indonesia flag
united-states
Saturday, March 23, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeEvil Within 2The Evil Within 2: Pembenahan Membuat Game Lebih Istimewa!

The Evil Within 2: Pembenahan Membuat Game Lebih Istimewa!

The Evil Within 2 merupakan seri gim survival physchological horror yang dirancang oleh Shinji Mikami dan dikembangkan oleh Tango Gameworks. Permainan yang dirilis oleh Bethesda Softworks pada 13 Oktober 2017 ini memiliki cerita kuat dengan gameplay yang seru. Sekuel The Evil Within dinilai sukses memberikan pengalaman gim horor yang digarap sebagai game triple A. Tak hanya itu saja, sekuel ini juga menghadirkan sejumlah detail yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Plot The Evil Within 2

the evil within 2 dlc
Sumber : Wallpaper Better

Setelah menghadapi fakta bahwa Mobius dapat mengendalikan pikiran dengan STEM Engine yang berbahaya, Sebastian Castellanos terus berusaha membuka tabir misteri tersebut kepada publik. Namun, tiga tahun berlalu tak menghasilkan apa pun. Mobius seakan terkunci dan tak mampu dilampaui oleh Sebastian. Kegagalan dan rasa frustasi yang terpendam membuat Sebastian terpuruk dan berakhir dengan gaya hidup yang buruk. Namun, secara mengejutkan masa lalunya tiba-tiba kembali.

Pada sekuel The Evil Within, kamu masih berperan sebagai Sebastian Castellanos, seorang detektif di Krimson City Police Departement. Setelah mengalami kehilangan istri dan putrinya, Lily Castellanos di seri sebelumnya, Sebastian kembali dengan kisah baru. Gim berawal saat Sebastian mabuk di sebuah bar dan didatangi Juli Kidman, seorang partner di masa lalu yang juga agen Mobius. Juli mengungkap bahwa kematian Lily dipalsukan oleh Mobius. Faktanya, Lily yang dianggap sebagai calon CORE potensial untuk sistem STEM diculik oleh Mobius.

Mengetahui bahwa putrinya masih hidup dan dalam bahaya, Sebastian berusaha keras menyelamatkannya. Bukan hal yang mudah bagi Sebastian untuk menemukan jejak Lily yang terjebak di dunia bernama Union. Di dunia lain inilah Sebastian akan menghadapi mimpi buruk yang menjadi nyata. Serangkaian monster dengan rupa mengerikan siap menghabisi nyawanya kapan saja. Salah satu karakter seri sebelumnya, Kidman kembali hadir untuk memberikan informasi pada Sebastian dalam misi menyelamatkan Lily.

Atmosfer yang Lebih Mencekam

the evil within 2 steam
Sumber : Venture Beat

Kendati detail dan tekstur tak berbeda jauh dengan seri pendahulunya, kamu akan merasakan peningkatan yang cukup baik pada sekuel The Evil Within. Salah satu yang paling terasa adalah resolusi The Evil Within 2 gameplay hadir secara penuh, bukan sinematik dengan bar hitam layaknya seri pertama. Namun, versi sinematik masih dapat kamu nikmati melalui mode ekstra yang dapat diakses setelah menyelesaikan satu kali permainan.

Penambahan efek grain membuat visualisasi sekuel The Evil Within menjadi unik. Adegan super menyeramkan memperkuat suasana mencekam, terutama ketika kamu memainkan gim ini dalam keadaan gelap. Visualisasi yang apik menciptakan kesan nyata bahwa kamu tengah berada di alam mimpi. Peningkatan kualitas pencahayaan dan pilihan untuk tetap mempertahankan adegan berdarah serta potongan tubuh memberikan dampak yang luar biasa. Sensasi horor yang kental akan membuat kamu merasa was-was mengenai hal yang mungkin saja terjadi.

Selain visualisasi, kualitas audio sekuel The Evil Within juga patut diapresiasi. Hanya dengan menggunakan headset ketika bermain gim, kamu akan merasakan suasana yang lebih mencekam. Mengingat Sebastian tidak memiliki kemampuan radar ancaman, dengan cara ini kamu akan lebih cepat tanggap ketika mendengar suara yang mencurigakan. Alhasil, kamu bisa menentukan kapan harus bergerak ataupun bersembunyi.

Tingkat Kesulitan Lebih Rasional

the evil within 2 gameplay
Sumber : Youtube

Dibandingkan seri sebelumnya, sekuel The Evil Within menawarkan kesulitan yang lebih manusiawi. Tingkat kesulitan normal atau survival akan memberikan kamu pengalaman bermain gim horor survival. Di tingkat kesulitan ini, kamu bisa mengatur resource, mulai dari peluru hingga item penyembuh seefektif mungkin. Jika kamu memilih mode survival, kamu akan merasakan ruang yang lebih luas untuk menyesuaikan kebutuhan, menghemat resource, dan mengurangi tekanan akibat kesalahan yang dilakukan. Kamu bisa membunuh Lost (zombie) secara instan dan hanya menggunakan peluru dalam situasi mendesak.

Sementara tingkat kesulitan tinggi atau nightmare akan mengingatkan kamu dengan kesulitan pada The Evil Within 1. Tingkat kesulitan ini akan menempatkan kamu di kondisi berbahaya dan menghadapi musuh yang jauh lebih responsif dan tangguh dengan resource terbatas. Inilah salah satu alasan mengapa sekuel The Evil Within 2 steam cukup digemari oleh pencinta game horor. Kamu bisa mengunduh The Evil Within 2 dlc complete edition dan memainkannya di komputer dengan spek minimum.

Mengusung Konsep Semi Open World

the evil within 2 system requirements
Sumber : Polygon

Berbeda dengan seri sebelumnya, sekuel The Evil Within mengusung konsep dunia semi terbuka. Hal ini terlihat jelas dari desain dunia yang lebih beragam. Union City pada The Evil Within 2 menawarkan sensasi urban dan beberapa adegan akan mengingatkan kamu mengenai gelap dan kelamnya seri pertama. Desain monster pada sekuel The Evil Within cukup menyeramkan dan membuat kamu merasa terancam. Meskipun perubahan tidak begitu signifikan, variasi area, konsep dunia semi terbuka, dan monster baru akan membuat kamu tetap merasakan jatuh hati pada sekuel ini.

Untuk menikmati gim ini, kamu harus mengecek lebih dulu The Evil Within 2 system requirements. Ketentuan spek minimum tersebut, meliputi prosesor Intel Core i5 atau AMD, Windows 64-bit, grafik AMD Radeon atau NVIDIA, 8 GB RAM, dan 40 GB memori penyimpanan.

Kesimpulan

Kendati AI kurang begitu responsif dan sistem skill tidak memberikan pemain ruang untuk bertempur melawan Lost secara terbuka, sekuel The Evil Within bisa dikatakan sebagai penyempurna seri sebelumnya. Inovasi berupa pendekatan dunia semi terbuka, sistem crafting, misi sampingan, kesulitan normal, dan cerita yang membuat penasaran didukung  visual serta audio yang mencekam menjadi kombinasi menarik dan mendorong kamu menyelesaikan permain sebaik mungkin. Sekuel The Evil Within menjadi salah satu gim survival horor yang dikemas dengan manis.

Demikianlah ulasan singkat The Evil Within 2 yang perlu kamu pelajari untuk meningkatkan pemahaman bermain gim populer ini. Mau bermain gim lebih seru? Kamu bisa membeli equipment dan menambah kredit menggunakan voucher game atau diamond via UniPin.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Segera Isi Steam Wallet-mu di February Fest! Penuhi Dompet & Dapatkan Cashback 10Ribu UniPin Credits

Hai, Sahabat UniPin! Festival Februari telah dimulai! Segera isi Steam Wallet #PakeUniPin dan dapatkan cashback 10.000 UniPin Credits setiap harinya! Cari tahu disini dan dapatkan cashbacknya: ...