indonesia flag
united-states
Tuesday, April 9, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeAppsMau Bikin Podcast? Ini Cara Mudah Upload Podcast di Spotify

Mau Bikin Podcast? Ini Cara Mudah Upload Podcast di Spotify

Salah satu platform favorit untuk distribusi podcast adalah Spotify. Hal ini tidak mengherankan, sebab Spotify merupakan platform streaming musik dan audio dengan jumlah pengguna yang sangat besar. Hingga kuartal 1 2021, jumlah pengguna berbayar Spotify sudah mencapai angka 158 juta.

Baca juga: 7 Fitur Spotify yang Wajib Kamu Andalkan

Nah jika kamu ingin membuat podcast, maka kamu pasti ingin memublikasikan podcast tersebut di Spotify. Lantas, bagaimana cara publikasi podcast di Spotify? Kita akan bahas caranya. Tak sekadar di Spotify, tapi dengan cara ini kamu juga bisa memublikasikan podcast di berbagai platform lain seperti: Apple Podcast, Google Podcast, dan lainnya.

Solusi Upload Podcast: Gunakan Anchor.fm

Ada satu website yang dapat menjadi solusi publikasi podcast. Website tersebut beralamat di www.anchor.fm. Web ini punya tagline “The easiest way to make a podcast”. Dengan memakai Anchor, kamu bisa buat dan publikasikan podcast dengan praktis dan mudah. Ada banyak fitur pendukung di Anchor. Beberapa fitur unggulan tersebut misalnya:

  • Adanya fitur untuk penyimpanan dan publikasi podcast. Dengan fitur ini, kamu cukup upload podcast ke Anchor, lalu podcast tersebut bisa distribusikan ke berbagai platform streaming.
  • Adanya fitur analytics dan insights. Fitur ini memungkinkan kita mendapatkan data seputar podcast. Yang mana data tersebut sangat bermanfaat untuk mengukur keberhasilan podcast kita.
  • Juga ada fitur monetisasi yang memungkinkan kita juga mendapatkan penghasilan dari podcast yang kita buat.

Selain dapat diakses melalui website, Anchor juga hadir dalam bentuk aplikasi. Aplikasi Anchor dapat diunduh dan diinstal baik melalui Play Store ataupun App Store. Rating yang didapat aplikasi Anchor di Play Store juga tinggi, yakni mencapai 4,4.
aplikasi anchor

Cara Publikasi Podcast di Spotify

Inilah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika ingin memublikasikan podcast di Spotify.

  1. Pertama, buat dulu akun di Anchor.fm. Kamu bisa daftar melalui aplikasi ataupun langsung di website Anchor.fm. Kamu bisa daftar pakai email.
  2. Setelah punya akun, maka kamu bisa login ke akun Anchor tersebut.
  3. Setelah login, kamu bisa klik tombol new episode untuk publikasi podcast.
  4. Nantinya ada berbagai opsi yang bisa dipilih. Misalkan opsi record dapat kamu gunakan untuk merekam podcast secara langsung. Namun jika ingin mengupload podcast yang sudah kamu buat sebelumnya, kamu bisa pakai fasilitas upload yang sudah tersedia.
    publikasi podcast
  5. Selanjutnya kamu tinggal publikasikan podcastnya. Saat publikasi, Anchor akan mendistribusikan podcast tersebut ke berbagai platform, seperti: Breaker, Google Podcast, Overcast, Pocket Casts, Radio Public, dan pastinya ke Spotify.

Nah dengan cara ini para pengguna Spotify, baik pengguna gratis ataupun pengguna Spotify Premium dapat mendengarkan podcast yang sudah kamu buat. Bagaimana, kamu tertarik mencobanya? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

5 Aplikasi Pembuat Game Tanpa Coding

Akibat pandemi Covid-19, masyarakat diimbau untuk stay at home dan menghindari keramaian. Apalagi bila tempat tinggalmu sedang melakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sudah...