indonesia flag
united-states
Friday, April 26, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeBlack Desert OnlineMenarik, Ini Review Game Black Desert Online

Menarik, Ini Review Game Black Desert Online

Black Desert Online adalah permainan online dengan genre Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG). MMORPG adalah salah satu genre esports selain battle royale, MOBA, dan FPS. Genre permainan ini sebenarnya pernah booming saat warnet mulai ramai digunakan. Judul game MMORPG yang populer antara lain RF Online, Lineage, dan Atlantica.

Banyak orang menilai bahwa genre MMORPG kurang menarik perhatian dan tidak bisa bersaing di tengah pesatnya pertumbuhan video game online. Hal ini disebabkan karena konsep gameplay yang berulang dan jalan cerita yang tidak fokus. Namun, kelebihannya adalah sederhana sehingga bisa bertahan lama.

Mengenal Black Desert Online

black desert online wallpaper

Meskipun mengusung genre MMORPG yang fokus pada gameplay dan interaksi antarpemain, permainan online ini memiliki latar belakang cerita. Dalam game diceritakan, sebuah wabah mematikan yang disebut Black Death menerpa empat negara besar, yaitu Kelpeon, Valenos, Serendia, dan Media.

Wabah tersebut masuk ke negara-negara tersebut karena dibawa oleh seorang pedagang yang berasal dari Valencia. Situasi tersebut memicu perang di antara kelima negara. Dengan latar belakang tersebut, game berhasil menciptakan rasa penasaran.

Mengenal Karakter dalam Game

black desert online steam

Dalam permainan, kamu akan menemukan sebuah fitur unggulan, yaitu character creation. Pada fitur ini, pemain diberi kesempatan untuk memilih class, misalnya Warrior, Ranger, Wizard, Witch, Sorcerers, atau Berserker. Tiap class diciptakan memiliki gaya bermain yang berbeda dan unik.

Kustomisasi yang dilakukan pada karakter game mencakup hampir semua aspek, termasuk yang paling detail. Beberapa di antaranya, warna rambut, proporsi kulit, tinggi rendah suara, efek lensa mata, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memilih horoskop dari karakter tersebut. Hal ini menandai sifat paling menonjol dari karakter.

Kamu juga dapat mengoptimalkan hasil character creation dengan menggunakan fitur ekstra yaitu Photo Mode dan Beauty Album. Di sini, kamu bisa menyimpan karakter yang pernah kamu buat. Sayangnya, tidak semua karakter pada class tertentu bisa diubah, misalnya Warrior.

Yuk, Ketahui Cara Bermain

harga black desert online sea

Seperti game MMORPG lain, pada awal permainan kamu diajak mengenal fitur penting dan kontrol dasar dalam game, misalnya combat, transaksi, dan life skill. Dunia yang luas di dalam game sangat menarik untuk dijelajahi karena tiap tempat memiliki cerita menarik dan ciri khas.

Apabila ingin bermain dengan mode Player vs Player, kamu dapat memilih fitur Guild War. Di sini, kamu harus memiliki guild, kemudian menyatakan perang dengan guild lain. Melalui pertarungan yang adil, akan muncul guild yang paling kuat di Black Desert.

Menariknya lagi, selain melakukan aktivitas sehari-hari, kamu bisa memiliki rumah di kota atau desa dalam map. Supaya terlihat makin cantik, rumah ini bisa didekorasi dengan menambahkan furnitur. Namun, kamu harus memiliki tingkat Interior Point tinggi agar rumah lebih bagus.

Nah, sebelum bermain, pastikan kamu telah menggunakan perangkat yang memadai. Operating System yang digunakan minimum 32/64 bit Windows 10, Processor Intel Core i3, memory 4 GB RAM, dan Storage 30 GB.

Untuk memainkan game, kamu bisa men-download-nya melalui Steam, platform distribusi video game untuk PC. Harga Black Desert Online Steam dibanderol mulai dari Rp415.869. Harga ini cukup mahal jika dibandingkan beberapa game online yang lain.

Perbandingan Game Versi Mobile dan PC

black desert versi mobile

Selain versi PC dan konsol, Black Desert Online juga menawarkan versi mobile. Salah satu yang menandai game ini seperti genre MMORPG pada umumnya adalah fitur autoplay. Misi yang diberikan pun terkesan berulang sehingga terasa membosankan.

Akan tetapi, ada hal baru yang menarik dalam fitur game. Fitur yang paling mencolok adalah berkuda. Pemain dapat membawa karakternya menjelajahi dunia sambil berkuda. Namun, kamu perlu menjinakkan kuda terlebih dahulu dengan syarat tertentu sebelum bisa ditunggangi.

Di versi PC ada housing, tetapi di versi mobile diganti dengan camp. Melalui sistem yang telah dibangun, pemain bisa melakukan teleportasi dari satu tempat ke tempat lain.

Sayangnya, dalam versi mobile, hanya tersedia 5 class yang bisa dipilih, padahal di versi PC tersedia 17 class. Meskipun demikian, pemain akan dipuaskan dengan kustomisasi yang terkesan sangat variatif.

Keunggulan Game

Sebagai game MMORPG, banyak yang lebih dahulu pesimis dengan permainan yang satu ini. Faktanya, ada sejumlah kelebihan yang ditawarkannya.

1. Gameplay kelas atas

Faktanya, dilengkapi dengan gameplay kelas atas dan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, Black Desert Online sukses menarik perhatian. Selain itu, game ini juga tidak memberikan batasan. Tiap pemain bisa mengikuti berbagai aktivitas dan quest seperti para pemain level tinggi.

Meskipun tidak ada misi yang serius dan berbahaya, eksplorasi pada game cukup menantang. Siapa pun bisa mengambil kesempatan untuk membawa nama kelompok saat berhasil memenangkan permainan.

Aktivitas dasar yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup adalah memancing, beternak, merawat kuda, atau bekerja di ladang. Adanya unsur kehidupan nyata yang kompleks dapat membuat pemain berpikir dan berusaha lebih keras.

2. Lebih mudah mengekspresikan diri

Tak seperti game lain yang telah menyediakan tampilan tiap karakter secara permanen, kamu bisa mengekspresikan diri melalui game ini. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pemain karena merasa lebih terkoneksi.

Akan tetapi, berhati-hatilah dengan job atau karakter yang termasuk gender-locked karena gender biasanya tidak bisa diubah. Sebagai contoh, sebagai Ninja kamu harus memilih gender sebagai laki-laki.

3. Mode combat yang seru

Kamu akan tertarik dengan game ini karena mode Combat dengan sistem Action cepat dan bukan target-locked. Kondisi tersebut membuat kamu dapat mengatur serangan hanya dengan menggunakan mouse. Perlu diperhatikan juga, tiap job yang dipilih harus dimainkan dengan cara yang berbeda. Skill yang dimiliki pun tidak sama.

Dengan ulasan ini, apakah kamu tertarik untuk bermain Black Desert Online? Jangan lupa mengisi Steam Wallet terlebih dahulu melalui UniPin agar bisa menikmati pengalaman bermain yang makin seru.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Segera Isi Steam Wallet-mu di February Fest! Penuhi Dompet & Dapatkan Cashback 10Ribu UniPin Credits

Hai, Sahabat UniPin! Festival Februari telah dimulai! Segera isi Steam Wallet #PakeUniPin dan dapatkan cashback 10.000 UniPin Credits setiap harinya! Cari tahu disini dan dapatkan cashbacknya: ...