indonesia flag
united-states
Wednesday, April 24, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesBus Simulator Indonesia: Ajak Pemain Merasakan Sensasi Mengemudikan Bus

Bus Simulator Indonesia: Ajak Pemain Merasakan Sensasi Mengemudikan Bus

Bermain mobil simulator mungkin sudah biasa, bagaimana jika ada permainan yang menawarkan sensasi mengemudikan bus?  Tentu permainan tersebut bisa memberikan pengalaman unik bagi para pemain.

Seperti yang kita tahu, menjadi sopir bus adalah pekerjaan yang menantang dan tak semua orang bisa melakukannya mengingat volume kendaraan ini cukup besar dibandingkan dengan mobil.

Meski begitu bukan tidak mungkin untuk kamu bisa merasakan pengalaman mengemudikan bus. Lewat game Bus Simulator Indonesia untuk Android, pemain berkesempatan untuk menjadi sopir bus.

Tertarik memainkannya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Sekilas Mengenai Bus Simulator Indonesia

game bus simulator terbaik
Sumber : Bluestacks.com

Bus Simulator Indonesia merupakan permainan digital yang dirilis oleh Maleo dan telah diunduh oleh lebih dari 500 ribu pengguna. Untuk meningkatkan kualitas permainan, perusahaan pengembang sempat melakukan update pada tahu 2017 lalu.

Lewat Bus Simulator Indonesia pemain bisa merasakan keseruan mengemudikan bus. Guna menciptakan nuansa yang nyata, desain livery bus, pom bensin, restoran, mini market, dan trayeknya pun dibuat menyerupai kondisi real.

Cara memainkan game Bus Simulator Indonesia terbaik untuk Android ini cukup mudah. Kamu tinggal menekan tombol gas untuk menjalankan bus dan menekan tombol rem bila ingin menghentikan kendaraan tersebut. Selain itu, pada bagian layar juga terlihat panel untuk menyalakan lampu sein dan lampu emergency.

Sebelum mengemudikan bus, pemain harus masuk ke area garasi terlebih dahulu untuk memilih livery (sebutan untuk hiasan eksterior bus). Beberapa PO bus yang tersedia di antaranya adalah PO Medali Mas, PO Wisata Komodo, PO Restu, dan PO Laksana Anda.

Tak sabar ingin memainkannya? Ikuti panduan mengunduh game Bus Simulator Indonesia untuk Android di bawah ini.

Cara Mengunduh Game Bus Simulator Indonesia di Android

bus simulator indonesia
Sumber : Epicgames.com

Sebelum mengunduh, pastikan Android yang kamu gunakan memiliki versi minimal 4.0. Setelah itu praktikan langkah-langkah berikut.

    1. Buka Play Store
    2. Ketik Bus Simulator Indonesia pada kolom pencarian
    3. Pilih Bus Simulator Indonesia yang dirilis oleh Maleo dan memiliki ukuran aplikasi sebesar 306 MB.
    4. Klik Install, kemudian tunggu hingga beberapa saat sampai aplikasi Bus Simulator Indonesia berhasil terpasang di perangkatmu.

Tutorial Edit Livery

rekomendasi game-bus-simulator-indonesia-untuk-di-android

Meski bus yang disediakan oleh Bus Simulator Indonesia telah dilengkapi dengan livery, namun pemain tetap bisa berkreasi dengan membuat desain livery-nya sendiri. Untuk mempermudah proses kreasi livery, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh template livery yang tersedia di website Bus Simulator Indonesia.

Selanjutnya proses edit livery bisa dilakukan dengan dua cara, menggunakan perangkat mobile seperti Picsart atau perangkat desktop seperti Adobe Photoshop. Berikut tutorial edit livery via Picsart.

    1. Buka Picsart
    2. Pilih menu Drawings, lalu Create New
    3. Tekan menu Layer pada bagian atas, kemudian pilih Photo Layer
    4. Masukkan template livery yang telah diunduh
    5. Pilih layer kosong untuk menggambar objek
    6. Silakan gunakan tools seperti Brush, Text Brush, dan Shape untuk menciptakan desain sesuai keinginan.
    7. Setelah selesai menggambar, gunakan tools Eraser untuk menghaus garis bantu yang ada di template livery.
    8. Klik tanda panah ke kanan pada bagian header untuk menyimpan gambar
    9. Pilih Save and Share
    10. Klik Save, lalu pilih Save Picture on Your Device (Gallery)
    11. Buka aplikasi Bus Simulator Indonesia
    12. Pada bagian Management klik Garage
    13. Klik Browse Livery
    14. Pilih gambar livery yang telah dibuat di Picsart
    15. Klik Apply

Panduan Instalasi MOD Kendaraan di HP

game bus simulator indonesia terbaik untuk android
Sumber : Youtube.com

Pada aplikasi Bus Simulator Indonesia, istilah MOD diartikan sebagai modifikasi. Melalui fitur ini pengguna bisa menambah fitur atau item baru pada permainan. Pada kasus Bus Simulator Indonesia, MOD dapat digunakan untuk menambah kendaraan baru.

Ada 3 cara untuk mendapatkan MOD kendaraan, yaitu melalui bussimulator.id, aplikasi MOD BUSSID, dan ModBussid.co.id.

a. Bussimulator.id

Saat ini bussimulator.id hanya menyediakan 3 jenis MOD kendaraan, yaitu angkot, truk bak kayu, dan mobil pick-up. Jika ingin melakukan modifikasi livery, di website ini kamu juga bisa mengunduh template livery dan mengubah desainnya sesuai selera. Setelah itu, silakan ikuti tutorial edit livery yang telah dibahas sebelumnya.

b. Aplikasi MOD BUSSID

Alternatif kedua untuk mendapatkan MOD kendaraan secara gratis dan legal adalah lewat aplikasi MOD BUSSID yang bisa kamu unduh di Play Store. Berbeda dengan bussimulator.id, pilihan MOD kendaraan pada aplikasi ini lebih beragam, mulai dari bus, mobil, sampai motor pun tersedia.

c. ModBussid.co.id

Sama seperti aplikasi MOD BUSSID, pilihan MOD kendaraan yang disediakan ModBussid.co.id juga cukup beragam, seperti bus, truk, mobil, dan motor. Proses mengunduh MOD kendaraan di website ini pun terbilang mudah dan tidak ada sisipan iklan. Selain itu, file MOD kendaraan yang telah diunduh juga tidak perlu diekstraksi dengan kata sandi tertentu.

Tak berhenti sampai di situ. Setelah mengunduh file MOD kendaraan, kini kamu perlu melakukan instalasi supaya kendaraan tersebut bisa digunakan dalam permainan Bus Simulator Indonesia. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

    1. Pindahkan file MOD kendaraan yang berhasil diunduh ke folder BUSSID 🡪 Mods yang ada di ponselmu.
    2. Buka aplikasi Bus Simulator Indonesia
    3. Pada menu Management, klik Garage
    4. Di bagian bawah kamu akan menemukan tanda panah ke kanan dan ke kiri. Klik tanda panah ke kanan sampai menemukan vehicle mod
    5. Klik Use
    6. Kini kamu sudah bisa menggunakan angkot tersebut untuk bermain di menu Free Mode.

Itulah sekilas mengenai game Bus Simulator Indonesia untuk Android mulai dari latar belakang, cara mengunduh aplikasinya, tutorial edit livery, sampai panduan instalasi MOD kendaraan via HP.

Berkat konsep permainan yang unik, Bus Simulator Indonesia banyak menarik perhatian pemain tanah air. Bahkan permainan ini mampu meraih rating sebesar 4.5 dari para pemain. Nah, buat kamu yang ingin memainkannya, pastikan memori di ponselmu masih tersedia, ya, mengingat ukuran aplikasi ini hampir menyentuh angka 400 MB.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

10 Rekomendasi Game Seru untuk Perempuan

Lagi bosan dan butuh game seru buat ngisi waktu luang? Nah, coba deh nih, ada 10 rekomendasi game seru untuk perempuan yang bisa banget...