indonesia flag
united-states
Tuesday, April 16, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesAyo Jadi Manajer Sepak Bola Andal lewat Top Eleven

Ayo Jadi Manajer Sepak Bola Andal lewat Top Eleven

Rindu main Top Eleven? Kini kamu bisa memainkan versi barunya yang rilis pada tahun 2021. Walau terhitung sederhana dibandingkan berbagai permainan serupa lain yang telah bermunculan, versi barunya menghadirkan beberapa perubahan yang membuat permainan populer ini lebih menarik.

Apakah kamu pernah main Top Eleven saat baru rilis? Atau mungkin baru pertama kali ingin mencoba? Inilah hal-hal yang wajib kamu ketahui.

Apa Itu Top Eleven Football Manager?

top eleven manajer sepak bola
Sumber : Yohaneskurniawanunik.blogspot.com

Tidak seperti kebanyakan permainan serupa, Top Eleven Manajer Sepak Bola dirilis pertama kali di Facebook pada tahun 2010. Nordeus, perusahaan pengembang Top Eleven, ingin menciptakan permainan manajemen tim populer yang bisa dimainkan di media sosial populer.

Dalam permainan ini, kamu akan menjadi manajer tim yang terdiri dari para pemain bola profesional di dunia nyata. Tugasmu adalah membentuk tim utama dan cadangan dari nol, melatih, dan membawa mereka menuju kemenangan di berbagai liga. Kamu juga bisa melakukan transfer pemain seperti tim sungguhan.

Permainan ini akhirnya hadir sebagai mobile game untuk Android pada tahun 2011, dan memasang wajah José Mourinho sebagai “maskot” pada tahun 2013. Pemain bisa mendapat tips langsung dari karakter Mourinho, bahkan menantangnya bermain. Top Eleven bahkan sukses menjadi sponsor tim Stoke City mulai dari musim Liga Premier 2017-2018.

Cara Main Top Eleven Football Manager di Android

top eleven manajer android,
Sumber : Topeleven.com

Top Eleven versi baru untuk Android hadir pada awal Maret 2021, tetapi metode permainannya masih serupa dengan versi Facebook walau ada beberapa perubahan dan peningkatan. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis lewat Google Play Store. Pastikan sistem operasional perangkatmu minimal Android 4.4.

Sebagai Top Eleven manajer, ada beberapa “tugas” yang harus kamu lakukan setelah mendaftar sebagai bagian dari permainan, yaitu:

1. Membentuk Tim

Setiap manajer wajib menyusun formasi yang terdiri dari tim utama dan cadangan. Setiap pemain ditempatkan di stadion sesuai posisi mereka. Kamu bisa melihat kode singkatan posisi masing-masing di sebelah nama, misalnya GK (Goalkeeper), AML (Attacking Midfielder Left), dan sebagainya. Masing-masing memiliki karakteristik dan kemampuan khusus yang saling mempengaruhi performa di lapangan.

2. Melatih Tim

Setiap tim wajib mendapat rencana pelatihan yang terdiri dari empat sesi per hari. Di layar, kamu akan melihat barisan para pemain (diwakili gambar jersey bola) yang bisa kamu pilih, lengkap dengan pilihan jenis latihan (drill). Ada juga pilihan Quick Training serta pusat kebugaran untuk menjaga fisik dan stamina mereka.

3. Bertanding

Tim kamu bisa memilih untuk mengikuti satu di antara beberapa pertandingan: League, Cup, Champions League, Football Association Tournaments, dan pertandingan persahabatan. Pertandingan jenis League berlangsung sekali setiap hari, sedangkan Football Association Tournaments hanya seminggu sekali.

4. Transfer Pemain

Ada beberapa cara untuk melakukan transfer pemain di permainan ini. Cara paling populer adalah lelang (auction), di mana kamu bisa menggunakan uang maupun token untuk menggaet pemain yang tidak diinginkan tim lain. Setiap periode lelang memberimu empat menit waktu untuk memilih di antara 15 pemain. Ketika levelmu sudah semakin tinggi, kamu bisa membuka pilihan negosiasi untuk mendapat pemain mahal dari tim lain.

5. Membangun Stadium

Ketika tim semakin berkembang, manajer juga bertanggung jawab terhadap pengembangan properti milik tim, seperti pusat pelatihan, akademi, dan stadium. Kamu akan melihat peta yang berisi lokasi masing-masing properti, lalu klik properti tersebut untuk melihat bagian dalamnya.

Kenapa Kamu Wajib Coba Top Eleven?

game top eleven
Sumber : Youtube.com

Top Eleven versi Android sendiri sudah cukup banyak meraih ulasan positif karena upaya pengembangnya untuk membawa permainan manajemen tim bola ke ranah permainan kasual. Akan tetapi, game Top Eleven versi tahun 2021 menawarkan pembaruan yang akan semakin memuaskan pemain baru maupun lama.

Top Eleven 2021 menawarkan perubahan cuaca (weather) sebagai salah satu pembaruan besarnya. Hal ini tentu menambah tantangan dalam permainan karena kamu harus menyesuaikan strategi di lapangan dengan kondisi cuaca. Manajer yang ingin meningkatkan keahlian bermainnya bisa menjajal kemampuan lewat kondisi ini.

Kamu juga bisa menikmati sensasi menyaksikan tahap perkenalan tim sebelum pertandingan. Hal ini mirip dengan perkenalan yang disaksikan penggemar bola ketika menonton pertandingan di rumah. Peningkatan desain visual permainan juga menunjukkan tampilan stadium saat tim kamu memasuki arena, menciptakan keseruan ekstra dan antisipasi sebelum pertandingan.

Rekomendasi Formasi Top Eleven

top eleven manajer
Sumber : Malavida.com

Ketika membentuk tim, kamu harus menempatkan mereka dalam formasi. Inilah beberapa rekomendasi formasi klasik yang bisa dicoba bagi manajer baru.

1. 4-2-3-1

Formasi ini terkenal sebagai yang paling “seimbang” dan tidak terlalu membebani mentalitas pemain lawan. Ada jebakan offside yang harus diwaspadai, tetapi formasi ini relatif ideal untuk menghadapi sebagian besar tim.

2. 3-2-2-3-1

Formasi ini sangat menekan bagi pemain lawan, ideal untuk posisi dominan ofensif. Tidak ada jebakan offside.

3. 4-4-2

Disebut juga sebagai “bus park”, posisi klasik ini cocok untuk gaya permainan bertahan. Formasi ini juga tidak terlalu menekan pemain lawan.

4. 4-1-2-1-2

Disebut juga “tiki taka”, posisi ini termasuk netral, tetapi cukup menekan pemain lawan. Terdapat pilihan gaya tackling dengan level Easy, Normal, dan Hard.

Tips Jadi Manajer Hebat di Top Eleven

tips top eleven manajer
Sumber : Apkpure.com

Setiap manajer di Top Eleve pada akhirnya harus mengembangkan strategi masing-masing untuk bisa menang. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh semua manajer agar lebih mudah menang. Hal terpenting adalah menentukan tipe kontrak manajemen tim (deal) yang paling cocok untuk rutinitasmu.

Ingat, permainan ini mengikuti waktu standar 28 hari untuk menyelesaikan satu musim, tetapi tidak semua pemain bisa log in setiap hari. Kamu bisa masuk ke menu Assistant dan memilih jenis kontrak seperti Stable Income (dapat satu token setiap hari) hingga Quick Buck (mendapat token di muka lalu menginvestasikannya).

Lepas dari informasi di atas, tidak ada jalan pintas dalam Top Eleven. Pastikan kamu mengasah kemampuan dengan mempelajari anggota tim dan keunggulan masing-masing agar reputasi tim bisa menanjak dan penghasilan bertambah besar. Yuk, unduh permainannya sekarang dan jajal kemampuanmu!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Cheat 8 Ball Pool, Apakah Aman?

Ingin menguasai 8 Ball Pool dengan lebih mudah? Kamu bisa mencoba trik keren yang bisa memberikanmu keunggulan dalam permainan! Salah satunya adalah menggunakan cheat...