indonesia flag
united-states
Saturday, April 20, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesPilihan Game VR Android Terbaik yang Benar-Benar Terasa Nyata

Pilihan Game VR Android Terbaik yang Benar-Benar Terasa Nyata

VR merupakan teknologi yang bisa menciptakan simulasi dunia nyata, seperti suasana kota di luar negeri atau suasana hutan hujan tropis. Teknologi VR juga dapat mewujudkan imajinasi kita menjadi nyata, misalnya saja ketika ingin melihat suasana abad pertengahan.

Teknologi VR sudah banyak digunakan untuk beberapa hal, salah satunya adalah untuk bermain game. Game VR juga bisa dimainkan lewat ponsel android dan saat ini telah memiliki aneka pilihan game VR android terbaik.

Teknologi VR yang Semakin Digemari

game vr terbaik di android
Sumber : Sciencefocus.com

Di dalam teknologi VR, kita tidak hanya bisa melihat dunia realitas baru saja, tetapi juga dapat berinteraksi secara langsung. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan simulasi pada seluruh indra untuk dapat lebih jauh dalam melihat, mendengarkan, mencium, dan merasakan sentuhan.

Untuk menggunakan teknologi VR, dibutuhkan alat bantu tambahan yang biasa disebut dengan head-mounted display (HMD) yang harus dipasang di kepala. Game VR terbaik di android bisa dimainkan tidak harus dengan HMD yang mahal, Google Cardboard saja sudah cukup.

Selain digunakan dalam game, teknologi VR juga dapat ditemukan di berbagai kegiatan, seperti:

1. Rapat Virtual

Sebelum Zoom dikenal seperti sekarang ini, rapat virtual biasanya menggunakan teknologi VR. Sama halnya dengan Zoom, peserta rapat cukup masuk ke dalam aplikasi. Dalam aplikasi VR, kita akan masuk ruangan virtual dengan peserta lainnya yang berbentuk avatar.

2. Pelatihan atau Simulasi

Teknologi VR juga diterapkan dalam pelatihan-pelatihan profesional dan simulasi khusus. Beberapa pelatihan dan simulasi yang bisa dilakukan, misalnya pelatihan bedah khusus dokter ataupun simulasi menerbangkan pesawat khusus untuk calon pilot.

Dua contoh simulasi di atas menunjukkan bahwa VR dapat membantu orang agar bisa memperbarui kemampuan dan pengetahuannya. Hal ini bisa dilakukan tanpa harus melakukannya secara nyata.

3. Proses Belajar Mengajar

Teknologi VR juga bisa digunakan dalam proses belajar mengajar, terutama pada anak-anak. Tampilan video VR yang menarik akan membuat mereka bersemangat dan antusias dalam belajar. Penjelasan dari para guru juga akan lebih mudah disampaikan.

Bagaimana Bermain Game VR Android?

kumpulan game vr android
Sumber : Jalantikus.com

Teknologi VR juga dapat digunakan dalam bermain game. Untuk dapat memulai bermain game VR android terbaik, sebaiknya siapkan dulu beberapa hal berikut ini:

1. Gyroscope

Gyroscope adalah sejenis sensor yang digunakan untuk mengukur atau menstabilkan orientasi dengan menerapkan prinsip momentum sudut. Bila kita mengaktifkan VR yang telah tersambung dengan ponsel pintar, dibutuhkan gyroscope supaya game bisa berorientasi.

Cek terlebih dahulu apakah ponsel yang dipakai memang sudah memiliki gyroscope atau belum.

2. Spesifikasi Ponsel Mumpuni

Video atau game VR membutuhkan paling tidak perangkat keras ponsel keluaran terkini. Ponsel perlu dilengkapi dengan accelerometer sebagai sensor untuk akselerasi. Sensor ini sangat diperlukan, terutama pada saat bermain game.

Pada saat kita menggoyangkan ponsel pintar dari kiri ke kanan, maka sensor accelerometer akan ikut mendeteksi dan bergerak ke kiri, begitu juga sebaliknya. Sensor ini sangat berguna, apalagi pada saat memainkan game bertema balapan.

3. Ukuran Layar Besar

Untuk memainkan game VR android terbaik gratis pastinya ponsel harus memiliki layar yang memadai. Ponsel dengan layar kecil tentu tidak akan membuat game puas dimainkan.

Ukuran minimal layar ponsel setidaknya 6 inci untuk kenyamanan dalam bermain game. Semakin besar ukuran layar, maka game akan semakin nyaman dimainkan dengan menggunakan VR.

4. Perangkat VR

Hal terakhir yang perlu disiapkan untuk dapat bermain game VR di ponsel android tentu saja perangkat VR-nya. Ada banyak pilihan perangkat VR di pasaran, mulai dari yang murah seperti Google Cardboard hingga versi mahal dengan berbagai kelebihannya.

Perangkat VR harus dapat dikontrol lewat ponsel serta memiliki berbagai tombol yang berfungsi untuk menjalankan permainan virtual.

Pilihan Game VR Terbaik Android

Beberapa pilihan game VR android terbaik yang bisa dimainkan, di antaranya adalah:

1. VR Thrills: Roller Coaster 360

game vr android terbaik gratis
Sumber : Youtube.com

Bagi yang rindu bermain roller coaster di taman bermain, game satu ini bisa dicoba. Untuk yang belum berani mencoba menaiki roller coaster sungguhan, game ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk mencoba merasakan sensasinya.

Ada banyak tema wahana yang tersedia di dalam game. Dari sisi visualnya, pemain dapat memilih tampilan visual menjadi nyata atau animasi. Mengusung konsep 360 derajat, pemain juga bisa melihat pemandangan sekeliling.

2. VR Fantasy

rekomendasi game vr android
Sumber : Youtube.com

Penggemar serial atau cerita-cerita fantasi wajib menjajal game satu ini. Pemain nantinya akan berperan menjadi seorang ksatria yang menjelajah ruang bawah tanah berisi monster.

Eksplorasi setiap ruangan yang ada dan dapatkan harta karun terpendam. Grafik dan animasi game-nya sudah cukup bagus, cocok pula dimainkan oleh anak-anak.

3. Minos Starfighter VR

game seru vr android
Sumber : Gimbot.com

Bertema petualangan luar angkasa, game VR ini mengusung sudut pandang orang pertama sebagai pilot pesawat perang angkasa. Tampilan visualnya bisa dibilang sempurna, sehingga membuat pemain betah berlama-lama memainkan game ini.

Game juga didukung oleh audio yang tidak main-main, membuatnya hampir sama seperti sedang bermain pada konsol game. Pihak pengembang sangat berusaha sekali agar game dapat berjalan secara optimal di seluruh ponsel, terutama ponsel android.

4. Haunted Rooms : Escape VR

game horror vr android terbaik
Sumber : Vrgamesfor.com

Ingin menguji nyali kalian dengan bermain game? Haunted Rooms: Escape VR tentu dapat dijajal. Tujuan utama dari permainan ini adalah kabur dari dalam ruangan. Sama seperti game thriller lainnya, terdapat macam-macam hal yang menegangkan serta mengerikan.

Dukungan grafik 3D dan suara yang mengagumkan membuat game satu ini patut untuk dicoba oleh semua orang, terutama penggemar genre horor atau misteri.

5. The Deep

game terbaik vr android
Sumber : Exploredeep.com

Untuk yang suka laut dan petualangan, game VR terbaik di android satu ini juga bisa menjadi pilihan. Rasakan sensasi menyelam dan menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Grafik tiga dimensinya sudah sangat mendukung sehingga tampak nyata. Strategi yang tepat sangat dibutuhkan agar bisa selamat dari kejaran hiu pemangsa yang terus mengancam pemain di dalam permainan.

Bagaimana? Tertarik bermain game VR android terbaik? Yuk, segera lengkapi ponsel kalian dengan peralatan VR untuk bisa memainkan berbagai macam game VR lainnya.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Cheat 8 Ball Pool, Apakah Aman?

Ingin menguasai 8 Ball Pool dengan lebih mudah? Kamu bisa mencoba trik keren yang bisa memberikanmu keunggulan dalam permainan! Salah satunya adalah menggunakan cheat...