indonesia flag
united-states
Thursday, April 25, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile Games7 Tips GTA yang Wajib Kamu Tahu sebagai Pemula!

7 Tips GTA yang Wajib Kamu Tahu sebagai Pemula!

Siapa, sih, yang tidak kenal Grand Theft Auto (GTA)? Saking populernya, game ini bahkan begitu familier di kalangan non-pemain. Sekalipun merupakan game lawas—kali pertama dikembangkan pada April 1995 dan diluncurkan pada Oktober 1997—game di bawah naungan Rockstar Games ini tidak lekang zaman. Berbagai pembaruan terus dilakukan; termasuk meluncurkan versi GTA dengan angka penjualan paling besar kedua di dunia: Grand Theft Auto V yang dapat dimainkan secara online dan multiplayer.

Sejauh ini, terdapat tujuh versi game GTA yang terdiri atas empat game spin-off dan empat game expansion yang masih mengusung genre free roam adventure. GTA I dan II, dirilis pada tahun 1997 dan 1999, di mana pada saat itu, teknologi grafis dan baru dapat dimainkan di PlayStation 1. Dua tahun berselang (2001), Rockstar Games mengembangkan engine baru di PlayStation 2 dan meluncurkan versi ketiga: GTA 3 yang dilanjutkan dengan versi HD: Grand Theft Auto IV.

Adapun setelahnya, serial-serial GTA mulai bermunculan. Seri ketujuh dari franchise GTA, yaitu San Andreas, misalnya. Grand Theft Auto San Andreas bahkan memiliki umur panjang kejayaannya, sebab karena seri ini punya sejumlah kelebihan, di antaranya hanya memerlukan spesifikasi hardware yang ringan; peta (map) yang bervariasi; kemudahan mengakses; mode berenang; hingga dapat dimainkan multiplayer.

Sebagai rilisan terbaru, Grand Theft Auto V juga hadir dengan sejumlah fitur menarik. Di antaranya, memiliki tiga karakter utama dalam satu timeline; pemain dapat memilih misinya sendiri; visual yang modern dan lebih cerah; pilihan mod sesuai preferensi; serta tersedia dalam versi daring: Grand Theft Auto Online.

Mulai Bermain GTA

grand theft auto v
Sumber : Tribunnews.com

Ada kabar menarik. Kini, beberapa versi GTA seperti GTA San Andreas sudah tersedia dalam versi mobile. Ini artinya, kamu tidak harus menyediakan komputer atau laptop dengan spesifikasi besar dan dapat secara fleksibel bermain GTA kapan pun dan di mana pun. Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau—di bawah Rp100 ribu—beberapa platform penyedia aplikasi ponsel pintar, seperti PlayStore atau AppStore sudah menyediakan fitur download GTA for Android, lho.  Jadi, kamu hanya perlu menyesuaikan versi GTA yang ingin kamu mainkan dengan spesifikasi minimum yang dibutuhkan.

Tahapannya, kamu dapat mengetik kata kunci dan memilih jenis permainan, seperti download GTA 5, menekan tombol pembelian, lalu pilih metode pembayaran. Beberapa metode pembayaran umum yang tersedia, seperti transfer via bank, minimarket, pulsa, bahkan Gopay. Setelahnya, hanya perlu menunggu proses unduhan selesai dan game sudah terinstal di perangkat seluler.

Beberapa situs juga menyediakan pilihan download GTA, bahkan secara gratis. Meski begitu, cara ini tidak dianjurkan, ya. Pasalnya, alih-alih dapat mengunduh GTA, bisa jadi kamu akan dialihkan untuk mengunduh virus yang bisa sangat berbahaya untuk perangkatmu.

Tips Bermain GTA sebagai Pemula

grand theft auto iv
Sumber : Fastmodapk.com

Setelah terinstal, kamu dapat langsung mulai memainkan GTA. Katakanlah, kamu ingin bermain Grand Theft Auto V. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat karakter. Tahap ini cukup menarik, sebab kamu tidak hanya dapat mengatur tampilan karakter dari segi tinggi, warna kulit, atau pakaian yang digunakan.

Kamu juga dapat memilih berdasarkan tiga hal: heritage, lifestyle, dan appearance. Heritage mengarahkanmu pada latar belakang karakter berdasarkan DNA; lifestyle akan mengarahkanmu pada aktivitas berbeda yang memengaruhi kemampuan karakter (stamina, strength, dan shooting); serta yang terakhir appearance akan mengarahkanmu pada bagaimana karakter akan terlihat, meliputi warna kulit, rambut, dan detail lainnya. Jika sudah terepresentasikan dengan baik, kamu dapat memberi nama, lalu menekan tombol ‘Save & Continue’.

Nah, khusus untuk pemula, kamu dapat mencoba menyelesaikan misi tutorial untuk berlatih. Kamu akan dijemput oleh karakter GTA dan mulai diperkenalkan beberapa misi GTA yang bisa kamu mainkan online bersama pemain lain. Pada tahap ini, kamu akan mulai membiasakan diri dengan beragam tools, aktivitas, maupun misi yang tersedia dalam permainan.

Berikut sepuluh tips bermain GTA sebagai pemula, yang dapat membantumu untuk ‘naik level’!

1. Kumpulkan Hadiah

Meski kamu berada pada misi tutorial, sebanyak mungkin mengumpulkan hadiah penting, terlebih jika kamu ingin cepat ‘naik peringkat’. Saat sudah menyelesaikan misi, kamu akan mendapatkan Reputation Points (RP) dan uang. RP ini penting untuk menentukan peringkatmu—terlebih di GTA V Online. Sementara itu, uang yang telah diperoleh dapat kamu gunakan untuk membeli senjata atau atribut lain.

2. Pelajari Peta

Mempelajari peta adalah salah satu skill penting dalam GTA V—terlebih dalam mengetahui detail ikon maupun ciri khas sebuah daerah. Setelah cukup familier dengan peta, kamu dapat mulai menjelajahi area permainan. Untuk rute tercepat, kamu juga bisa menggunakan kendaraan.

3. Ikut Kompetisi Daring

Nah, kalau sudah melewati dua tahap di atas, kamu bisa mulai mengikuti kompetisi daring (online match). Tujuannya, selain dapat meningkatkan RP, juga agar kamu bisa menambah uang. Semakin tinggi peringkat yang kamu inginkan, semakin banyak pula RP yang harus kamu dapatkan. Kamu dapat memeriksa peta untuk mengetahui lokasi kompetisi daring. Adapun beberapa sumber RP lain di antaranya menantang pemain lain untuk bermain golf/aktivitas lain.

4. Modus Gim untuk Hadiah Lebih Banyak

Khusus pada GTA V Online, kamu dapat menjumpai beberapa modus multiplayer yang bisa mengantarkanmu pada lebih banyak hadiah. Sesuai namanya, sejumlah modus seperti Free Mode, Race, dsb mengharuskanmu bekerja sama dengan pemain lain. Adapun cara ini lebih efektif, sebab RP yang kamu hasilkan 20% lebih besar ketimbang bermain sendiri.

5. Hati-Hati Polisi

Seperti halnya di dunia nyata, kamu harus berhati-hati dengan polisi. Jangan sampai kamu dicurigai atau memicu polisi bertindak agresif (indikator: wanted level). Namun, jika sudah telanjur dikejar, pastikan kamu tidak tertangkap untuk menghindari denda, ya.

6. Senjata dan Kendaraan Kualitas Baik

Jangan lupa untuk senantiasa memperbarui kualitas senjata dan kendaraanmu. Keduanya penting sebagai bekalmu mendulang RP dengan lebih produktif. Nah, kalau sudah semakin tinggi, ingatlah untuk meningkatkan kemampuan karaktermu.

7. Simpan Uang di Bank

Nah, sembari mencari uang untuk dapat memperbarui senjata maupun kendaraan, kamu dapat menyimpan uang di bank secara daring. Pasalnya, semakin tinggi levelmu, semakin banyak pula orang yang ingin ‘membunuh’ karaktermu. Menyimpan uang di bank akan meminimalkan risiko kehilangan banyak uang, jika sewaktu-waktu ada orang yang ingin merampok atau bahkan membunuhmu.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai Grand Theft Auto dan tips bermain sebagai pemula. Kamu bisa membeli voucher atau melakukan top up saldo GTA maupun jenis permainan digital lain dengan mengunjungi Unipin.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

10 Rekomendasi Game Seru untuk Perempuan

Lagi bosan dan butuh game seru buat ngisi waktu luang? Nah, coba deh nih, ada 10 rekomendasi game seru untuk perempuan yang bisa banget...