Saturday, December 5, 2020
Beranda Games Cara Mudah Top Up Google Play

Cara Mudah Top Up Google Play

Bagi para pengguna Android, nama Google Play bukan lagi hal asing di telinga. Terlebih, bagi mereka yang sering memanfaatkan layanan premium di Play Store seperti membeli aplikasi, film, musik, dan buku berbayar. Hal itu membuat banyak orang tak asing dan membutuhkan top up Google Play.

Apa Itu Google Play?

cara top up google play dengan pulsa
Sumber : Henrilechatnoir.com

Layanan ini merupakan salah satu fasilitas dari Google untuk para pengguna Android. Google Play berfungsi sebagai toko aplikasi resmi sistem operasi Android. Jadi bisa dipastikan di sini kamu akan mendapatkan berbagai aplikasi resmi menarik yang dikembangkan dengan Android Software Development Kit.

Google Play mulai diperkenalkan pada tahun 2008 dengan nama Android Market. Pada tahun 2012, layanan ini dikembangkan dengan menyatukan beberapa fasilitas pengguna Android, yaitu Android Market, Google Music, dan Google eBookstore. Jadi sejak tahun tersebut, Google Play juga berfungsi sebagai toko media digital yang memawarkan produk premium seperti spotify, joox, berbagai buku digital, dan acara televisi berbayar.

Google Play sendiri dapat diunduh melalui Play Store serta dapat dinikmati seluruh pengguna Android. Namun, biasanya, aplikasi ini sudah terpasang secara otomatis di smartphone. Jadi, mulai dari pengguna smartphone dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo sampai yang terbaru (Android 10 atau Android Q) sudah bisa menikmati layanan Google Play.

Cara Menggunakan Google Play

cara top up google play
Sumber : Anakkost.tv

User interface Google Play termasuk mudah; untuk mencari produk sesuai nama aplikasi, kamu tinggal ketikkan kata kunci. Supaya lebih mudah, kamu juga bisa mengaktifkan filter pencarian untuk menemukan layanan yang benar-benar dibutuhkan.

Google Play biasanya menampilkan beberapa produk pilihan berdasarkan beberapa variabel sebagai rekomendasi untuk beberapa pengguna. Jadi, saat mengakses toko media digital Android ini, jangan heran apabila kamu menemukan layanan dengan label “Pilihan Editor,” “Pilihan Staf,” atau “Pengembang Top”.

Selain label, Google Play juga mengategorikan produk berdasarkan skala kepuasan pengguna yang sebelumnya telah mengunduh produk tersebut di smartphone mereka. Kategori tersebut berdasarkan skala 5 poin dan diurutkan dari yang terbesar sampai terkecil. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna memilih produk yang benar-benar recommended.

Meskipun memiliki “status” sebagai aplikasi bawaan Android, Google Play mendukung berbagai strategi monetisasi. Tujuannya tentu saja agar pengembang dan pengguna mendapatkan keuntungan. Untuk mendukung pembayaran, Google bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk provider, kartu kredit, dan media pembayaran lain baik yang beroperasi secara digital maupun tidak.

Selain itu, Google Play juga menyediakan gift card berupa voucher yang dapat dibeli dan diisi ulang. Google Play voucher tersebut mulai tersedia sejak April 2017 di beberapa negara, termasuk Indonesia. Keberadaan voucher ini tentu saja kabar baik bagi para pengguna Android. Terlebih, bagi mereka yang hobi bermain game dan kerap membeli items untuk bisa terus bermain. Inilah mengapa, Google bekerja sama dengan banyak pihak agar proses top up Google Play lebih mudah dan praktis.

Cara Mudah Top Up Google Play

cara mengisi saldo google play
Sumber : Jualfollowersmurah.id

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google Play menyediakan produk premium berbayar untuk para pengguna Android. Agar pengguna bisa menikmati produk tersebut, tentu saja dibutuhkan saldo Google Play. Berdasarkan informasi dari situs resmi Google, ada beberapa cara yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi saldo Google Play, di antaranya:

  1. Google Play voucher

Gift Card resmi Google tersebut memiliki beberapa pilihan nominal mulai dari Rp5.000 sampai Rp500.000. Voucher tersebut bisa didapatkan di Indomaret, Alfamart, dan berbagai marketplace, seperti Tokopedia atau Bukalapak. Cara top up Google Play menggunakan voucher pun cukup mudah, yaitu:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Klik “hamburger” menu pada sisi kiri atas atau swipe layar dari kiri ke kanan
  • Pilih metode pembayaran
  • Klik menu “Redeem Code”
  • Masukkan kode unik yang tertera pada voucher Google Play
  • Klik “Redeem,” lalu saldo Google Play pun bisa terisi

Apabila ingin mengisi gift card melalui PC, caranya hampir sama. Bedanya, kita masuk melalui browser dan memasukkan alamat https://play.google.com. Selanjutnya, langkahnya mirip dengan langkah yang kita lakukan melalui smartphone.

Serunya, voucher ini bisa diisi ulang seperti halnya pulsa telepon. Untuk isi ulang, ada beberapa metode yang bisa kamu pilih mulai dari potong pulsa hingga pembelian menggunakan kartu kredit. Semuanya bisa dilakukan menggunakan smartphone saja selama kita memiliki aplikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, voucher juga bisa diisi ulang melalui partner resmi voucher Google Play seperti UniPin. Melalui situs tersebut, kamu dapat mengisi ulang saldo Google Play dalam berbagai denominasi dengan mudah.

  1. Membeli Google Play Credit

Google Play credit bisa dibeli melalui ritel Alfamart terdekat. Untuk mengaktifkannya cukup mudah:

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Klik “hamburger” menu pada sisi kiri atas atau swipe layar dari kiri ke kanan
  • Pilih metode pembayaran
  • Pilih menu Google Play Credit
  • Pilih nominal yang diinginkan
  • Pilih “continue”
  • Pilih “Alfamart”
  • Setelah itu, lakukan pembayaran di Alfamart terdekat

Pembayaran melalui kasir Alfamart biasanya dikenai biaya layanan. Setelah membayar, secara otomatis saldo Google Play bisa terisi dan siap kamu gunakan. Selain melalui Alfamart, Google Play credit juga bisa dibeli melalui GoPay. Caranya pun hampir sama dengan top up melalui Alfamart.

Bedanya, pada menu metode pembayaran kita memilih “GoPay”. Setelah itu, masukkan nomor telepon yang telah terdaftar untuk GoPay. Beberapa saat kemudian, kamu akan menerima SMS OTP. Setelah itu, masukkan kode OTP pada layar smartphone, lalu klik “lanjut” atau “continue”.

Tidak lama biasanya saldo Google Play telah terisi. Untuk melakukan top up melalui GoPay, pastikan saldo GoPay-mu cukup, ya. Karena pembayaran akan dilakukan dengan cara memotong langsung saldo GoPay dan mengalihkannya ke Google Play Credit. Tidak seperti melalui Alfamart, pengisian saldo mengunakan GoPay tidak dikenakan biaya administrasi.

Nah, itulah cara mudah top up Google Play baik menggunakan Google Play voucher atau credit. Cukup praktis, bukan? Semoga bermanfaat, ya!

Most Popular