indonesia flag
united-states
Monday, September 26, 2022
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

BerandaValorantValorant Review: Tactical Shooter Berkonsep Modern Dibumbui Sentuhan Klasik

Valorant Review: Tactical Shooter Berkonsep Modern Dibumbui Sentuhan Klasik

Valorant adalah first person tactical shooter game suguhan Riot Games. Game ini tampil segar dengan mengkombinasikan 2 tipe gameplay berbeda. Pemain berkesempatan merasakan sensasi gameplay taktis dengan banyak pilihan karakter yang dibekali skill mumpuni. Bagi para gamer yang penasaran mau menjajal keseruan game ini sebaiknya simak Valorant review berikut terlebih dulu. Check this out!

Valorant Review Untuk Pemain Baru

Setelah melalui proses closed beta yang lumayan panjang, akhirnya kini Valorant bisa dimainkan oleh publik. Sebelum bermain ini Valorant review yang wajib gamer tahu:

Game yang Ringan Tanpa Perlu Spek Handal

Biasanya untuk bisa memainkan game tertentu, pemain harus memiliki perangkat dengan spesifikasi mendukung. Bagi pemain dengan spek laptop pas-pasan atau hanya memiliki PC kentang tidak perlu khawatir. Tactical shooter Valorant tidak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi agar bisa dimainkan secara lancar.

Di sini dibutuhkan setidaknya laptop atau bisa juga PC dengan processor Intel i3-370 M dan VGA Intel HD 4.000. Cukup dengan spek tersebut pemain bisa menjajal Valorant dengan rerata frame per second 30FPS dan pengaturan grafis rata kiri. Sementara jika ingin menjajal main Valorant di 60FPS cukup menggunakan processor Intel i3-4150 dan VGA Geforce GT 730.

Grafis Rendah

Pada Valorant review sebelumnya disebutkan tidak dibutuhkan spek perangkat yang tinggi. Bisa dibilang ini karena dari segi grafis Valorant masih rendah. Gambar yang ditampilkan memang tidak terlalu mewah ataupun terlihat real. Diusungnya konsep game free to play menjadi salah satu alasannya.

Sang pengembang Riot Games memang menginginkan game tactical shooter Valorant bisa dimainkan semua gamer dari berbagai kalangan. Hal ini pula yang membuat game ini tidak membutuhkan spesifikasi laptop atau komputer PC terlalu mewah.

Game valorant review

Gameplay Unik

Valorant mempunyai gameplay yang unik. Seperti yang diketahui game ini merupakan perpaduan Counter Strike dan Overwatch. Karenanya mekanisme permainan cukup mirip dengan CS. Kemiripan tersebut terlihat pada pembelian, senjata, mode permainan, dan bahkan mikro manajemen juga.

Adanya paduan konsep modern Overwatch dengan bumbu sentuhan klasik Counter Strike bisa dibilang berhasil. Tiap ronde pemain bisa mengumpulkan uang tambahan yang bisa digunakan untuk membeli senjata. Tambahan uang tersebut bisa didapat jika berhasil melakukan kill. Jadi memang tetap memperhatikan gameplay tactical CS:GO.

Masing-masing karakternya mempunyai keunikan skill. Di sinilah unsur Overwatch terlihat. Kemampuan atau skill karakter yang satu tentunya berbeda dengan skill karakter yang lain.

Meski dibekali skill mumpuni yang unik, untuk memainkan tactical shooter Valorant para pemain tetap dapat memanfaatkan penggunaan senjata perang agar tampil makin ciamik. Maksudnya meski memiliki bekal skill handal tapi bukan penentu akan terus menang.

Skill tiap karakter bukan penentu kemenangan lantaran masing-masing skill mempunyai kegunaan tersendiri dan masih dapat diatasi dengan trik tertentu. Namun, dalam Valorant review kali ini belum akan dibahas tentang trik tersebut.

Seorang Agent Jadi Karakter Valorant

Seorang agent merupakan julukan untuk karakter dalam game tactical shooter Valorant. Sejauh ini dalam game yang sudah dirilis ada 11 agent dengan 4 kategori peran yang berbeda. Masing-masing agent mempunyai peran dan kemampuan berbeda di permainan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, skill bukan penentu kemenangan. Bisa mengetahui apa yang menjadi peran dan kemampuan masing-masing karakter menjadi satu rahasia sukses memainkan Valorant. Kunci lainnya sering memainkan game ini juga akan melatih keterampilan gamer.

Mode Permainan Valorant

valorant review

Sebelum memulai permainan melalui Valorant review ini dijelaskan bahwa gamer diwajibkan mengikuti mode practice lebih dulu. Pada mode practice para gamer akan diberikan instruksi berhubungan dengan cara main Valorant. Mode ini jelas sangat membantu pemain baru termasuk pemain yang baru menjajal game FPS untuk kali pertama.

Selain mode practice ada 2 mode permainan lain yang bisa dicoba dalam Valorant. Mode pertama mode Unrated. Dalam mode ini permainan berlangsung dalam 13 ronde yang semuanya membutuhkan waktu main sekitar 30 sampai 40 menit. Pemain akan dibagi dalam 2 tim berbeda. Ada tim Attackers yang bertugas memasang bom di area tim lainnya yaitu tim Defenders. Semua pemain bisa membeli skill, senjata, ataupun pelindung pada waktu terbatas di awal permainan.

Mode permainan kedua tactical shooter Valorant adalah Spike Rush. Mekanisme permainan mirip dengan mode Unrated. Adapun bedanya ada pada kualitas, di mana waktu main lebih sedikit, tidak bisa memilih senjata, dan penambahan orbs. Hanya ada 4 ronde permainan untuk memenangkan permainan.

Memiliki Sistem Anti Cheat yang Bagus

Valorant review berikutnya berkaitan dengan sistem keamanan. Bukan rahasia lagi bila sejumlah permainan game menjadi kurang kompetitif karena adanya kecurangan. Di sinilah sang pengembang tidak tinggal diam.

Valorant dibekali dengan Riot Vanguard, yaitu suatu sistem anti cheat yang cukup ampuh. Sistem ini memang sengaja dibangun Riot Games seperlu mencegah langkah cheater agar tidak bebas berkeliaran dalam tactical shooter Valorant. Keampuhan sistem anti cheat ini bisa dilihat dari kegagalan cheater menggunakan cheat di Beta Test pasca global release.

Valorant Tidak Pay to Win

Untuk sekelas game kompetitif yang ditujukan untuk kompetisi besar memang sudah seharusnya tidak mendukung Pay to Win. Sampai saat Valorant review ini ditulis diketahui hanya sebatas menjual kosmetik berupa skin senjata. Skin tersebut hanya bisa digunakan untuk memperbarui penampilan dan tidak memberi pengaruh apapun kecuali ke tampilan.

Bagi gamer pecinta FPS khususnya genre tactical shooter, game Valorant termasuk permainan yang harus dicoba. Jajal gameplay baru Valorant untuk menjajal kombinasi konsep modern dengan bumbu sentuhan klasik. Sekian Valorant review kali ini semoga memberi gambaran jelas bagi para gamer yang ingin mencobanya.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Popular Articles

Mengenal Jett Valorant Lebih Jauh dan Bagaimana Cara terbaik menggunakannya

Bagi kamu yang bermain Valorant, tentu tidak akan asing dengan hero yang satu ini. Bahkan saking terkenalnya hero ini, yang tidak aktif bermain Valorant...