indonesia flag
united-states
Wednesday, April 24, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesMau Main RF Online? Simak Tips untuk Kamu yang Masih Pemula Berikut...

Mau Main RF Online? Simak Tips untuk Kamu yang Masih Pemula Berikut Ini!

Dirilis pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2004, RF Online Classic awalnya dinamakan Rising Force. Perpaduan antara science fiction dan fantasi klasik, game satu ini ber-setting di sebuah planet dalam sistem Novus yang berada jauh di mana sihir dan teknologi tinggi saling berdampingan.

Seperti kebanyakan game MMORPG, RF Online memiliki aturan khas fantasi dengan pengaturan lengkap sihir dengan pedang. Di sisi lain, game ini juga menonjolkan konsep Race vs. Race vs. Race tiga arah dipadu dengan teknologi futuristik seperti mecha dan senjata nuklir. Dengan konsep yang menarik ini, tidak heran jika banyak orang yang tertarik memainkannya.

Pada bulan September tahun 2020 lalu, Netmarble sudah mengakuisisi hak cipta dari RF Online dan mengumumkan bahwa game ini akan segera dibuat dalam versi mobile. Untuk saat ini kamu bisa download RF Online dan memainkannya lewat PC.

Mengenal Lebih Jauh Konsep Permainan dalam RF Online

rf online classic

Bagi kamu yang tertarik mencoba bermain RF Online, sebelum mengunduh kamu harus memahami terlebih dahulu konsep yang dikembangkan oleh CCR ini. Silakan simak selengkapnya poin-poin penting berikut ini!

Gameplay

Seperti halnya game MMORPG lainnya, kamu akan diminta memilih salah satu race dan mengalahkan monster untuk mendapatkan poin experience. RFO terdiri dari berbagai jenis monster di setiap area. Pada permulaan permainan, karakter akan dipandu dengan menggunakan perintah dasar.

Setelah itu, karakter harus berhadapan dengan serangkaian pencarian yang akan membuat kamu terbiasa dengan karakter yang sudah kamu pilih. Seiring dengan perkembangan karakter di setiap level, pencarian akan membawa kamu ke peta agresif di mana kamu akan menemukan fitur killing atau pembunuhan.

Istilah-istilah Penting dalam Permainan

Hal yang tak kalah penting untuk diketahui adalah istilah-istilah yang dipakai dalam game. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

  • Hit Point (HP) adalah status terpenting yang menunjukkan status darah kamu. Biasanya ini ditampilkan dalam bentuk bar warna merah
  • Force Point (FP). Ditampilkan dalam bentuk bar warna biru, FP menunjukkan kapasitas force yang kamu punya
  • Stamina Point (SP). SP dipakai saat berlari, memakai booster dan mengaktifkan skill tertentu
  • Gauge. Bar ini berpengaruh pada kemampuan pertananan, blok dan kemampuan kamu menghindar dari serangan
  • Semua kemampuan menyerang yang bisa dipakai termasuk skill, potion, armor, senjata sampai aksesoris
  • Point. Nilai persentase pengalaman/experience yang dimiliki untuk bisa pindah level yang lebih tinggi. Sekarang level yang tersedia sampai 80
  • Istilah ini merujuk pada akurasi serangan yang dimiliki oleh setiap karakter.

Class RF Online

Dalam RF Online ada 3 pilihan bangsa dengan berbagai kelas di dalamnya. Adapun bangsa-bangsa dan kelasnya yakni:

  • Bangsa ini dianggap paling cocok untuk pemain pemula karena punya kekuatan fisik dan magis yang seimbang. Ada banyak sekali class di Bellato antara lain Armor Rider yang jadi sorotan utama
  • Mirip dengan bangsa Bellato, Cora punya tampilan fisik yang lebih tinggi. Beberapa class unggulan dari bangsa ini adalah Templar, Grazier dan Adventurer
  • Accretia adalah bangsa robot yang tidak bisa memakai kekuatan magis. Kelas utama dari bangsa ini adalah Launcher (turunan Ranger).

Selain bangsa dan class, kamu juga harus memilih job RF Online sesuai dengan preferensi kamu agar bisa memenangkan pertarungan.

Player Vs. Player

Tidak seperti kebanyakan game dengan genre serupa, RF Online lebih berfokus pada Player vs. Player atau PvP. Hanya markas sebagian race dan titik portal tertentu yang diklaim sebagai kawasan yang aman dari race lawan. Berdasarkan aturan default, anggota race lawan dapat mengikuti pertempuran kapan saja dalam peta agresif. Pemain dari race yang sama tidak dibenarkan saling bertempur kecuali untuk sebuah item yang disebut Chaos Potion.

Pertempuran antara pemain race yang sama juga bisa berlangsung selama ada kompetisi khusus yang disebut Guild Circle Zone Scramble. Pertempuran ini juga disebut dengan Guild Wars.

Tips Bermain RF Online untuk Pemula

class rf online

Setelah mengetahui konsep serta beberapa istilah dalam game, saatnya untuk memulai permainan. Agar kamu bisa segera naik level dan memenangkan pertarungan, simak beberapa tips penting berikut ini!

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Bangsa

Selain memahami berbagai istilah penting dalam permainan, kamu juga harus mengetahui berbagai hal terkait bangsa-bangsa yang ada di RF Online. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada 3 bangsa atau race yang bisa dipilih yakni Bellato, Cora dan Accretian.

Masing-masing race memiliki sub-kelas karakter khusus untuk dimainkan. Ada yang disebut dengan warrior, ranger dan specialist. Kekaisaran Accretian misalnya, sangat bergantung pada teknologi, sehingga mereka kekurangan akses ke sihir. Di sisi lain Aliansi Cora menggunakan sihir dan teknologi tapi lebih mengandalkan sihir ofensif. Sementara Bellato menggunakan sihir namun lebih mengandalkan teknologi untuk menerang dan sihir untuk dukungan. Dengan memahami karakter setiap race, kamu bisa menentukan mana yang paling sesuai dengan gaya bermainmu.

Lakukan Quest Saja dari Level 1-33 Saat Bermain RF Classic

Perlu diketahui bahwa game RF Classic tidak memberi weapon returner untuk karakter baru. Aturan ini masih berlaku sejak awal game ini dirilis. Artiya, kamu hanya akan mendapatkan weapon dari drop monster saja dan itu tergantung keberuntungan kamu. Karena itu, kamu sebaiknya hanya melakukan Quest saja dari awal sampai ke level 33.

Setelah sampai ke level 33, saatnya kamu mulai leveling. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah menuju ke Map Hutan Crawler (bangsa Bellato), Map Drizzle Vale (bangsa Cora) dan melawan monster Snatcher.

Sampai ke level 40 kamu bisa melakukan hunting. Tapi perlu diingat bahwa sebaiknya kamu tidak hunting sendiri, usahakan memiliki party. Kalau sudah sampai ke level 4o, langsung saja menuju Vulcano dengan membeli batu.

Selain mempelajari cara bermain, jangan lupa untuk membeli voucher game agar permainan kamu semakin menarik. Temukan beragam pilihannya hanya di UniPin.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

10 Rekomendasi Game Seru untuk Perempuan

Lagi bosan dan butuh game seru buat ngisi waktu luang? Nah, coba deh nih, ada 10 rekomendasi game seru untuk perempuan yang bisa banget...