Monday, October 18, 2021
BerandaNewsWorld of Warcraft Shadowlands: Petualangan Seru Menjelajahi Alam Baka

World of Warcraft Shadowlands: Petualangan Seru Menjelajahi Alam Baka

Shadowlands dapat dikatakan sebagai salah satu ekspansi terpenting dalam sejarah perjalanan gim World of Warcraft (WoW). Hal ini tak lepas dari kemiripan Shadowlands dengan Cataclysm. Serupa dengan pendahulunya, dalam ekspansi Shadowlands terdapat sejumlah perubahan dan fitur baru yang tidak berhubungan dengan ekspansi. Namun, masih relevan dan membuat gim makin menarik. Contohnya, zona awal baru, pengurangan level, dan peraturan.

Berbekal sejumlah hal baru tersebut, tak mengherankan jika Shadowlands menjadi ekspansi yang ditunggu oleh penggemar setia gim besutan Blizzard Entertainment. Supaya kamu tak lagi penasaran, simak ulasan Shadowlands berikut ini!

Sekilas Tentang Shadowlands

world of warcraft review

Shadowlands tercatat sebagai ekspansi kedelapan yang dirilis pada 23 November 2020. Ekspansi ini memungkinkan kamu menikmati gim sejak awal, tanpa antrean panjang untuk masuk ke menu utama permainan dan isu koneksi yang biasanya mewarnai gim MMORPG (Massive Multiplayer Online Role Playing Game). Ekspansi ini dimulai ketika Sylvanas Windrunner membuka celah antara dunia yang ditinggali makhluk hidup dengan dunia arwah dengan cara menghancurkan helm Lich King.

Tak puas dengan hal tersebut, Sylvanas memanfaatkan sekutu barunya untuk menyandera sejumlah pemimping penting Azeroth, termasuk Anduin Wrynn (Alliance) dan Baine Bloodhoof (Horde). Para pemain yang disebut Champions of Azeroth akan memasuki Shadowlands dengan misi menyelamatkan dunia bersama karakter populer, seperti Thrall dan Jaina Proudmoore. Meskipun demikian, bukan perkara mudah memasuki Shadowlands saat kamu masih berstatus sebagai manusia. Tak sedikit karakter yang berakhir di The Maw, yakni area  penuh derita dan tak memiliki jalan keluar yang ditakdirkan untuk jiwa terburuk.

Zona dan Peta Baru World of Warcraft Shadowlands

world of warcraft gameplay

Memasuki gim ini, kamu akan diperkenalkan ke dunia baru yang menjadi tempat tinggal penjahat terbesar sekaligus penguasa Hades-esque Maw, The Jailer. Terdapat enam zona, yakni Bastion, Ardenweald, Maldraxxus, Revenredeth, Maw, dan ibu kota baru, Oribos. Shadowlands memiliki sifat linier melebihi pendahulunya sehingga kamu hanya bisa membuka keseluruhan zona dengan cara berurutan melalui cerita utama.

Jika biasanya WoW merilis zona sebagai dunia terbuka, maka Shadowlands berbeda. Di ekspansi ini, Oribos menjadi portal untuk zona lainnya. Setiap zona cukup besar, temanya juga berbeda. Bastion tampak seperti surga, Ardenweald sangat erat dengan alam, Maldraxxus merupakan zona kehancuran yang berisikan monster dan mayat hidup, Revendreth dihuni oleh vampir, dan Maw adalah zona yang tampak sepi dan suram tempat berkumpulnya jiwa terburuk. Kamu juga bisa membeli World of Warcraft dlc base edition, heroic edition, atau epic edition untuk pengalaman bermain yang lebih menyenangkan.

Sistem Baru: Perjanjian

world of warcraft system requirements

Shadowlands diatur oleh Covenants yang menawarkan keunikan gameplay, story campaign, dan kekuatan berbeda untuk mendukung kamu menyelesaikan misi. Kamu bisa membuat perjanjian dan bersekutu dengan salah satu Covenants, seperti Si Congkak Venthyr dari Revendreth, Si Liar Night Fae dari Ardenweald, Sang Pemberani Kyrian dari Bastion, atau Si Sakti Necrolords dari Maldaruxxus.

Karakter

Sumber : Gamerant

Tak berbeda dengan MMPORGS lainnya, World of Warcraft gameplay memungkinkan kamu sebagai pemain untuk membuat avatar karakter dan menjelajahi dunia gim, melawan penjahat atau monster, menyelesaikan quest, dan berinteraksi dengan pemain lain maupun bukan pemain, NPC (Non Playable Character). Mengingat Shadowlands merupakan akhirat World of Warcraft, di ekspansi ini kamu akan menemukan kembali karakter yang telah mati di ekspansi sebelumnya, seperti Kael’thas Sunstrider, Kel’Thuzad, Uther the Lightbringer, Vol’jin, Draka, dan Arthas Menethil.

Selain karakter yang dihidupkan kembali, kamu juga akan bertemu dengan Sylvanas Windrunner, Jaina Proudmoore, Thrall, dan Tyrande Whisperwind. Menariknya, pada ekspansi ini kamu bisa melakukan kustomisasi karakter dengan memulai chara baru atau mengunjungi tukang cukur yang berada di ibu kota.

Class

World of Warcraft Shadowlands menawarkan sejumlah class yang akan memudahkan kamu mencapai tujuan. Adapun class tersebut, antara lain:

  • Death Knight
  • Demon Hunter
  • Druid
  • Hunter
  • Mage
  • Monk
  • Paladin
  • Priest
  • Rogue
  • Shaman
  • Warlock
  • Warrior

Dungeons

Shadowlands memiliki tantangan dungeon yang terbuka dan selalu berubah. Dungeon ini dapat dikunjungi oleh pemain solo maupun party dengan maksimal lima pemain. Kamu harus menyelesaikan ujian untuk mendapatkan material yang bisa ditukar equipment legendaris. Terdapat delapan dungeon di Shadowlands dengan empat tingkat kesulitan, yakni normal (50-60), Heroic (60), Mythic (60), dan Mythic+ (60). Empat dungeon tersedia untuk pemain leveling, sedangkan sisanya tersedia untuk pemain level maksimal.

Leveling

Makin tinggi level yang kamu miliki, makin cepat kamu bisa memasuki dungeon yang tersedia. Adapun level minimum yang dibutuhkan, sebagai berikut.

Dungeon Level Minumum Tipe Pertemuan Bos
The Necrotic Wake 50 Penjara bawah tanah leveling di Bastion 4
Plaguefall 53 Penjara bawah tanah leveling di Maldraxxus 4
Mists of Tirna Scithe 55 Penjara bawah tanah leveling di Ardenweald 3
Halls of Atonement 57 Penjara bawah tanah leveling di Revendreth 4
Theater of Pain 60 Penjara bawah tanah level maksimal 5
De Other Side 60 Penjara bawah tanah level maksimal 4
Spires of Ascension 60 Penjara bawah tanah level maksimal 4
Sanguine Depths 60 Penjara bawah tanah level maksimal 4

 

Setelah mencapai level tertinggi, yakni 60, kamu harus memilih Covenant untuk membuka skill, misi, lokasi, dan hadiah khusus. Mencapai level 60 artinya kamu bisa melakukan upgrade karakter baru sekaligus menetapkan tujuan secara spesifik, seperi mengadakan perjamuan pesta di Ravendreth atau menyusun monster yang ada di Maldraxxus.

Kesimpulan

Gim WoW Shadowlands memiliki banyak perubahan, tetapi intinya tetap sama, yakni naik level, melawan musuh, dan berbincang dengan pemain lain. Kehadiran Shadowlands mampu menjawab misteri mengenai bagaimana dunia setelah kematian, termasuk pengadilan akhirat. Ekspansi ini memiliki fitur menarik, Tower of The Damned yang menjadi tempat jiwa terjahat menjalani hukuman di penjara akhirat, Torghast. Berbekal panduan World of Warcraft system requirements minimum, yakni komputer dengan 4GB RAM, 100 GB HDD atau SSD, DirectX 11, dan Windows 64-bit, kamu bisa memainkan gim ini tanpa hambatan.

Demikianlah ulasan singkat World of Warcraft Shadowlands yang akan membantu kamu memahami dan menikmati permainan. Supaya kegiatan bermain gim makin seru, pastikan top up kredit atau membeli voucher game dan diamond melalui UniPin.

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES

weekend deals banner