indonesia flag
united-states
Tuesday, April 23, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesAKM PUBG: dari Gambaran Umum hingga Tips Penggunaanya

AKM PUBG: dari Gambaran Umum hingga Tips Penggunaanya

Popularitas PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) tidak kalah dibandingkan dengan judul game kenamaan lainnya, seperti Free Fire (FF), Mobile Legend Bang-Bang (MLBB), dan Arena of Valor. Saking populernya, PUBG bahkan didaulat sebagai salah satu bakal cabang esport pada ajang SEA Games 2021 ini (sumber: Kontan).

Sudah tahu apa itu PUBG?

Pada dasarnya, PUBG adalah permainan menembak dengan keunikannya sendiri, yakni membawa berbagai jenis senjata real lengkap dengan spesifikasinya ke dalam game. Salah satunya adalah AKM PUBG.

Gambaran Umum AKM PUBG

pubg akm
Sumber : Duniagames.co.id

PUBG AKM bukanlah senjata yang sulit didapatkan juga tergolong sangat mematikan karena memiliki kekuatan yang cukup besar. Senjata ini masuk dalam kelas assault rifles yang disejajarkan dengan M416, M16, SCAR-L, Groza, dan AUG.

Jarak tembaknya terbilang jauh sehingga sangat cocok buat jadi amunisi tempurmu di short sekaligus long range. Jika senjata assault rifles lain menggunakan peluru ukuran 5.56 mm, senjata ini menggunakan peluru berukuran 7.62 mm yang mampu memberikan efek damage sebesar 48 Hit, merobek armor, dan menghancurkan helm musuh. Selain itu, kapasitas pelurunya pun lumayan besar sebanyak 30 standard bullet.

Pemain juga diberikan opsi attachments terbaik untuk melengkapi senjatanya, yakni muzzle, magazines, dan sights. Dengan menggunakan tambahan attachments, musuh tidak akan bisa menghentikanmu dengan mudah.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa fakta menarik yang beredar di kalangan gamer mengenai senjata AKM PUBG, antara lain:

  1. Memiliki nama asli Avtomát Kaláshnikova.
  2. Diciptakan oleh Mikhail Kalashnikov pada tahun 1940.
  3. Tidak memiliki hak paten.
  4. Masuk ke dunia perang bersama pasukan Soviet untuk pertama kalinya pada tahun 1959.
  5. PUBG AKM wallpaper banyak diburu player. Mau tahu caranya? Klik di sini!

Secara detail, statistik sebuah AKM bisa dilihat dari tabel berikut.

Power 45%
Effective Range 60%
Stability 35%
Firing Rate 65%
Ext. Magazine Size 40
Magazine Size 30
Attachment Points 3

Intinya, bisa dikatakan kalau senjata ini menggambarkan sebuah keadaan real dari senjata buatan Mikhail Kalashnikov.

Kelebihan dan Kekurangan

senjata akm pubg
Sumber : Kangdarus.com

Sama seperti senjata-senjata dalam gim PUBG lainnya, AKM juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah:

  1. Senjata pertempuran jarak dekat terbaik.
  2. Damage paling mematikan di kelasnya.
  3. Bekerja optimal meski digunakan tanpa attachments.

Namun, dengan segala keunggulan yang sudah disebutkan, pemain dituntut untuk mahir menggunakannya karena recoil AKM PUBG tergolong cukup tinggi. Selain itu, kecepatan peluru juga rendah. Kemudian, senjata ini tidak bekerja optimal untuk pertempuran jarak jauh ataupun saat musuh tengah ramai berkumpul.

Potensi terbaik penggunaan AKM sebenarnya berada di range 50 – 100 m. Lebih dari jarak tersebut, senjata ini tidak maksimal meski masih memberikan damage ke musuh.

Tips Menggunakan AKM

settingan akm pubg
Sumber : Bluestacks.com

Tidak semua pemain menyukai senjata ini walaupun memiliki efek paling menyakitkan dibandingkan senjata assault rifles lainnya. Hal ini dikarenakan oleh player merasa kesulitan mengendalikannya. Untuk itu, berikut ini beberapa tips pintar agar kamu bisa booyah di arena pakai AKM.

1. Pilih Attachments yang Tepat

Item pelengkap seperti compensator, magazine, dan scope bisa digunakan untuk mengatasi recoil AKM. Ingat, settingan AKM PUBG yang tepat mempengaruhi performamu dalam bermain!

Compensator adalah wajib buat AKM. Pasalnya, attachment ini mampu meredam hentakan senjata sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Apabila tidak menemukan compensator, kamu bisa menggunakan flash hider sebagai gantinya.

Selanjutnya, dengan memakai Red-Dot Sight (RDS) atau Holographic Sight (Holo), proses membidik jadi lebih tepat sasaran. Apalagi kalau digunakan buat battle jarak menengah, dua item tersebut bisa membuat AKM jadi lebih menakutkan.

Kamu boleh saja melengkapi senjata perang pasukan Soviet ini dengan Scope 2x atau 3x, tetapi tidak begitu disarankan karena jarak pandang AKM jadi lebih terbatas saat dipasangkan scope (teropong bidik). Dengan kata lain, kamu harus punya skill tinggi buat menggunakan scope.

Meski magazine bersifat opsional, kamu sangat disarankan untuk menggunakan Extended Quickdraw Magazine. Dengan begitu, AKM bisa reload lebih cepat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menembakkan peluru dengan jumlah yang lebih banyak.

2. Lebih Baik Gunakan AKM untuk Jarak Dekat

Kondisinya yang no scope membuat AKM lebih tepat digunakan untuk jarak menengah hingga pendek. Selain itu, recoil atau tingkat guncangannya yang tinggi juga menjadikan AKM sulit dikendalikan jika mengincar musuh di jarak lebih dari 100 m.

Jika dipaksakan, kamu mungkin akan lebih dahulu kehilangan target. Mengapa? Senjata akan terpental ke atas dan memakan waktu cukup lama hingga recoil kembali ke tengah.

Masalah lain yang berkaitan dengan jarak tembak adalah kecepatan peluru (bullet velocity). Ketika menggunakan AKM di PUBG PC, kamu akan merasakan kalau peluru membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai mengenai sasaran. Namun, kondisi ini tidak begitu terasa saat kamu bermain PUBG mobile.

3. Jangan Lupa Setting-an PUBG

Jika kamu sudah sering berlatih, tetapi masih saja mengalami kesulitan akibat recoil, kamu mungkin melakukan kesalahan pada elemen setting PUBG. Atur sensitivitas permain dengan detail tertentu sehingga kamu bisa bermain sempurna meski no recoil.

Berikut kisaran nilai yang bisa kamu gunakan untuk pengaturan no recoil di masing-masing gawai. Perlu diketahui kalau, Android, PC, iOS memiliki sensitivitas berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu mencari tahu nilai mana yang tepat untuk perangkatmu.

Camera Sensitivity (Free Look) 3rd person camera: 110% – 120%

1st person camera: 84% – 100%

Camera: 110% – 120%

Camera 3rd person no scope: 120%

1st person no scope: 115% – 120%

Red Dot, Holographic, Aim Assist: 50% – 65%

2x scope: 30% – 36%

3x scope: 20% – 29%

4x ACOG Scope, VSS: 14% – 18%

6x scope: 10% – 12%

8x scope: 10% – 12%

Gyroscope  3rd person no scope: 220% – 300%

1st person no scope: 220% – 300%

Red Dot, Holographic, Aim Assist: 300%

2x scope: 300%

3x scope: 165% – 300%

4x ACOG Scope, VSS: 125% – 235%

6x scope: 60% – 105%

8x scope: 45% – 90%

Angka-angka tersebut hanyalah bersifat perkiraan. Jadi, kamu harus tetap mencobanya sendiri dan mencari tahu mana yang cocok buat gawai permainanmu.

Siap bermain AKM PUBG? Agar lebih seru, top up gim terlebih dahulu. Kamu bisa top up dari unipin.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Daftar Harga Akun PUBG Mobile Termahal, Benarkah Akun Sultan?

Dalam game PUBG Mobile, ternyata terdapat sejumlah akun yang dijual dengan harga termahal. Berbagai akun tersebut bahkan kerap disebut sebagai akun sultan karena harganya...