indonesia flag
united-states
Saturday, April 20, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeCOD MobileSpek yang Harus Dipenuhi untuk Main COD Mobile di PC atau Laptop

Spek yang Harus Dipenuhi untuk Main COD Mobile di PC atau Laptop

Rilis pertama kali tahun 2003 silam, permainan Call of Duty atau biasa disebut COD merupakan gim ber-genre First-person Shooter (FPS). Permainan yang mengusung tema perang ini dikembangkan oleh Infinity Ward, Sledgehammer Games, dan Treyarch. Mulanya, COD ini adalah simulasi dari tentara dan berbagai persenjataan dalam Perang Dunia ke-II.

Kini, kamu bisa menemukan dan memainkan banyak sekali seri permainan COD, mulai dari Modern Warfare, Black Ops dan Black Ops III, COD: Ghost, Advanced Warfare, Infinite Warfare, hingga WWII. Menariknya lagi, sekarang game COD ini telah ada versi mobile-nya, lho! Jadi, kamu bisa main kapan saja dan di mana saja cukup dengan membawa ponsel.

Meski begitu, ada beberapa gamers yang beranggapan bahwa permainan perang FPS ini tidak memuaskan jika dimainkan di ponsel dan tetap memilih untuk bermain melalui PC atau laptop. Bagaimanapun juga, kontrol melalui PC maupun laptop sudah pasti lebih mudah. Layar lebih besar tentu saja membuat permainan jadi lebih seru dan menyenangkan.

Spesifikasi Minimum Game COD Mobile di PC atau Laptop

cod mobile pc system requirements
Sumber : Estnn.com

Supaya bisa memainkan gim COD Mobile PC atau laptop, kamu memerlukan emulator. Tenang saja, COD Mobile sudah masuk ke dalam daftar game yang ada di emulator rilisan Tencent Gaming Buddy atau Gameloop. Jadi, kamu nggak perlu lagi install emulator lain. Cukup pasang saja emulator TGB di perangkat komputer atau laptopmu, dan kamu sudah bisa main COD Mobile tanpa kendala.

Sebelum mulai install, perhatikan dulu nih spesifikasi minimum yang harus ada di PC atau laptopmu. Jangan sampai speknya kurang, minimal sama atau lebih baik lagi kalau perangkatmu ternyata memiliki spek yang lebih mumpuni. Berikut COD Mobile PC system requirements minimal yang harus ada:

  • OS Windows 7, 8, atau 10
  • DirectX version 9.0c
  • RAM 3 GB
  • CPU minimal Intel Dual Core atau AMD 1,8 GHz
  • Graphics VGA NVIDIA GeForce seri 8600/9600GT atau ATI/AMD Radeon seri HD2600/3600
  • Kapasitas storage minimal 2 GB

Sementara itu, COD Mobile PC requirements yang direkomendasikan untuk komputer atau laptop adalah:

  • OS Windows 7, 8, atau 10
  • DirectX version 9.0c
  • RAM standar 8 GB
  • CPU Intel Core i5 atau AMD 2,6 GHz
  • Graphics VGA standar NVIDIA GeForce seri GTX 660+ atau AMD Radeon seri 550+
  • Kapasitas storage standar 2 GB

Kalau ternyata komputer atau laptopmu memiliki spek yang minimal alias pas-pasan dan kamu ingin coba main COD Mobile, sebaiknya buat settingan agak ke kiri. Jadi, gim tidak akan terlalu berat saat running di PC atau laptop dan tidak menimbulkan lag. Namun, kalau spek PC atau laptopmu standar, kamu bisa gunakan settingan rata sebelah kanan.

Cara Install COD Mobile di PC Menggunakan Emulator

cod mobile pc setting
Sumber : Sikurkun.com

Nah, sudah siap untuk mulai install game COD Mobile di PC dan laptopmu? Ikuti langkah berikut ini, ya!

  • Download file COD di Gameloop

Kalau kamu belum punya emulator TGB Gameloop di PC dan laptop, langkah pertama sudah pasti download emulator untuk game fps dahulu. Lalu, langkah selanjutnya adalah install emulator tadi dengan akses administrator seperti biasa. Pastikan kamu punya kuota internet besar dengan akses cepat, ya. Proses pemasangan emulator ini setidaknya butuh kuota lebih dari 1 GB.

Nanti, kamu juga akan diminta untuk memilih server sebelum memulai proses install. Supaya lebih mudah, kamu bisa pilih server untuk bagian South East Asia atau Asia Tenggara. Alasannya supaya kamu bisa bertemu dengan pemain lain yang masih satu wilayah.

Tenang saja, kamu bisa mengganti server sesuka hati lewat panel setting pada emulator Gameloop. Mungkin saja, kamu ingin menjajal bermain dengan para pemain dari wilayah lain, kan?

  • Login dengan Akun Facebook atau Garena

Tidak berbeda dengan main COD Mobile di ponsel, kamu harus melakukan login supaya bisa bermain menggunakan emulator di PC atau laptop. Kamu bisa menggunakan akun Facebook atau Garena. Kalau belum punya, sudah pasti kamu harus buat akun dahulu.

  • Download Map

Kalau kamu sudah berhasil login, akun akan tersimpan secara otomatis pada server. Sebenarnya, sampai pada langkah ini kamu sudah bisa main COD Mobile PC atau laptop. Namun, kalau kamu masih punya cukup kuota, nggak ada salahnya untuk download dulu semua map-nya. Dijamin, kalau sudah lengkap, main akan lebih puas.

  • Gim Siap Dimainkan!

Done! Gim COD Mobile sudah siap running di PC atau laptop. Sudah tidak sabar, ya? Kalau sebelumnya kamu sudah punya emulator dari Gameloop, cara install COD Mobile di PC sudah tentu lebih gampang lagi. Kamu cukup open emulator Gameloop dan pilih Game Center. Selanjutnya, cari saja gim COD Mobile.

Lalu, klik saja dan pilih install. Kamu hanya perlu menunggu hingga proses download selesai. Kalau diminta untuk memilih server, sebagai langkah awal pilih Asia Tenggara dulu, ya. Setelah install selesai, langkahnya sama, yaitu login pakai akun Facebook atau Garena—salah satu saja. Jangan lupa juga download semua map-nya, ya!

Sebenarnya, game COD Mobile bisa kamu mainkan di PC maupun laptop dengan menggunakan emulator Android jenis lain, seperti NOX, BlueStack, atau MEmu. Akan tetapi, kalau kamu sudah punya emulator dari TGB atau Gameloop, sebaiknya tidak usah mencoba untuk install emulator lainnya. Beberapa gamer yang menggunakan emulator ini mengatakan bahwa main COD Mobile sudah cukup lancar dan tidak sering bug.

Mau main game COD Mobile di ponsel, PC, atau laptop—semuanya soal selera. Semua ada lebih dan kurangnya. Rilisnya gim COD Mobile di ponsel pun sudah pasti bertujuan untuk memudahkan para gamer memainkan permainan ini di mana saja dan kapan saja serta tidak perlu lagi membawa laptop. Di sisi lain, permainan melalui PC maupun ponsel juga tentu akan memberikan experience yang berbeda.

Kalau kamu, lebih pilih main COD Mobile PC atau menggunakan ponsel saja?

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Menggunakan Operator Skill di COD Mobile untuk Push Rank

Operator Skill COD Mobile bisa menjadi salah satu fitur menguntungkan yang membantu melakukan push rank. Pasalnya, fitur ini memiliki kemampuan unik yang dapat memberikan...