indonesia flag
united-states
Wednesday, April 24, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesBosan di Rumah Saja? Mainkan 5 Game Ringan Android Ini!

Bosan di Rumah Saja? Mainkan 5 Game Ringan Android Ini!

Bermain game tidak melulu tentang perang atau strategi, sesekali kita juga membutuhkan permainan ringan yang tidak terlalu menguras energi serta pikiran. Biasanya game semacam ini memiliki banyak sekali genre. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Macam-Macam Game Ringan di Android

game ringan android terbaik
Sumber : Rri.co.id

Sebenarnya permainan dengan genre ringan tidak hanya ada di Android. Sebelumnya game semacam ini juga bisa kita mainkan di PC atau console dengan tingkat kesulitan yang tidak kalah menghibur. Biasanya game ringan tidak memiliki jalan cerita atau strategi khusus.

Kita hanya membutuhkan sedikit skill seperti ketangkasan tangan atau kecepatan berpikir untuk menyelesaikannya. Ada banyak sekali jenis game ringan Android populer dan cukup banyak diunduh oleh para pengguna smartphone, di antaranya,

1. Cooking Game

game ringan android online
Sumber : Youtube.com

Cooking game atau permainan memasak di Android biasanya berkisah tentang bagaimana cara membuat suatu masakan atau membantu karakter utama membangun restoran mereka. Pada permainan semacam ini kita hanya diminta untuk membuat masakan sesuai tutorial atau memenuhi misi tertentu.

Seperti yang sempat disebutkan, tidak ada strategi khusus untuk menyelesaikan permainan. Kamu hanya membutuhkan ketangkasan tangan agar misi cepat selesai atau dapat memasak makanan sesuai petunjuk yang diberikan.

2. Puzzle Game

game ringan android offline
Sumber : Youtube.com

Pernah dengar game Tetris? Permainan klasik yang dulu bisa kita mainkan di console ini termasuk salah satu game ringan Android terbaik. Selain tetris, ada banyak game puzzle lain yang bisa dimainkan dengan smartphone. Rata-rata hanya membutuhkan ketangkasan tangan untuk menyelesaikannya.

Meskipun begitu, menyelesaikan setiap level puzzle game hingga akhir ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan beberapa kali kekalahan supaya kita bisa menemukan formulasi yang tepat dan menyelesaikan permainan semacam ini sampai memperoleh kemenangan.

3. Riddle Game

game ringan android offline terbaik
Sumber : ilovefreesoftware.com

Selain puzzle, riddle game juga cukup digemari dan kerap digunakan untuk menghabiskan waktu luang. Beberapa contoh riddle game yang menarik adalah tebak logo, menjawab pertanyaan trivia, menyusun kata, hingga menemukan beberapa benda tersembunyi.

Walaupun banyak yang menganggap riddle game membutuhkan banyak kemampuan berpikir, tetapi kebanyakan hanya dapat mengasah otak dan tidak terlalu membebani pikiran sebagaimana wargame atau arcade yang membutuhkan strategi khusus. Sebagaimana game ringan Android lainnya, riddle game cukup menghibur.

4. Racing Game

Racing game tidak hanya tentang balapan mobil atau motor, beberapa juga bercerita tentang adegan kejar-kejaran seperti Subway Surfers. Meskipun ringan, game semacam ini cukup merangsang adrenalin dan jiwa kompetitif kita. Racing game biasanya hadir dalam bentuk game ringan Android multiplayer atau single player.

Di Play Store sendiri ada banyak pilihan racing game menarik. Rata-rata memiliki rating dan angka unduhan yang lumayan tinggi. Hal ini membuktikan bahwa meskipun ringan, racing game sama sekali tidak membosankan.

5. Pet Game

Di antara berbagai jenis game ringan untuk Android di atas, mungkin pet game yang paling mudah. Tugas utama kita hanyalah menjaga agar hewan peliharaan virtual tetap hidup dan bersih. Tantangan pada game ini biasanya ada pada permainan ringan untuk memperoleh tambahan koin.

Koin tersebut dapat digunakan untuk membeli makanan, minuman, dan pakaian yang bisa digunakan oleh peliharaan virtual sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Rekomendasi Game Ringan Android untuk Menghabiskan Waktu

Setelah membahas beberapa jenis game ringan, selanjutnya mari kita ulas beberapa rekomendasi game ringan Android terbaik untuk menghabiskan waktu luang.

1. Pou

game ringan android multiplayer
Sumber : Cronosal.id

Pou merupakan salah satu pet game ringan. Permainan ini bisa dikategorikan sebagai game ringan Android offline paling mudah, karena yang dibutuhkan hanyalah menjaga sebuah batu sekaligus peliharaan virtual kita agar tetap hidup dan bersih. Selain itu, kita juga bisa mengajak Pou bermain agar mereka selalu happy.

Seperti peliharaan pada umumnya, Pou juga bisa sakit dan lesu. Untuk menjaga agar tingkat kebahagiaan peliharaan virtual ini normal, kamu bisa memberi Pou vitamin dan obat. Sampai saat ini Pou tercatat telah diunduh sebanyak 500 juta kali. Hal tersebut menegaskan bahwa meskipun ringan, masih banyak orang yang menggemari game Android semacam ini.

2. Fruit Slice

game fruit ninja android
Sumber : Youtube.com

Fruit Slice adalah game ketangkasan tangan yang membutuhkan pemain tunggal. Tugas utama kita adalah memotong buah-buahan yang dijatuhkan dari atas sebanyak-banyaknya tanpa mengenai bom atau jebakan lainnya. Meskipun terlihat mudah ternyata tidak semua orang mampu melanjutkan game ini ke level lebih tinggi.

Termasuk salah satu yang populer membuat di Play Store ada banyak sekali game serupa Fruit Slice. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta termasuk ke dalam game ringan Android online dan offline paling banyak diunduh.

3. Tebak Gambar

tebak gambar android
Sumber : Kabarcoin.com

Produk game ringan untuk Android ini adalah buatan anak muda Indonesia. Konsep utamanya adalah menebak beberapa gambar yang melambangkan sebuah kalimat atau frasa. Meskipun “receh” ternyata tidak semua orang bisa menebak soal-soal yang ada pada game Tebak Gambar.

Sebagai orang Indonesia kita juga patut bangga loh pada Tebak Gambar. Karena sampai saat ini tercatat bahwa Tebak Gambar telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan memiliki rating 4,2 dari 5 di Play Store.

4. Cooking Mama

game ringan cooking mama android
Sumber : Sobatgame.com

Cooking Mama merupakan game ringan bergenre coocking game. Pada permainan ini kita akan memasak beberapa makanan khas dari berbagai negara sesuai langkah dan resep pada tutorial. Jika tidak mengikuti petunjuk, hasil masakan kita akan mendapat nilai buruk. Meskipun ringan, grafis game ini cukup bagus dan lucu. Ditambah warna-warni menarik, memainkan game ini untuk menghabiskan waktu akan sangat menghibur.

5. Cut the Rope

cut the rope 2 android
Sumber : Okezone.com

Cut the Rope bercerita tentang Om Om, seekor monster hijau yang berusaha memakan permen. Tugas kita adalah membantu Om Om mendapatkan permen favoritnya dengan mengatasi beberapa tantangan yaitu memotong tali yang sesuai. Game ringan Android offline terbaik ini cukup seru dan menantang.

Demikian ulasan beberapa game ringan Android untuk menghabiskan waktu luang dan mengatasi kebosanan. Selamat mencoba.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

10 Rekomendasi Game Seru untuk Perempuan

Lagi bosan dan butuh game seru buat ngisi waktu luang? Nah, coba deh nih, ada 10 rekomendasi game seru untuk perempuan yang bisa banget...