indonesia flag
united-states
Thursday, April 18, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeBlack Desert OnlineBlack Desert Mobile Guide: Intip Pembahasan Lengkap Seputar Class, Leveling, dan Equipment

Black Desert Mobile Guide: Intip Pembahasan Lengkap Seputar Class, Leveling, dan Equipment

Resmi dirilis Oktober 2019, Black Desert Mobile segera mencuri perhatian gamer, termasuk fans Black Desert Online. Pearl Abyss tetap mengusung genre MMORPG sekaligus bisa kamu mainkan di smartphone. Cocok untuk kamu yang enggan berlama-lama di depan PC atau laptop.

Namun, sedikit berbeda dari game MMORPG lain, Black Desert Mobile punya banyak fitur yang membuatnya tampak rumit. Maka, menyimak Black Desert Mobile guide jadi jawaban terbaik supaya kamu bisa menikmati keseruan permainan ini.

Black Desert Mobile Guide untuk Pemula

black desert mobile class guide

Mari buka Black Desert Mobile guide dengan beberapa hal dasar yang harus kamu ketahui di awal permainan.

Login dulu untuk buat karakter

Usai unduh game, kamu harus login lebih dahulu supaya bisa memulai permainan. Lalu, pilih class yang diinginkan, baru masuk ke bagian personalisasi karakter pilihanmu. Kamu bisa mengubah dan mengatur seperti apa tampilan karakter yang akan dimainkan. Tidak mau repot custom ini itu? Tenang, ada kok karakter yang bisa langsung kamu pilih dan pakai.

Tampilan antarmuka

Ada beberapa bagian menu yang perlu kamu perhatikan di sini.

  • Map, terletak di sisi kiri atas layar, tampil dalam dua mode, map atau
  • Pet, kehadiran hewan peliharaan dapat membantu kamu saat looting dan mereka dapat mengeluarkan skill secara acak.
  • Bonus effect dan Resonance, ada di bagian atas bar health, klik untuk lihat efek buff dan bonus apa saja yang sedang aktif.

Nama keluarga

Berfungsi sebagai nama belakang kamu di Black Desert Mobile, nama keluarga akan terus tercantum selama kamu berpetualang dalam game. Nama belakang merepresentasikan dirimu dan karaktermu sehingga tidak ada duplikasi. Hanya ada satu nama milikmu dalam server game, maka buat secara hati-hati sekaligus kreatif supaya tidak perlu mengubahnya di lain waktu.

Class Guide

black desert mobile leveling guide

Black Desert Mobile guide berikutnya akan membahas tentang class yang tersedia. Black Desert Mobile class guide akan membahas lima class dasar yang dapat kamu pilih pada awal permainan untuk membuat karakter jagoanmu.

Warrior

Mereka yang senang bertempur masuk dalam class ini. Secara statistik kemampuan karakter Warrior cukup merata. Mayoritas mereka punya kemampuan memblokir serangan hingga level tertentu. Perisai adalah senjata sekunder, sedangkan pedang jadi senjata utama. Warrior ahli dalam pertarungan jarak dekat karena didukung keterampilan kombo dan sigap menghindar dari serangan lawan. Plus, kamu bisa mempelajari mereka dengan mudah mengingat para warrior ini unggul saat PvP pribadi dan bisa bertugas sebagai damage dealer atau tank saat PvE.

Valkyrie

Warrior versi perempuan, pergerakannya sedikit lebih lambat tetapi mereka kuat saat bertahan. Bahkan, valkyrie mampu menciptakan damage luar biasa. Pedang dan perisai jadi andalan untuk memblokir damage. Bisa dibilang grup PvP dan PvE adalah salah satu keunggulan paling mencolok dari mereka.

Giant

Dikenal sebagai class ramah pemula, mereka cukup unggul di grup PvE dan bisa menerima banyak damage yang disebabkan musuh. Kapak mematikan dan simpul hiasan jadi senjata andalan. Berkekuatan kasar, mobilitas giant terbilang rendah. Plus, mereka cenderung sulit keluar dari perkelahian.

Ranger

Hadir sebagai penyerang fisik jarak jauh dengan dukungan output damage target tunggal yang akurat. Mereka menguasai busur dan belati untuk senjata andalan. Bisa jadi agak sulit menguasai para Ranger, tetapi mereka adalah class awal yang tepat untuk kamu yang berniat farming silver Black Desert Mobile dengan karakter utama.

Witch

Dengan tongkat dan belati, Witch siap menciptakan magic damage mematikan. Black Desert Mobile guide menyebutkan mayoritas skill Witch mengarah ke AoE sehingga memposisikan mereka sebagai aset besar di PvE dan PvP. Kamu bisa mengandalkan merek saat farming. Mereka agak lemah di pertahanan. Namun, kamu bisa belajar memposisikan diri di medan tempur dan bagaimana cara mengatur mantra.

Cara Cepat Menaikkan Level

black desert mobile equipment guide

Black Desert Mobile guide berikutnya akan mengungkap cara cepat menaikkan level. Secara umum, cara yang perlu kamu lakukan sama dengan game MMORPG lain. Black Desert Mobile leveling guide dibagi dalam dua cabang, yaitu misi dan sub-misi. Misi utama akan membuatmu mengikuti alur cerita yang ada dalam game. Cara ini efektif untuk membuka atau unlock berbagai fitur dalam game.

Sub-misi jadi tugas tambahan yang akan kamu ambil supaya bisa memperoleh lebih banyak poin EXP. Jadi, kamu dapat naik level dengan mudah. Aturan sederhananya, selesaikan sub-misi baru lanjutkan misi utama. Selain itu, ada pula cara lain naik level, yaitu Black Spirit Mode. Sosok Black Spirit pun sebetulnya penuh teka-teki. Mereka bisa terkoneksi denganmu sebagai teman, tetapi waspadalah dengan agenda tersembunyi di baliknya. Level Spirit dapat kamu tambah lewat pemberian makan dark energy yang bisa kamu peroleh setelah menuntaskan misi.

Kemudian, Black Desert Mobile guide menampilkan beberapa cara lain yang bisa kamu jadikan rutinitas harian, seperti:

  • Grinding, kamu bisa menggiling monster dengan menghabiskan XP Boost dan tanpa memakan HP terlalu banyak.
  • Lakukan misi berulang untuk mendulang poin XP.
  • Kumpulkan materi lewat life skills untuk memberimu bonus XP pada tingkat lebih rendah.
  • Boss Rush, pakai boss stamp untuk masuk ke boss dungeon, dan kalahkan seorang bos untuk unlock dungeon Jika berhasil menaklukkan bos berpangkat tinggi, berarti kamu bisa mengantongi XP yang tinggi pula.

Sistem Equipment Black Desert Mobile

black desert mobile game

Bagaimana dengan Black Desert Mobile equipment guide? Pada bagian akhir Black Desert Mobile guide kamu akan menyadari bahwa sistem equipment di game ini berbeda dengan game MMORPG lain.

Ketika kamu baru mulai bermain, semua equipment dalam status unlock. Semua disebabkan oleh mekanisme unik yang membuat karakter bisa berbagi gear dan item, apa pun level equipment yang dimiliki.

Dengan kata lain, saat kamu buat karakter baru, mereka bisa memakai gear dari tingkat tinggi karaktermu lainnya. Sebagai informasi, kamu bisa mendapatkan equipment level tinggi lewat undian atau membuatnya di Gold Coin. Top up di Unipin.

Sekarang kamu sudah membaca Black Desert Mobile guide lengkap dengan informasi tentang class, leveling, dan equipment. Berani memulai pertempuran seru dengan para lawan di Black Desert Mobile sekarang? Selamat bermain!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Cheat 8 Ball Pool, Apakah Aman?

Ingin menguasai 8 Ball Pool dengan lebih mudah? Kamu bisa mencoba trik keren yang bisa memberikanmu keunggulan dalam permainan! Salah satunya adalah menggunakan cheat...