indonesia flag
united-states
Saturday, May 25, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomePC GamesBikin Nostalgia! 10 Game Warnet Paling Populer Era 2000-an

Bikin Nostalgia! 10 Game Warnet Paling Populer Era 2000-an

Bagi para gamers milenial yang terlahir di dekade 90-2000-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan beragam permainan seru di dunia game warnet.

Pada era tersebut, pengalaman gaming biasanya dimulai dengan menyewa komputer, atau yang lebih dikenal dengan istilah taruhan ganda. 

Dengan membayar sejumlah uang, anak-anak bisa menikmati waktu bermain mereka, yang kadang berlangsung dari satu jam hingga jam lima, sebelum menyelesaikan hutang mereka.

Hingga kini, beberapa game warnet masih tetap populer dan layak untuk dicoba. Ingin tahu apa saja game warnet yang masih digandrungi anak-anak jaman dulu? Temukan jawabannya di bawah ini, dan bagikan favoritmu!

10 Game Warnet Era 2000-an

Saat ini, kemungkinan besar warnet mengalami penurunan popularitas karena penyedia internet merajalela, membuat para penggemar game tidak lagi memilihnya sebagai tempat utama. 

Padahal, dulu, pergi ke warnet bersama teman-teman adalah suatu kebiasaan yang tak terhindarkan.

Bukan hanya tempat bermain game, warnet juga menjadi tempat ngobrol seru, menyantap hidangan dari pagi hingga malam, bahkan ada yang sampai menyikat gigi di sana. 

Meskipun terdengar aneh, kenangan-kenangan ini pasti menjadi bagian tak terlupakan bagi para gamer dari berbagai usia.

Bagi yang pernah merasakan kehidupan di warnet pada masa kejayaannya, tentu masih ingat dengan game-game klasik yang membuat mereka rela menghabiskan berjam-jam di sana. 

Daftar berikut akan mengajak para gamer untuk mengenang kembali masa-masa tersebut. 

Bagi Generasi Z, inilah game-game warnet legendaris yang sebelumnya telah dimainkan oleh kakak, bahkan ayah dan ibu kalian!

1. Point Blank

nama-keren-Point-Blank-wallpaper

Game Point Blank, yang merupakan salah satu game terpopuler di warnet di bawah naungan Zepetto, kini telah merambah ke PlayStation 5 karena tingkat kepopulerannya yang luar biasa. 

Para penggemar setia juga memiliki opsi untuk mengunduhnya secara langsung melalui situs resmi pointblank.id.

Point Blank tidak hanya menawarkan pengalaman permainan yang menghibur, tetapi juga menyajikan berbagai mode modern, termasuk misi pengeboman, eliminasi, dan game kematian. 

Keberagaman mode permainan ini menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat Point Blank begitu menarik, terutama di tengah maraknya game dengan berbagai genre.

Tak hanya itu, adanya mode permainan online untuk pertarungan waktu nyata semakin memperkaya pengalaman bermain. 

Dengan banyaknya pilihan jenis permainan, baik untuk pemula maupun pemain berpengalaman, memungkinkan setiap pemain untuk menyesuaikan keterampilan mereka dengan tingkat kesulitan permainan yang diinginkan.

2. Lost Saga

Lost Saga pernah menjadi fenomena di warnet-warnet Indonesia beberapa tahun lalu sebagai game online yang sangat digemari. 

Game ini menghadirkan berbagai mode pertarungan yang seru dan menantang, mulai dari deathmatch hingga boss raid. 

Keistimewaan lainnya terletak pada beragam karakter yang dapat dipilih, termasuk karakter hasil Crossover dari game terkenal seperti Ragna dan Yagami Iori dari King of Fighters.

Bermain Lost Saga di warnet bukan hanya sekedar hiburan, melainkan sebuah kenangan nostalgia tak terlupakan bagi para gamers Indonesia. 

Sensasi bermain yang asyik dan menghibur tidak hanya menciptakan pengalaman seru, tetapi juga mempererat persahabatan di antara sesama pemain. 

Walaupun waktu telah berlalu, game ini masih tetap relevan karena terus diperbarui oleh pengembangnya yang baru, yaitu Gravity Game Link. 

Jadi, bagi yang ingin merasakan kembali kenikmatan bermain Lost Saga, masih ada kesempatan untuk menikmatinya dalam versi yang lebih segar.

Baca Juga : Cara Transfer Akun PB Garena ke Zepetto, Mudah Banget!

3. Ayodance

Tidak dapat dianggap lengkap tanpa memasukkan Audition AyoDance ke dalam daftar game warnet yang membangkitkan kenangan. 

Dengan beragam mode permainan yang menitikberatkan pada tarian, lagu-lagu populer, kostum-kostum lucu, dan gerakan-gerakan keren, AyoDance menjanjikan pengalaman bermain yang menghibur dan seru. 

Banyak individu yang menghabiskan waktu di warnet, entah untuk bermain AyoDance bersama teman-teman atau mencari pasangan dalam permainan ini. 

Terlebih lagi, pemain yang mahir dalam game ini memiliki kecepatan tangan yang luar biasa untuk mengarahkan karakter mereka dalam gerakan tarian. 

Meskipun terkadang terkesan sebagai game yang lebih diminati oleh perempuan, AyoDance sebenarnya tak luput dari perhatian para pemain laki-laki.

4. Dota

Tentu tidak asing dengan Defense of the Ancients atau DotA, bukan? Sebabnya, game ini begitu hits bersandingan dengan Counter-Strike pada masa itu. 

DotA dapat dianggap sebagai pionir dalam genre MOBA yang memikat hati jutaan pemain Indonesia, mengangkat tema pertempuran antara dua faksi, yakni Sentinel dan Scourge.

Saat ini, mungkin lebih banyak yang mengenal Dota 2, karena game ini lebih user-friendly dengan fitur tombol pintas yang dapat disesuaikan. 

Sebaliknya, DotA pertama kali hadir dengan berbagai tombol tanpa opsi penyesuaian, yang membuat para pemain terpikat dan sulit untuk melepaskan diri dari layar permainan.

Seperti kebanyakan game MOBA lainnya, tujuan pemain adalah menghancurkan inti lawan yang berada di markas mereka, dikenal sebagai ‘Ancient’. 

Ancient tersebut terletak di sudut kanan atas dan kanan bawah peta. Pertandingan berakhir ketika salah satu Ancient tersebut berhasil dihancurkan.

5. Dragon Nest

rekomendasi dragon nest mobile class untuk pve dan pvp
Sumber : Kitakini.news

Dragon Nest, suatu permainan daring yang sempat menjadi fenomena di warung internet Indonesia, membawa pengalaman petualangan yang mengasyikkan di dalam dunia fantasi penuh dengan beragam kelas dan skill yang memukau. 

Grafis dan gameplay yang dinamis dan penuh tantangan berhasil memikat hati banyak pemain. Namun sayangnya, sejak tahun 2016, Dragon Nest tak lagi dapat dinikmati di Indonesia. 

Gemscool, selaku penerbitnya, mengumumkan penutupan server Dragon Nest Indonesia setelah kerjasama dengan pengembang Eyedentity Games berakhir. 

Keputusan ini mengecewakan banyak pemain, meninggalkan rasa sedih karena harus mengucapkan perpisahan pada game favorit mereka. 

Dragon Nest tak hanya menjadi sekedar permainan daring; ia meninggalkan kenangan dan nostalgia mendalam bagi komunitas penggemarnya.

6. Cross Fire

Crossfire, sebuah permainan bertema penembak orang pertama (FPS), mungkin belum begitu dikenal di tanah air. 

Di Indonesia, kita lebih sering mendengar tentang game FPS lainnya seperti Apex Legends, Valorant, Point Blank, atau CS:GO.

Meski demikian, tak terbantahkan bahwa Crossfire menikmati popularitas yang luar biasa di beberapa negara Asia. 

Tercatat sebagai salah satu game paling diminati di Tiongkok dan Korea Selatan, Crossfire juga berhasil mencuri perhatian di Vietnam. 

Bahkan, kepopulerannya membawa game ini menjadi salah satu yang dipertandingkan di ajang SEA Games.

Baca Juga : 8 Game Gemscool Terbaik, Siapa Nih yang Kangen?

7. Counter Strike

game fps counter strike
Sumber : Gamebrott.com

Pasti kamu udah kenal dong sama “Counter Strike,” game keren yang melegenda di tahun 2000-an? Nah, sekarang ada versi terbaru nih, namanya “Counter-Strike: Global Offensive” atau yang akrab disapa CSGO. 

Beda banget sama versi sebelumnya, CSGO ini punya update terbaru dengan senjata, karakter, peta, dan mode terbaru yang bikin makin seru!

Meski main game berulang sering bikin bosen, tapi nggak dengan Counter-Strike. Game ini punya berbagai mode yang asik banget buat dimainin. 

Kalo kamu baru mulai, bisa nyoba main sama bot sambil latihan skill kamu sendiri. Kalo suka adu cepat, coba deh main Deathmatch. 

Di situ, kamu bakal berusaha habisin musuh sebanyak-banyaknya. Setelah skill tembak dan refleks kamu terasah, bisa nih nyobain mode yang lebih seru, kayak Bomb Defusal atau Capture Rescue.

Seperti game kompetitif pada umumnya, kamu juga bisa main mode kompetitif buat naikin peringkat. 

Siapa tau, kamu bakal jadi pemain eSports terkenal suatu hari nanti. CS:GO punya banyak mode lain yang seru banget buat dimainin. Semua pilihan ini pasti bisa bikin kamu ketagihan!

8. RF Online

job rf online bellato

Genre permainan ini mirip dengan RO, yakni MMORPG. Untuk yang belum tahu, RF Online tetap jadi favorit dengan banyaknya pemainnya hingga sekarang. 

Kisah di balik Rising Force (RF) Online berkisah tentang persaingan tiga bangsa yang saling berlomba untuk menguasai wilayah yang dikenal sebagai Crack Mind/tempat pertambangan.

Dikarenakan ketiga bangsa ini enggan mundur, akhirnya mereka memulai konflik yang dikenal sebagai Chip War. 

Uniknya, permainannya sedikit berbeda dari MMORPG lain karena RF Online lebih menekankan kontribusi pemain terhadap bangsa yang mereka pilih, sehingga menciptakan pengalaman bermain yang berbeda dari yang lain.

9. Gunbound

Salah satu permainan di warnet yang penuh kenangan adalah Gunbound. Game ini merupakan strategi berbasis giliran yang mengajak pemain memilih karakter mobil untuk menembak musuh menggunakan berbagai senjata. 

Keseruan game ini terletak pada kemampuan bermain bersama teman-teman di warnet atau secara online dengan pemain dari seluruh dunia. 

Tidak hanya itu, Gunbound juga menawarkan sistem avatar yang dapat diperoleh dengan mata uang virtual atau uang sungguhan, untuk meningkatkan keterampilan atau penampilan mobil pemain. 

Namun sayangnya, server game ini telah ditutup sejak tahun 2019, membuatnya tidak lagi dapat dimainkan di Indonesia. Ini sungguh disayangkan mengingat Gunbound telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kenangan masa kecil banyak orang.

10. League of Legends (LoL)

ARAM-build-stats-Tryndamere-League-of-Legends-wallpaper

League of Legends, atau yang akrab disebut LoL, meraih predikat sebagai game warnet yang paling diminati pertama. 

Menurut beberapa sumber, LoL dianggap sebagai salah satu permainan paling diminati di seluruh dunia. 

Sebagai permainan arena pertarungan daring multiplayer atau yang dikenal sebagai MOBA, League of Legends menyajikan pengalaman yang menggabungkan unsur-unsur permainan peran (RPG) dan strategi waktu nyata (RTS) dengan gaya bertarung yang unik. 

Dikembangkan oleh Riot Games, LoL terus mempertahankan popularitasnya hingga saat ini. 

Nikmati keuntungan instan dengan segera top up game secara ekonomis dan efisien di platform UniPin! Jangan lewatkan penawaran menarik yang siap mempercantik pengalaman bermain kamu.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Segera Isi Steam Wallet-mu di February Fest! Penuhi Dompet & Dapatkan Cashback 10Ribu UniPin Credits

Hai, Sahabat UniPin! Festival Februari telah dimulai! Segera isi Steam Wallet #PakeUniPin dan dapatkan cashback 10.000 UniPin Credits setiap harinya! Cari tahu disini dan dapatkan cashbacknya: ...