indonesia flag
united-states
Friday, April 26, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesGame Catur Android Populer 2021

Game Catur Android Populer 2021

Salah satu permainan yang hampir bisa dimainkan oleh semua umur adalah catur. Dari dahulu hingga sekarang, game asah otak ini memang sangat digandrungi. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengembang game meluncurkan produk digitalnya di Play Store yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai sepuluh game catur android populer tahun 2021.

game catur android terbaik
Sumber : Gentooz.com

Mango Chess

Game besutan Indoplay ini bisa dibilang sebagai game catur android terbaik saat ini. Pasalnya, ada banyak fitur spesial yang bisa kamu manfaatkan buat menambah kepuasan permainanmu, antara lain:

  • Permainan dilakukan secara real-time.
  • Tersedia banyak opsi ruang bermain yang bisa disesuaikan dengan karakter masing-masing pemain.
  • Selama waktu pertandingan, antar pemain masih bisa mengobrol dan mengirimkan emoticon melalui pop-up
  • Grafik game terasa sangat nyata.
  • Didukung dengan pilihan bahasa, Inggris dan Indonesia.
  • Akun di Mango Chess bisa digunakan juga pada permainan lain yang dikembangkan oleh Indoplay.
  • Terdapat pilihan level permainan, mulai dari pemula hingga ahli.

Kabar baiknya, game ini tersedia gratis di Play Store sehingga siapa pun bisa menjajalnya.

Catur 3D

Bila mencari game catur android 3D, jangan lewatkan permainan Catur 3D—chess game paling populer besutan Alienforce—dari daftar unduh. Saking populernya, aplikasi ini sudah dimainkan secara daring oleh lebih dari 1 juta akun pengguna di seluruh dunia.

Chess Online

Mainkan dan menangkan reward berupa coin di Chess Online! Makin banyak koin terkumpul, makin besar kesempatan untuk memiliki Avatar keren nan unik. Selain itu, kemenangan di tiap pertandingan juga akan menyumbangkan kenaikan peringkat sebagai pemain.

Di Chess Online, kamu bebas memilih ingin bertanding dengan lawan secara acak atau bermain bersama teman.

Catur – Bermain & Belajar

Nikmati serunya permainan catur sekaligus belajar taktik jitu dari para suhu dunia percaturan. Kamu bisa menonton ribuan video tutorial yang berkaitan dengan petunjuk bagaimana memenangkan pertandingan hanya dengan beberapa langkah.

Tidak hanya itu, forum komunitas dalam game ini juga sangat aktif buat berbagi pengalaman dan pembelajaran sehingga kamu akan makin terlatih bermain catur.

Game Catur – Bermain & Belajar ini bisa dinobatkan sebagai game catur android paling bagus. Pasalnya, pengembang bukan hanya mengemas detail permainan secara menarik, tetapi juga merancang media interaksi antar pemain dan anggota secara aktif. Maka, tidak mengherankan jika aplikasi permainan catur dari chess.com ini telah diunduh lebih dari 452.452 pengguna.

Warrior Chess

Pejuang catur, ayo asah bakat terpendammu sekarang juga! Warrior Chess satu-satunya game catur yang menyediakan fitur “hint” bagi pemainnya. Jadi, kalau kamu mengalami kebuntuan saat bermain, tinggal gunakan fitur ini. Sementara itu, kamu juga bisa simpan dan muat ulang game untuk diselesaikan nanti jika merasa lelah bermain.

Sesuai namanya, permainan ini menawarkan tema perjuangan dalam peperangan Hastings di tahun 1066-an. Resolusi tinggi yang ditawarkan membawa dampak nyata bagi mata pemain saat melihat pion di layar.

DroidFish Chess

Ukuran game-nya yang terbilang kecil menjadi salah satu daya tarik kuat pencinta permainan catur di ponsel. Cara penggunaannya pun terbilang simpel (user friendly) sehingga tidak akan membingungkan pemain pemula.

Sebelum bermain, sesuaikan terlebih dahulu tingkat kesulitanmu agar pertandingan lebih terasa menantang.

Chess Free

Chess Free dikembangkan oleh Al Factory Limited—salah satu developer permainan terbaik pilihan Play Store dengan penghargaan empat kali berturut-turut (2011, 2012, 2013, dan 2015).

Gelar pengembang teratas agaknya bukanlah bualan semata jika melihat ragam fitur yang disematkan pada aplikasi permainannya.

  • 12 pilihan level permainan, mulai dari pemula hingga pakar.
  • 2 Mode pilihan, belajar (casual) dan bertanding (pro).
  • Sistem peringkat berdasarkan akun
  • Opsi permainan dalam 2D juga 3D.
  • Main online dan

Lichess

Bermain catur dengan banyak pemain bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Lichess. Bahkan, berdasarkan ulasan dari beberapa pengguna, game Lichess sangat membantu mereka dalam mengadakan turnamen catur di wilayah masing-masing.

Sayangnya, Lichess bukan tergolong game catur android multiplayer bluetooth sehingga kamu masih membutuhkan jaringan internet untuk bermain bersama teman.

Chess

Selanjutnya adalah pilihan game catur android offline terbaik, yaitu Chess. Jadi, meski tidak ada paket internet, kamu masih bisa menghilangkan rasa bosan dengan bermain catur di aplikasi besutan CanaryDroid ini.

Fitur menarik juga sudah tersedia di aplikasi Chess, seperti level permainan hingga 10 tingkat kesulitan, fungsi bermain ulang, tampilan 2D atau 3D, 6 pilihan tema cantik, dan penyimpanan otomatis.

Chess Master

ChessPro09Free berhasil memanjakan penggemar game strategi melalui permainan catur besutannya, Chess Master. Dengan tampilan menu yang sederhana, game ini memudahkan penggunanya dalam bermain.

Pengembang mendesain tujuh level permainan. Jadi, kamu bisa memilih sesuai dengan level kesulitan yang diinginkan. Meski tingkat kesulitannya tidak sebanyak game lain, Chess Master tetap menawarkan permainan terbaik dan tersulit di setiap level-nya.

Manfaat Bermain Catur

game catur android offline terbaik
Sumber : Tokopedia.com

Perlu diketahui kalau bermain catur tidak hanya memberikan kesenangan saja, tetapi juga menawarkan manfaat positif bagi pelakunya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Para ahli dan dokter sepakat bahwa catur merupakan salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini juga didukung oleh beragam penelitian yang menemukan kalau bermain catur secara rutin dapat meningkatkan kapasitas otak seseorang.

2. Mencegah Pikun

Pikun adalah sebuah penyakit gangguan memori dan bisa menyerang siapa saja. Untuk mencegahnya, dokter menyarankan agar rutin melatih kemampuan otak dalam berpikir. Salah satu caranya adalah melalui permainan catur.

3. Mengasah Kecerdasan

Menyusun rencana dan memecahkan masalah adalah proses wajib saat bermain catur. Sebab itulah, kemampuan berpikir para pecatur selalu terlatih. Akibatnya, kecerdasan akan terus meningkat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang gemar bermain catur memiliki prestasi akademik di atas rata-rata dibandingkan yang tidak bermain catur sama sekali.

4. Meningkatkan Kreativitas

Saat bermain catur, pemain dituntut untuk mencari cara agar bisa mengalahkan lawan dengan langkah-langkah strategis. Hal inilah yang kemudian secara tidak langsung mengasah kemampuan kreativitas pemain.

5. Melatih Konsentrasi

Konsentrasi berhubungan erat dengan kemampuan otak dalam berpikir. Sulit berkonsentrasi menandakan kamu kurang melatih kinerja otak. Nah, berhubungan dengan poin pertama, catur adalah cara paling tepat buat melatih konsentrasi.

Itulah tadi pilihan dan manfaat game catur android populer 2021. Biar main catur makin seru, yuk beli kredit game catur di UniPin.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Game PPSSPP Ukuran Kecil Terbaik, Masih Seru Dimainkan Tahun 2024

Game PPSPP Kecil Terbaik - Meskipun sudah lama sejak PSP dilepas ke pasar, kamu masih bisa bernostalgia dengan game-gamenya melalui emulator PPSSPP. Nah, berikut...