Saturday, December 5, 2020
Beranda Tech Emulator 7 Emulator Android Terbaik untuk Bermain Mobile Games dari PC atau Laptop

7 Emulator Android Terbaik untuk Bermain Mobile Games dari PC atau Laptop

Bermain game online di ponsel sudah jadi hal lazim belakangan ini. Kamu bisa main kapan saja dan di mana saja, asal koneksi stabil, kuota aman, dan baterai masih tahan lama. Namun, bagi gamers garis keras bermain berjam-jam di ponsel lama-lama kurang nyaman.

Ada saja gangguan yang kerap muncul saat tengah asyik bermain. Tiba-tiba ada pesan atau telepon masuk, koneksi yang naik turun, sampai baterai yang cepat habis. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak penggemar game memasang emulator Android pada PC atau laptop.

Tujuan utama pemasangan emulator tak lain supaya bisa bermain game online sepuasnya dengan tampilan layar lebih besar dan kontrol lebih mudah. Lantas, apakah emulator itu? Apa saja emulator Android terbaik untuk memainkan mobile games di PC atau laptop? Mari kita simak ulasan singkat berikut!

Apa itu Emulator Android?

apa itu emulator android
Sumber : Androidtrik.com

Emulator bekerja dengan meniru desain internal sistem lain. Ketika PC atau laptop hendak mengoperasikan program dari sistem berbeda, maka emulator hadir sebagai program pendukung. Dengan emulator, kamu bisa menjalankan program lain di PC atau laptop layaknya di sistem asal program tersebut.

Meski demikian, kendala emulator rata-rata berada pada ketidakmampuan program untuk meniru sistem secara utuh. Beberapa hambatan yang kerap muncul antara lain framerate yang lambat, tidak sinkron antara suara dan gerakan, efek video yang aneh, suara tidak terdengar, dan masalah pada joystick atau penggerak.

Namun, kemajuan teknologi mampu menciptakan berbagai emulator Android PC yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Bahkan, beberapa di antaranya mampu menjalankan game online seperti Mobile Legends dengan mulus dan nyaris tanpa lag.

Kalau kamu masih ragu kenapa perlu pakai emulator Android untuk bermain mobile games di PC atau laptop, deretan alasan ini bisa membuatmu yakin.

  1. Aplikasi Android bisa dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, maupun macOS.
  2. Bermain di layar lebih besar membuat kamu mampu mengontrol permainan dengan lebih baik sehingga meminimalisir kesalahan yang tidak perlu.
  3. Menjaga daya tahan baterai ponsel karena tidak bermain seharian penuh di ponsel yang menyebabkan baterai terkuras dan ponsel panas.
  4. Membuat usia pakai ponsel lebih tahan lama karena kamu “memindahkan” game Android ke PC/laptop sehingga tenaga ponsel tidak diforsir habis-habisan.
  5. Mempermudah penyimpanan banyak game maupun aplikasi, sesuatu yang mustahil dilakukan di ponsel karena kapasitas memori terbatas.
  6. Tidak perlu punya ponsel high end untuk memainkan game online sepuasnya.
  7. Performa PC/laptop jelas jauh di atas ponsel teranyar khusus gaming paling mahal sekalipun.
  8. Beberapa emulator menawarkan fitur supaya kamu bisa mengoperasikan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

Daftar 7 Emulator Android PC Terbaik

daftar 7 emulator android pc terbaik
Sumber : Betabait.com

Mencari emulator Android ringan jadi solusi tepat agar usia pakai ponsel lebih panjang. Kamu pun bisa menikmati pengalaman bermain mengesankan. Dari sekian banyak emulator, inilah emulator Android terbaik yang direkomendasikan UniPin.

1. Leapdroid

Leapdroid boleh dibilang sebagai salah satu emulator Android paling ringan. Jika kamu pengguna Windows, kamu bisa memasangnya secara gratis.

Kemudahan melakukan kustomisasi pengontrol jadi keunggulan emulator ini. Hanya membutuhkan memori sebesar 250MB, Leapdroid sudah dirilis hingga versi 11.0.0.

2. Droid4x

Cari emulator yang mendukung touch screen? Droid4x cocok untuk laptop yang memiliki fitur touch screen. Dukungan berbagai add-ons lain juga mempermudah kontrol game di komputer memakai ponsel.

Emulator satu ini juga menambahkan fitur perekam layar untuk mempermudah kamu menyimpan rekaman permainan. Jangan lupa atur konfigurasi keyboard atau gamepad dengan Droid4x supaya lebih mudah mengontrol game.

3. MEmu Play

Emulator satu ini tergolong rajin bikin versi terbaru aplikasi. Sudah dirilis hingga versi 7.1.6 dengan ukuran 341 MB, MEmu Play bisa bekerja pada Windows mulai WinXP SP3, Win7, Win8, Win8.1, sampai Win10.

MEmu menawarkan akses root dan dilengkapi sidebar dengan berbagai fitur dan fungsi tambahan. Tersedia pengaturan tingkat lanjut yang bisa kamu sesuaikan agar permainan kamu lebih lancar dan bebas hambatan. Jika kamu menemui kesulitan, MEmu punya forum khusus untuk membahas segala masalah pengoperasiannya.

4. Nox App Player

Bagi penggemar Mobile Legends, Nox App Player termasuk emulator paling populer. Mengapa emulator ini patut kamu coba? Nox punya fitur unggulan, yakni tersedia banyak fitur menarik.

Fitur multi simulator memungkinkan kamu membuka game maupun aplikasi berbeda di tiap emulator. Otomatis, kamu bisa memakai beberapa akun. Dukungan joystick dan konsol tambahan lain juga jadi nilai plus Nox App.

5. KoPlayer

Bisa dipasang di Mac ataupun Windows, keunggulan KoPlayer terletak pada kemudahan memasang aplikasi. Proses install aplikasi yang sudah di-download bisa kamu praktikkan dengan cara drag and drop. Semua berkat tampilan antarmuka sederhana dan mudah dioperasikan.

Selain itu, kamu bisa memilih mengaktifkan fitur Speed guna memaksimalkan kinerja emulator atau Compatibility sebagai langkah teraman. KoPlayer juga sudah support layanan Google Play Store. Kamu pun bisa install aplikasi lain layaknya ponsel Android.

6. YouWave

Ini juga tergolong emulator Android paling ringan lho. Keuntungan memasang YouWave adalah kamu tidak perlu menyediakan PC atau laptop berspesifikasi besar atau super canggih.

Untuk itu, emulator ini merilis dua versi, yakni versi 4.0.4 (gratis) dan versi 5.1.1 (berbayar). Boleh dibilang, YouWave cocok kalau kamu ingin mengoperasikan aplikasi ringan.

7. Bluestacks 4

Nah, emulator satu ini juga jadi primadona di kalangan penggemar Mobile Legends. Kelebihan utama Bluestacks 4 adalah kestabilan dan performa yang prima. Saat kamu download Bluestacks 4, kamu bisa memilih offline installer atau online installer.

Bisa dipakai di Windows maupun Mac, kamu dapat menikmati berbagai fitur menarik. Salah satu yang paling disukai adalah multi instance. Berbekal fitur tersebut, kamu dapat bermain beberapa game sekaligus atau akses game sama dengan akun berbeda pada satu waktu.

Kamu sudah mengantongi daftar tujuh emulator Android terbaik untuk bermain game online di PC maupun laptop. Dari daftar tersebut, mana kira-kira emulator pilihanmu? Jika kamu punya rekomendasi emulator Android pc lainnya, share di sini yuk!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular