indonesia flag
united-states
Friday, April 26, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeFree FireLebih Puas Mainnya, Ini Dia Cara Mudah Download Free Fire PC!

Lebih Puas Mainnya, Ini Dia Cara Mudah Download Free Fire PC!

Jika kamu menggemari game battle royal, Free Fire merupakan salah satu pilihan yang asyik untuk dimainkan. Game yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diluncurkan oleh Garena ini tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS. Meskipun berbasis mobile, kamu bisa memainkannya melalui komputer. Caranya adalah dengan download Free Fire di PC.

Cara Download Free Fire di PC

download-free-fire-mudah

Buat kamu yang tidak memiliki ponsel dengan spesifikasi mumpuni atau sekadar ingin merasakan pengalaman memainkan Free Fire di PC, kamu hanya perlu download Free Fire di PC. Simak langkah-langkahnya dalam uraian berikut!

Unduh Emulator

Emulator merupakan perangkat lunak wajib yang harus kamu unduh jika ingin menjalankan semua aplikasi Android melalui PC, termasuk jika kamu ingin memainkan Free Fire dari komputermu. Ada berbagai pilihan emulator yang tersedia. Namun, jika tujuanmu adalah untuk bermain game, ada tiga pilihan yang paling mumpuni: MEMU Play, Nox Player, dan BlueStacks. Setelah mengunduhnya, lakukan instalasi ke komputer atau laptop kamu.

Buka Playstore

Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Playstore lewat emulator. Jangan lupa masukkan akun Gmail kamu terlebih dahulu.

Cari Free Fire di Playstore dan Install

Setelah Playstore terbuka, ketikkan “Free Fire” di kolom pencarian. Langkahnya sama persis seperti ketika kamu hendak meng-install game di ponsel. Ketika sudah ketemu, klik “Install” lalu tunggu sampai aplikasi siap dimainkan.

Cara Main Free Fire di PC

main free fire di pc
Sumber : Kabargames.id

Setelah aplikasi terpasang, buka emulator kemudian klik pada logo Free Fire di berandanya. Kamu biasanya harus menunggu update terlebih dahulu. Selanjutnya, simak langkah-langkah cara main FF di PC berikut ini!

Masuk ke Akun Seperti Biasa

Kalau sudah punya akun, kamu tinggal log-in seperti biasa. Kamu juga bisa masuk langsung melalui akun Facebook. Pilih mode yang disuka—bisa guest mode atau membuat akun sungguhan. Jika kamu memilih opsi kedua, ada beberapa informasi yang harus diisi. Pastikan kamu melengkapinya sesuai petunjuk dari emulator yang kamu gunakan.

Setelah masuk ke akun, langsung klik tombol “Start”. Di sini, kamu akan diarahkan untuk memilih karakter termasuk gendernya. Kamu bisa memilih karakter yang paling kamu sukai untuk dimainkan.

Pada lobi utama, ada beberapa pilihan mode yang tersedia mulai dari mode Classic, Squad, Solo, atau Duo Mode. Pilih mode yang kamu suka, tekan tombol “Start”, dan game siap dimainkan!

Pengaturan Kontrol Keyboard

pengaturan kontrol keyboard
Sumber : Bignox.com

Berbeda dengan permainan yang dilakukan lewat ponsel, memainkan Free Fire di PC memerlukan control setting tersendiri. Pengaturan ini dibuat untuk memudahkan kamu menggunakan tombol keyboard komputer atau mouse untuk mengendalikan permainan.

Pengaturan kontrol berbeda-beda, tergantung emulator yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Bluestack, pengaturan untuk masing-masing fungsi bisa kamu lihat dalam tabel berikut!

Tombol Fungsi
W, A, S dan D Menggerakkan karakter
Klik kiri mouse Menembakkan senjata
klik kanan mouse Membidik
c Meringkuk
z Merangkak
SHIFT Berlari
M Map
2 Mengganti Senjata Utama
3 Memilih Senjata Cadangan
4 Memilih Senjata untuk Serangan Jarak Dekat
5 Penyembuhan/Menggunakan Perlengkapan Medis
6 Granat
R Isi Ulang Senjata
F Interaksi/Collect Item 3
G Masuk Vehicle/Collect Item 2
H Collect Item 1/Pick Up Item 1
TAB Backpack

Kalau kamu merasa kurang nyaman dengan kontrol yang ada, kamu bisa mengeditnya. Caranya:

  • Klik ikon pada “Game Guide” di sisi
  • Klik “View/Edit Game Controls”.
  • Kamu akan menemukan semua opsi kontrol keyboard untuk memudahkan dalam bermain FF di PC.
  • Setelah mengedit, jangan lupa klik “Save” agar pengaturan yang baru tersimpan di perangkatmu.

Membuat Mapping Tombol

membuat mapping tombol
Sumber : Teknosentrik.com

Apabila kamu bermain Free Fire dengan menggunakan Nox Player sebagai emulator, kamu bisa membuat mapping tombol. Sama seperti ketika bermain dengan Bluestack, mapping tombol dengan Nox Player juga bisa diatur sesuka hati agar memudahkanmu dalam bermain. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Pasang NOX Player, lakukan instalasi FF dengan emulator tersebut.
  • Masuk ke akun seperti biasa.
  • Pilih ikon “Setting” lalu masuk ke bagian “Control”. Klik “Custom HUD”.
  • Melalui menu ini, kamu dapat membuat mapping tombol agar memudahkan kamu bermain dengan menggunakan keyboard dan mouse. Klik “Keyboard Control” pada panel di sisi kanan (bisa juga dengan menekan CTRL+1).
  • Klik “Save” jika proses mapping tombol sudah beres.
  • Aktifkan mode “Auto Pickup” agar proses pengambilan item jadi lebih mudah.

Perlu diketahui ketika melakukan mapping tombol game ke mouse dan keyboard, ada tiga tombol utama yang harus diatur. Tombol tersebut yakni “Direction Controllers”, “Fire”, dan “Crosshair”.

Ketika tombol tersebut punya kegunaan yang berbeda-beda. “Direction Controllers” yang ikonnya berbentuk arah berfungsi sebagai pengganti joystick (pada keyboard diwakili oleh tombol huruf A, S, W dan D).

Sementara itu, tombol “Crosshair” yang memiliki ikon tanda bidik, berguna sebagai penunjuk arah yang bisa dikendalikan dengan mouse. Alih-alih meletakkannya pada salah satu tombol kontrol, letakkan tombol tersebut pada bagian tengah layar untuk memudahkan permainan.

Selanjutnya, ada tombol “Fire” yang berguna sebagai tombol shoot (untuk memukul atau menembak lawan). Kendalikan tombol ini dengan menggunakan mouse. Jika kamu merasa fungsi ketiganya masih kurang, manfaatkan “Keys” (ikon berupa huruf A). Dengan ikon ini, lakukan mapping tombol lainnya yang belum digunakan sebelumnya ke keyboard PC.

Bermain dengan menggunakan ponsel memang menyenangkan. Namun, kadang mencoba sesuatu yang baru seperti memainkan game kesukaan di PC tentu akan memberikan pengalaman tersendiri. Selain kontrol berbeda, tampilan layar yang lebih luas juga menjadi kelebihan bermain dengan menggunakan komputer.

Demikian beberapa langkah mudah cara download FF di PC sekaligus cara memainkannya. Selamat mencoba dan ingat, hindari menggunakan cheat agar tidak kena banned, ya!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Daftar Skill Rafael Paling Sakit di FF untuk Push Rank

Rafael Free Fire memiliki berbagai skill terbaik yang bisa diandalkan para pemain untuk push rank. Karakter tersebut memang sudah dikenal sebagai seseorang yang mematikan...