sih game itu?

  • The Wind Waker : Legend of Zelda
  • Sengoku Basara: Samurai Heroes
  • Dragon Ball Z: Sagas
  • One Piece Unlimited Cruise
  • Batman Begins

Nah, itu tadi berbagai fungsi, spesifikasi, serta cara menggunakan serta game terhits dari dolphin emulator andorid. Penggunaan emulator ini tentu sangat membantu pengguna PC yang bisa bermain game HP dengan leluasa. Download dolphin emulator android gratis di Google Playstore atau website resminya.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Bermain Mobile Legends Pakai Emulator Memu Play di PC

Para pemain kini bisa bermain game Mobile Legends di PC menggunakan MEmu Play. Dengan memakai emulator tersebut, para pemain bisa lebih puas dalam memainkan...