indonesia flag
united-states
Sunday, May 26, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeRagnarok OriginKenali Kelebihan dan Kelemahan Job Ragnarok Origin

Kenali Kelebihan dan Kelemahan Job Ragnarok Origin

Kamu pastinya sudah tahu mengenai job class guide ragnarok origin, bisa melihat dari skill dan build-nya sangat menyesuaikan dan dapat kamu maksimalkan dengan baik agar kamu meraih kemenangan di game MMROPG yang satu ini.

Sayangnya, kamu perlu mengetahui juga mengani kelebihan dan kekurangan yang ada pada job class di ragnarok origin sehingga kamu dapat meminimalisir kesalahan dan memaksimalkan gameplay yang ada.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kelemahan job ragnarok origin yang dapat kamu ketahui lebih lanjut ya!

Kelebihan dan Kelemahan Job Ragnarok Origin

Dalam game ragnarok origin perlu strategi yang matang agar kamu dapat mengoptimalkan job class yang kamu mainkan. Terlebih lagi beberapa karakter job class ragnarok origin ini perlu penyesuaian serta pemahaman yang baik.

Berikut kelebihan dan kelemahan job class ragnarok origin yang harus kamu tahu.

Acolyte

Karakter support yang fokus utamanya menjadi healer ini bisa menjadi salah satu job class yang bisa kamu andalkan. Acolyte ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki gaya tipe permainan yang defensif dan membantu team.

Kelebihan Acolyte:

  • Kemampuan Healing: Acolyte merupakan job class yang ahli dalam penyembuhan. Job class yang satu ini memiliki skill untuk menyembuhkan diri sendiri dan tim dengan spell-nya seperti Heal dan Sanctuary. Skill ini sangat cocok dalam pertempuran dan dapat mempertahankan HP tim lebih lama.
  • Banyak Peran: Acolyte dapat memilih untuk menjadi Cleric, Monk, atau Priest. Setiap peran memiliki skill dan kegunaan yang berbeda. Cleric, dapat menjadi healer yang sangat efektif. Monk, dapat menjadi petarung jarak dekat yang kuat. Dan Priest, dapat memberikan perlindungan dan buff kepada anggota tim.
  • Skill Penghancuran Undead: Acolyte memiliki keunggulan dalam melawan musuh-musuh dari kegelapan dan undead. Sehingga penggunaan skill-skill khusus seperti Turn Undead dan Magnus Exorcismus untuk melawan dan mengalahkan musuh-musuh ini dengan lebih efektif.

Kelemahan Acolyte:

  • Defensive Rendah: Salah satu kelemahan utama Acolyte adalah ketahanan fisik yang rendah. Job class yang satu ini memiliki HP dan pertahanan yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa job class lainnya. Oleh karena itu, hal tersebut lebih rentan terhadap serangan fisik musuh.
  • Ketergantungan pada Tim: Meskipun Acolyte memiliki kemampuan healing yang hebat, dia lebih bergantung pada kehadiran tim yang kuat. Skill penyembuhannya dapat menjadi kurang efektif jika tidak ada anggota tim yang membutuhkan penyembuhan atau tidak dapat melindungi Acolyte dari serangan musuh.
  • No Damage: Acolyte tidak memiliki kemampuan serangan tinggi. Dalam pertempuran, job class ini mungkin tidak memiliki kemampuan untuk menyebabkan damage yang signifikan terhadap musuh, terutama jika dibandingkan dengan job class lain yang lebih fokus pada serangan dan kerusakan.

Archer

Selanjutnya Archer merupakan job class dengan serangan yang super dasyat. Sehingga, dapat menimbulkan damage yang lebih besar dibandingkan job class yang lain. Selain itu, job class ini mudah untuk menghindari serangan musuh, lho!

Kelebihan Archer:

  • Jarak Serangan: Archer memiliki keunggulan dalam jarak serangan jauh. Jpb class yang satu ini dilengkapi dengan busur dan panah yang memungkinkan dia menyerang musuh dari kejauhan, menjaga jarak dengan aman, dan menghindari serangan langsung.
  • Cepat: Archer memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan karakter lainnya. Job class ini dapat dengan cepat berpindah tempat dan menghindari serangan musuh dengan lebih efektif.
  • Kemampuan AoE: Beberapa skill khusus Archer memungkinkan untuk menyerang beberapa musuh sekaligus dalam satu serangan. Hal ini membuatnya sangat efektif dalam situasi pertempuran massa atau melawan sekelompok musuh.

Kelemahan Archer:

  • HP Rentan: Salah satu kelemahan utama Archer adalah ketahanan tubuhnya yang rendah. Job class ini cenderung memiliki jumlah HP yang lebih rendah dan pertahanan fisik yang lemah, sehingga membuat Archer rentan terhadap serangan langsung dari musuh.
  • Ketergantungan pada Skill: Meskipun Archer memiliki serangan jarak jauh yang kuat, Archer cenderung bergantung pada skill khususnya untuk memberikan damage yang signifikan. Jika skill Archer sedang cooldown, basic attack tidak cukup kuat untuk mengalahkan musuh.
  • Rentan Terhadap Serangan Dekat: Karena keunggulan Archer dalam serangan jarak jauh, Archer cenderung rentan terhadap serangan dari musuh yang dapat mendekati Archer dengan cepat. Jika musuh berhasil mendekat dan melancarkan serangan langsung, Archer mungkin kesulitan untuk bertahan hidup.

Mage

kelebihan-kelemahan-job-ragnarok-origin

Selanjutnya job class yang memiliki damage magical yang tinggi serta kemampuan yang baik untuk mengontrol permainan yaitu Mage. Kamu bisa menggunakan job class yang satu ini agar kamu bisa melakukan permainan yang taktis.

Kelebihan Mage:

  • Magic Damage Tinggi: Mage merupakan spesialis dalam serangan sihir dan memiliki potensi damage yang tinggi. Job class ini dapat melancarkan serangan jarak jauh yang mematikan kepada musuh-musuh..
  • Area of Effect (AoE) Damage: Mage memiliki kemampuan untuk menyebabkan damage luas pada area yang luas. Serangan AoE Mage dapat merusak banyak musuh sekaligus, membuat Mage sangat efektif dalam pertarungan melawan kelompok musuh atau dalam farming untuk mendapatkan EXP dan item.
  • Kemampuan Support: Selain menjadi sumber damage yang kuat, Mage juga dapat memiliki kemampuan support yang membantu tim Mage.

Kelemahan Mage:

  • Ketahanan Fisik Rendah: Salah satu kelemahan utama karakter Mage adalah ketahanan fisik Mage yang rendah. Job class ini cenderung memiliki jumlah HP yang lebih rendah dan pertahanan yang lebih lemah daripada karakter melee atau tank. Oleh karena itu, Mage harus menjaga jarak dan menghindari serangan langsung musuh untuk tetap bertahan hidup.
  • Ketergantungan pada SP: Mage menggunakan SP (Skill Points) untuk melancarkan serangan sihir Mage. Ini berarti Mage harus memperhatikan tingkat SP Mage dan mengelolanya dengan bijak. Jika SP Mage habis, Mage tidak dapat menggunakan serangan sihir, yang dapat mengurangi efektivitas Mage dalam pertempuran.
  • Rentan terhadap Serangan Jarak Dekat: Karakter Mage seringkali memiliki serangan jarak jauh yang kuat, tetapi serangan jarak dekat bukan keahlian Mage. Jika Mage dihadapkan pada musuh yang mendekati Mage  sehingga dapat menjadi rentan terhadap serangan fisik langsung. Mage perlu memiliki strategi dan skill defensif yang baik untuk mengatasi situasi ini.

Merchant

Salah satu job class yang tidak terlalu mengikuti war atau pertempuran yang cukup ketat, namun keberadaannya sangat dibutuhkan oleh banyak guild. Merchant bisa menjadi penentu yang andal, apabila kamu suka berdagang? kamu bisa coba job class yang satu ini!

Kelebihan Merchant:

  • Skill Bisnis: Merchant memiliki kemampuan untuk membeli dan menjual barang dengan harga yang lebih menguntungkan. Merchant dapat mendapatkan keuntungan ekonomi yang lebih besar melalui perdagangan, serta memiliki akses ke item langka atau mahal yang mungkin sulit didapatkan oleh kelas lain.
  • Menciptakan Peralatan Sendiri: Merchant memiliki kemampuan untuk membuat dan memperbaiki senjata dan peralatan Merchant sendiri. Hal ini memungkinkan Merchant untuk memiliki kontrol penuh atas persenjataan Merchant dan menghemat biaya dalam jangka panjang.
  • Skill Pencurian: Merchant memiliki kemampuan khusus untuk mencuri barang dari monster. Ini bisa menjadi sumber tambahan untuk mendapatkan item langka atau berharga yang tidak dapat ditemukan secara biasa.

Kelemahan Merchant:

  • Keterbatasan Pertahanan dan Serangan: Merchant cenderung memiliki pertahanan yang lebih rendah dan kemampuan serangan yang kurang kuat dibandingkan dengan kelas lain. Merchant lebih fokus pada kemampuan ekonomi dan perdagangan daripada pertempuran langsung.
  • Mobilitas Terbatas: Merchant umumnya tidak memiliki keterampilan atau kemampuan mobilitas yang signifikan. Merchant mungkin sedikit lebih lambat atau lebih terbatas dalam pergerakan Merchant, yang dapat menjadi kerugian dalam situasi pertempuran yang cepat dan dinamis.
  • Ketergantungan pada Ekonomi: Karakter Merchant sangat bergantung pada keadaan ekonomi dalam permainan. Jika pasar tidak stabil atau harga barang turun, Merchant mungkin menghadapi kesulitan dalam mencari keuntungan atau mengakses item yang diperlukan.

Swordsman

Swordsman sering berperan sebagai tank atau frontline, menjaga musuh agar tidak menyerang anggota tim yang lebih lemah. Swordsman mampu mempertahankan diri sendiri dalam pertempuran dan memberikan kerusakan yang signifikan kepada musuh. 

Swordsman adalah pilihan yang kuat bagi para pemain yang menyukai gaya bermain jarak dekat dan ingin menjadi kekuatan utama dalam pertempuran.

Kelebihan Swordsman:

  • Kekuatan Fisik: Swordsman adalah kelas yang kuat secara fisik dan memiliki kemampuan serangan yang tinggi. Swordsman dapat menghancurkan musuh dengan serangan langsung dan efektif menggunakan senjata tangan Swordsman.
  • Pertahanan yang Kuat: Swordsman memiliki tingkat pertahanan yang tinggi, memungkinkan Swordsman untuk menahan serangan musuh dengan lebih baik daripada kelas lain. Swordsman dapat bertahan lebih lama dalam pertempuran dan memiliki kesempatan untuk mengambil risiko lebih besar.
  • Mobilitas yang Baik: Swordsman umumnya memiliki kemampuan mobilitas yang baik. Swordsman dapat dengan cepat bergerak di sekitar medan perang dan menjangkau musuh dengan mudah, memungkinkan Swordsman untuk mengendalikan pertempuran dengan lebih baik.

Kelemahan Swordsman:

  • Rentan terhadap Serangan Jarak Jauh: Swordsman sering kali rentan terhadap serangan jarak jauh, seperti serangan panah atau serangan sihir. Ketika Swordsman tidak dapat mendekati musuh dengan cepat, Swordsman dapat mengalami kesulitan dalam mempertahankan diri atau menghancurkan musuh yang menjaga jarak.
  • Ketergantungan pada Consumables: Swordsman sering kali membutuhkan banyak consumables seperti HP Potion untuk bertahan dalam pertempuran yang panjang. Ini dapat menjadi biaya tambahan dan mengharuskan Swordsman untuk mempersiapkan persediaan yang cukup sebelum memasuki pertempuran.
  • Tidak Fleksibel dalam Peran: Swordsman cenderung memiliki peran yang jelas sebagai karakter melee frontline, dan sering kali tidak memiliki banyak fleksibilitas untuk beralih ke peran lain seperti perawat atau penyembuh. Ini dapat membatasi opsi Swordsman dalam situasi tertentu di mana peran tambahan sangat dibutuhkan.

Thief

kelebihan-kelemahan-job-ragnarok-origin

Karakter Thief dalam Ragnarok Origin adalah salah satu kelas yang mengutamakan serangan jarak dekat dan mobilitas. Mereka memiliki kemampuan untuk menyelinap dan menyerang dengan cepat, serta memiliki tingkat kritikal yang tinggi.

Kelebihan Thief:

  • Tingkat Kritikal Tinggi: Thief memiliki tingkat kritikal yang tinggi, sehingga mereka cenderung menghasilkan serangan kritis dengan lebih sering. Serangan kritis memberikan kerusakan tambahan, yang memungkinkan Thief untuk mengalahkan musuh dengan cepat.
  • Kemampuan Menghindari Serangan: Thief memiliki kemampuan untuk menghindari serangan dengan baik. Mereka memiliki tingkat penghindaran yang tinggi, yang memungkinkan mereka menghindari serangan musuh dengan lebih baik daripada kelas lain. Hal ini membantu mereka bertahan hidup dalam situasi pertempuran yang sulit.
  • Skill Stealth: Thief memiliki keterampilan stealth yang memungkinkan mereka bergerak tanpa terdeteksi oleh monster atau pemain lain. Hal ini memberi mereka keuntungan dalam melakukan serangan tak terduga atau menghindari pertempuran yang tidak diinginkan.

Kelemahan Thief:

  • Pertahanan Rendah: Thief cenderung memiliki pertahanan yang rendah. Mereka tidak dapat menahan serangan dengan baik seperti beberapa kelas lainnya. Oleh karena itu, mereka perlu berhati-hati dalam menghadapi musuh yang kuat atau dalam situasi pertempuran besar.
  • Kerentanan pada Serangan Jarak Jauh: Thief memiliki kerentanan terhadap serangan jarak jauh. Mereka cenderung memiliki jangkauan serangan yang lebih pendek, sehingga rentan terhadap serangan musuh yang dapat menyerang dari jarak jauh.
  • Keterbatasan Pilihan Karakter: Thief memiliki pilihan karir yang lebih terbatas dibandingkan dengan beberapa kelas lain. Mereka lebih terfokus pada peran serangan jarak dekat dan menghindari, sehingga memiliki pilihan yang lebih sedikit untuk mengganti peran mereka.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masin job class yang bisa kamu temui. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih job class yang sesuai dengan gaya permainanmu!

 

Top Up Ragnarok Origin? Hanya di UniPin

 

Cepat, Aman, Mudah!

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Mengganti Job Ragnarok Origin? Begini Caranya!

Cara Mengganti Job Ragnarok Origin - Kalau kamu udah bosan banget jadi pedang atau mage di Ragnarok Origin, pasti nih ngerasa kayak kami. Saya,...