indonesia flag
united-states
Thursday, April 25, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesIngin Memainkan Game Android di PC? Berikut Caranya

Ingin Memainkan Game Android di PC? Berikut Caranya

Bermain game di ponsel telah menjadi hobi bagi sebagian orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kapan pun dan di mana pun, tiap orang yang memiliki ponsel bisa mengisi waktu luang dengan bermain game favoritnya.

Bukan hanya untuk hobi atau bersenang-senang, game online juga dapat diperlombakan. Cabang olahraga ini disebut e-sports. Ada banyak pemain game online yang menjadikan hobi ini sebagai profesi. Mereka berlatih untuk mengikuti turnamen yang sering diadakan secara nasional maupun internasional.

Serunya Bermain Game Android di PC

cara bermain game android di pc
Sumber : Gizmologi.id

Tren bermain game Android makin berkembang seiring dengan makin banyaknya jenis game yang bisa dimainkan. Bukan hanya itu, game yang awalnya dimainkan di ponsel kini juga bisa dimainkan di PC.

Bagaimana cara main game Android di PC? Sebelumnya, ketahui apa saja alasan memilih bermain game di PC daripada ponsel berikut ini.

●      Tampilan Layar Lebih Lebar

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara ponsel dan PC adalah ukuran layarnya. Layar PC lebih lebar dibandingkan layar ponsel sehingga lebih nyaman untuk dilihat. Apalagi jika ada detail tertentu dalam game, akan lebih mudah bagi kamu untuk memperhatikannya. Jika kamu memiliki masalah penglihatan, layar yang lebar akan membantumu untuk melihat dengan jelas.

●      Perangkat Bermain Lebih Lengkap

Untuk bermain game di ponsel, kamu bisa langsung menyentuh layar. Berbeda halnya di PC, ada berbagai peralatan yang bisa membantu kamu untuk bermain game, seperti gamepad, keyboard, dan mouse. Pada beberapa permainan, keberadaan peralatan ini dapat berpengaruh terhadap peluang kemenangan. Tak heran jika sebagian pemain game lebih suka bermain di PC.

●      Terbebas dari Notifikasi

Keunggulan lainnya yang bisa kamu nikmati saat bermain game di PC adalah terbebas dari notifikasi ponsel. Lazimnya, ponsel menampilkan notifikasi, baik dalam bentuk tampilan maupun suara. Notifikasi tersebut dapat mengganggu konsentrasi atau penampakan dalam gameplay, terutama saat permainan sedang seru.

●      Tidak Takut Kehabisan Daya

Untuk bisa digunakan, PC selalu terhubung dengan sumber daya. Artinya, kamu bisa terus menggunakan perangkat ini selama sumber daya tersedia. Jadi, jika kamu bermain game, tak perlu khawatir akan kehabisan baterai sehingga membuat permainan berhenti.

●      Target Lebih Akurat

Karena menggunakan mouse untuk menunjuk target yang ingin dicapai, bermain game di PC biasanya lebih nyaman. Selain itu, hasil permainan pun lebih memuaskan karena sasaran yang dituju lebih akurat. Berbeda halnya saat kamu menggunakan jempol di layar ponsel.

Cara Memainkan Game Android di PC dengan Emulator

cara main game android di pc tanpa emulator
Sumber : Knowtechies.com

Karena berbagai alasan tersebut, sebagian orang juga menggunakan PC untuk bermain game. Lalu, bagaimana cara main game Android di PC? Apa saja hal yang perlu dilakukan?

Pada dasarnya, game Android adalah aplikasi yang ditujukan untuk penggunaan di ponsel. Agar aplikasi ini bisa dijalankan di PC, kamu dapat memasang emulator Android. Ada banyak jenis emulator yang bisa ditemukan di internet.

Kamu bisa memilih aplikasi yang paling sesuai. Salah satu contohnya adalah BlueStacks. Aplikasi ini dinilai terbaik karena menawarkan beberapa keunggulan, seperti berukuran kecil, memiliki performa bagus, dan memiliki kualitas grafis yang mumpuni.

Yuk, simak langkah berikut agar bisa main game Android di PC dengan emulator BlueStacks.

1.     Pastikan Spesifikasi PC Sesuai

Sebelum memasang emulator BlueStacks pada PC, ada baiknya kamu memastikan PC yang akan digunakan sudah memenuhi spesifikasi. Syarat utamanya antara lain menggunakan OS Windows 7/8/10, Prosesor Intel/AMD, RAM 2 GB, ruang kosong harddisk 5 GB, dan menggunakan driver grafis terbaru.

2.     Unduh dan Install BlueStacks

Unduh emulator BlueStacks di laman resminya yaitu www.bluestacks.com. Lalu, klik tombol Install Now. Jika proses install telah selesai, kamu akan melihat tampilan notifikasi Welcome to BlueStacks. Langkah selanjutnya adalah melakukan sign in akun Google.

3.     Pilih Game yang Ingin Dimainkan

Setelah masuk ke akun Google, kamu akan diarahkan menuju Play Store. Di sini, kamu bisa mencari aplikasi game yang ingin dimainkan. Unduh dan install game tersebut di PC untuk memainkannya.

4.     Atur Kontrol Permainan

Apabila game sudah dipasang di PC, kamu bisa melakukan setting untuk mengontrol permainan. Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan default dari BlueStacks. Namun, jika ingin agar setting permainan lebih sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa mengaturnya sendiri.

Emulator Remix OS untuk Bermain Game Android di PC

main game android di pc
Sumber : Fossbytes.com

Selain BlueStacks, kamu juga bisa menggunakan emulator Remix OS. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Unduh Remix OS Player dari website resminya yang berukuran 688 MB. Setelah selesai, install Remix OS Player di PC.
  • Kamu bisa memilih install secara standar atau pengaturan Advance.
  • Lakukan instalasi pada PC. Prosesnya biasanya berlangsung cukup lama, yaitu sekitar 15 menit. Tunggu hingga selesai.

Meskipun menggunakan aplikasi Remix OS, kamu tidak perlu lagi melakukan restart PC jika ingin menggunakan OS Windows. Ada varian terbaru dari aplikasi ini yang dapat dijalankan seperti aplikasi Windows lainnya. Namun, kamu tetap bisa mengakses Google Play Store dan memasang game populer yang ingin dimainkan.

Sebelum memasang aplikasi Remix OS, kamu harus memastikan terlebih dahulu spesifikasi PC sudah sesuai, yaitu Processor Intel Core i5/i7 atau minimum Intel Core i3, RAM 4 GB atau lebih tinggi, sistem operasi Windows 7, 8, dan 10, storage 16 GB (minimum 8 GB).

Nah, kamu bisa memilih menggunakan BlueStacks atau Remix OS sebagai emulator untuk memainkan game Android di PC. Sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi PC yang digunakan. Setelah memasang emulator, kamu pun bisa bermain game dengan lancar di PC tiap saat. Menarik, bukan?

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Game PPSSPP Ukuran Kecil Terbaik, Masih Seru Dimainkan Tahun 2024

Game PPSPP Kecil Terbaik - Meskipun sudah lama sejak PSP dilepas ke pasar, kamu masih bisa bernostalgia dengan game-gamenya melalui emulator PPSSPP. Nah, berikut...