indonesia flag
united-states
Friday, March 29, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeFree FireMP5, Senjata Baru Free Fire yang Melegenda di Dunia

MP5, Senjata Baru Free Fire yang Melegenda di Dunia

Free Fire merupakan salah satu game favorit kombinasi genre battle royale dan TPS. Jika ingin memenangkan game ini, pemain harus mampu bertahan hingga akhir permainan. Untuk itu, pemain membutuhkan senjata yang bisa diandalkan.

MP5 adalah senjata submachine free fire terbaik para pemain Free Fire. Pasalnya, gun tersebut tidak hanya unggul dari segi recoil, senjata ini juga memiliki mobility dan damage tinggi. 

Ingin tahu lebih banyak tentang senjata MP5 Free Fire? Yuk, simak ulasan sejarah, varian, hingga kelebihannya berikut ini.

Sejarah MP5 

senjata mp5
Sumber : Ligadecrecks.com

Senjata MP5 dibuat pertama kali oleh perusahaan Heckler & Koch GmbH pada tahun 1960. Personil Heckler & Koch GmbH sendiri terdiri dari tiga orang, yakni Edmund Heckler, Alex Seidel, dan Theodor Koch. 

Ketiga tokoh tersebut membuat MP5 atau HK54 dengan peluru pistol 9×19 mm. Senjata ini diperkenalkan pada tahun 1964. Lalu, tahun 1966, nama HK54 digunakan oleh German Federal Police dan GSG-9. Sejak itulah HK54 dikenal oleh satuan antiteroris di Jerman Barat.

Kemudian, memasuki tahun 1999, mengembangkan seri lain dari MP5, yakni H&K UMP. Namun, kedua jenis senjata itu tidak terlalu populer seperti pendahulunya.

Desain senjata MP5 FF mengadopsi G3. Perbedaan kedua gun ini terletak pada kaliber dan panjangnya. Kendati demikian, keduanya sama-sama unik, yakni memiliki HK Slap. Fungsi HK Slap sendiri untuk reloading dengan mengunci charging handle ke belakang, lalu menamparnya kembali.

Varian

Senjata MP5 di Free Fire memiliki banyak varian. Sebagai referensi, berikut ini ada 11 varian yang bisa digunakan player Free Fire.

  • MP5A1

MP5A1 merupakan keluaran pertama dengan peluru kaliber 9 mm. Senjata ini menggunakan slimliner handguard dan straight magazine. 

  • MP5A2

Varian MP5A2 biasa digunakan oleh angkatan laut. Salah satu versinya adalah dedicated forend weaponlight yang sudah dibekali senter. Selain itu, MP5A2 juga memiliki tropical handguard dan fixed stock. 

  • MP5A3

MP5A3 mempunyai dua versi trigger group, yakni Navy dan SEF. Kedua versi sudah dibekali retractable stock dan senter.

  • MP5A4

MP5A4 tidak memiliki SEF pada trigger group-nya. Namun, ada penambahan 3 round burst secara bersamaan. 

  • MP5A5

Base yang digunakan MP5A5 adalah MP5A3 dengan penambahan sistem penembakan tiga peluru. Kendati demikian, MP5A5 sudah tidak memakai SEF trigger group. 

  • MP5SD

Varian MP5SD dirilis pertama kali tahun 1974. Seri ini memiliki laras khusus yang bisa memperlambat kecepatan peluru. Bagian peredamnya juga terintegrasi sehingga tidak terdengar pada jarak di atas 15 meter.

Ada enam model MP5SD yang diproduksi dengan beberapa fitur berbeda. Berikut rinciannya.

  1. MP5SD1; memiliki peredam suara terintegrasi, konfigurasi Navy maupun SEF, serta popor A1. 
  2. MP5SD2; dibekali popor tetap dan konfigurasi Navy maupun SEF.
  3. MP5SD3; mempunyai popor lipat dan konfigurasi pilihan Navy atau SEF. 
  4. MP5SD4; dilengkapi konfigurasi penembakan tiga butir secara bersamaan.
  5. MP5SD5; fitur mirip MP5SD4 dengan konfigurasi burst tiga butir. 
  6. MP5SD6; dirilis dengan pengaturan penembakan tiga butir dalam waktu bersamaan.
  • MP5K

Dikeluarkan tahun 1976, MP5K di Free Fire memiliki panjang 325 mm. Senjata tersebut mempunyai pegangan bagian depan dengan posisi vertikal. Fungsinya untuk menahan tendangan. 

Sementara itu, bagian alat bidik MP5K dirancang lebih kecil. Sebagai pelengkap, seluruh model MP5K dibekali tas khusus untuk menembak. Adapun model MP5K terdiri dari lima macam, yakni MP5K1, MP5K4, MP5K5, MP5K-N, dan MP5K-PDW.

Masing-masing model dibekali konfigurasi SEF dan penembakan tiga butir. Selain itu, MP5K berbagai model memiliki konfigurasi Navy dan laras yang dipasang peredam. 

Pada MP5K-PDW terdapat tambahan personal Defense Weapon. Lalu, MP5K-N yang dirilis tahun 1991 diberi fitur pelengkap berupa popor lipat khusus. 

  • MP5SFA2

Seri MP5SFA2 tidak memiliki fitur otomatis. Namun, pada varian ini masih ada single free (SF), popor tetap, serta dilengkapi kemampuan burst 1 butir.

  • MP5SFA3

MP5SFA3 merupakan salah satu model MP5SF yang memiliki popor lipat. Senapan ini menjadi versi karabin dari MP5A3. Fitur tambahannya berupa satu tembakan semi otomatis.

  • MP5N

MP5N merupakan senjata khusus yang biasa dipakai oleh angkatan laut. Varian ini memiliki versi dedicated forend weaponlight (terpasang senter). Di samping itu, MP5N dibekali laras khusus dengan peredam suara, popor lipat, dan komponen antikarat.

  • MP5F

Faktanya di dunia nyata, MP5F dibuat untuk senjata militer Prancis. Kelebihan gun ini, yakni memiliki alat pengait tali selempang, komponen internal kuat, serta terdapat penahan karet. 

Kelebihan MP5

senjata mp5 free fire
Sumber : Kincir.com

Senjata MP5 FF memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh senjata lain di Free Fire. Berikut ulasannya.

  • Memiliki Akurasi Tinggi

Senjata dengan kemampuan menembakkan banyak peluru dalam waktu singkat kerap menjadi incaran player Free Fire. Namun, hanya MP5 yang memiliki rate of fire sekaligus akurasi tinggi. Karena itulah, senjata tersebut bisa diandalkan pada jarak dekat hingga menengah.

  • Attachment Lengkap

Attachment merupakan aksesoris pelengkap untuk memperkuat senjata di Free Fire. Dalam hal ini, MP5 memiliki attachment lengkap, misalnya Muzzle, Magazine, Foregrip, dan Scope.

  • Mempunyai Kecepatan Tembak yang Tinggi

Senjata MP5 dapat diandalkan untuk pertempuran jarak jauh mencapai 31 meter. Senapan tersebut membutuhkan sekitar delapan tembakan untuk membunuh musuh di arena. Jika penembakannya dilakukan pada jarak enam meter, diperlukan lima peluru.

  • Mampu Menaklukan Recoil Senjata Liar

Senjata andalan player Free Fire ini dapat menaklukkan recoil senjata liar jika dipasangkan dengan lower rail. Contohnya, MP5K yang dibekali lower rail melalui Foregrip bisa mengurangi horizontal recoil. Selain itu, lower rail mampu meningkatkan animasi ketika memakai aim down sight.

  • Ampuh Melawan Zombie

Virus zombie yang menyebar membuat manusia harus melawannya agar bisa bertahan hidup. Berbekal senjata MP5, perlawanan itu dapat dilakukan dengan lancar. Pasalnya, gun tersebut memiliki stun tinggi untuk membasmi zombie.

Demikian ulasan seputar senjata MP5 yang sering digunakan oleh player Free Fire. Meski harga amunisinya murah, kemampuan gun tersebut tidak perlu diragukan lagi. Buruan pakai untuk kalahkan lawan Anda di arena!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Tips Mengasah Kemampuan dengan Senjata AUG di Free Fire

Apakah kamu ingin menguasai medan pertempuran Free Fire dengan lebih efektif? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat! Dalam dunia Free Fire,...