indonesia flag
united-states
Saturday, April 20, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesLengkapi Ponselmu dengan 8 Game RPG Android Offline Favorit Sepanjang Masa

Lengkapi Ponselmu dengan 8 Game RPG Android Offline Favorit Sepanjang Masa

Bicara soal genre game, tentunya akan sulit jika kita sebutkan satu per satu. Namun, kita bisa sepakat bahwa salah satu genre game terpopuler adalah RPG. Dilansir dari Gamebrott, alur cerita bercabang, karakter-karakter yang menarik, musik yang unik, hingga sistem gear crafting yang mendalam menjadi salah satu kelebihan dan ciri khas game RPG.

Karena ciri khasnya tersebut, tidak aneh jika genre ini berhasil menarik minat banyak gamer, terutama di Indonesia. Dilansir dari Daily Social, sebuah survei yang diadakan oleh Agate Studio menunjukkan bahwa RPG bersanding bersama genre strategi dan FPS sebagai tiga genre game terpopuler di Indonesia.

Rekomendasi Game RPG Android Offline Terfavorit

Perkembangan perangkat dan sistem operasi Android, serta teknologi internet turut mendorong menjamurnya game RPG untuk platform ini. Ditambah lagi, dengan hadirnya program emulator, kamu bisa mencoba berbagai game untuk Android dari komputer atau laptopmu.

Sebagian game RPG memang mengusung konsep online game. Namun, ada 8 game RPG Android offline yang juga menjadi pilihan favorit sepanjang masa. Apa saja pilihannya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini!

1. Eternium

game rpg android offline ringan
Sumber : Microsoft.com

Dirilis pertama kali pada tahun 2014, Eternium menjadi salah satu all-time favorite dalam naungan genre RPG. Game ini masih memiliki basis penggemar yang cukup besar dan mendapatkan pembaruan berkala. Dilansir dari Games Catalyst, permainan besutan Making Fun Inc. ini terinspirasi oleh game klasik seperti Torchlight dan Diablo.

Kamu bisa memilih karakter Mage, Warrior, atau Bounty Hunter dalam Eternium dan mendapatkan sekitar 20 skill atau spell. Uniknya, untuk menggunakan spell atau skill, kamu hanya perlu menggambar bentuk sederhana di layar ponsel. Game RPG ini bisa kamu dapatkan dari Google Play Store secara gratis dan mainkan secara offline.

2. Serial Final Fantasy

game rpg android offline yang seru
Sumber : Japanesestation.com

Berawal dari sang OGgame RPG untuk Nintendo di tahun 1987, Final Fantasy berkembang menjadi salah satu cult classic dan franchise terakbar dalam dunia gaming. Ada belasan titel Final Fantasy untuk Android, termasuk game “pindahan” dari konsol. Salah satu opsi offline yang layak dicoba adalah Final Fantasy Brave Exvius.

Dirilis di tahun 2015, game ini merupakan hasil kolaborasi Square Enix dan Alim. Walhasil, game ini menjadi semacam fusion antara Final Fantasy dan Brave Frontier. Karakter-karakter Espers, seperti pada titel-titel FF lainnya, pun muncul dalam game ini. Kamu bisa mengunduh game ini dari Google Play Store secara gratis.

3. Ravensword: Shadowlands

game rpg android offline grafik hd
Sumber : Nintendosoup.com

Dirilis pada tahun 2013, Ravensword: Shadowlands merupakan penerus game sebelumnya, Ravensword: The Fallen King. Dengan konsep open world, game besutan Crescent Moon Games ini akan mengajakmu menyingkap misteri di Kerajaan Tyreas. Kamu pun ditugaskan memenangkan mengembalikan kejayaan kerajaan.

Seperti dalam game RPG lainnya, kamu bisa mengumpulkan berbagai item dan senjata, serta mengembangkan skill untuk melawan musuh. Di Ravensword: Shadowland, kamu juga bisa beralih dari first person view ke third person view atau sebaliknya dengan mudah. Game RPG offline ini dibanderol dengan harga 94 ribu rupiah di Google Play Store.

4. Serial Chaos Rings

best game rpg android offline
Sumber : Techinasia.com

Selain franchise Final Fantasy, Square Enix juga merilis Chaos Rings, serial game RPG yang tidak kalah populer. Installment pertamanya dirilis pada tahun 2010 untuk platform iOS. Namun, game ini pada akhirnya tersedia untuk platform lain, termasuk Android dan Windows. Entri terbarunya, Chaos Rings III dirilis pada tahun 2015.

Chaos Rings III dianggap sebagai installment terpopuler. Dalam game ini, ada 5 karakter yang dapat dimainkan. Kamu akan datang ke kota Neo Paleo untuk menjadi seorang explorer dan melanjutkan perjalanan ke destinasi utama, Marble Blue Planet. Chaos Rings III bisa kamu beli dari Google Play Store dengan harga 189 ribu rupiah.

5. The World Ends with You

top game rpg android offline
Sumber : Youtube.com

Bagi penyuka game dengan latar yang lebih modern seperti One Punch Man, The World Ends with You layak dilirik. Game RPG ini pada awalnya hadir untuk Nintendo DS, tetapi versi Androidnya kemudian dirilis pada tahun 2014. Tidak seperti keluaran-keluaran Square Enix lainnya, game ini menggunakan Shibuya, Tokyo sebagai latar tempatnya.

The World Ends with You menempatkanmu sebagai Neku Sakuraba, bocah remaja yang mendapatkan pesan singkat aneh. Setelah itu, kamu harus melewati perjuangan antara hidup dan mati dalam permainan yang berlangsung selama tiga minggu. The World Ends with You dibanderol dengan harga 209 ribu rupiah di Google Play Store.

6. Serial Dragon Quest

daftar game rpg android offline
Sumber : thegamer.com

Titel-titel keluaran Square Enix masih mendominasi list ini. Serial Dragon Quest merupakan salah satu franchise game RPG terpopuler lintas platform. Installment pertamanya dirilis di tahun 1986 untuk Nintendo. Dragon Quest juga memiliki beberapa spin-off. Serial ini bahkan diadaptasi ke dalam novel, manga, dan anime.

Untuk Android, beberapa installment Dragon Quest hadir sebagai game berbayar. Namun, Dragon Quest of the Stars bisa kamu unduh secara gratis. Game ini hadir dengan karakter-karakter karya mangaka, Akira Toriyama, serta mode multiplayer. Dragon Quest Tact juga tersedia secara gratis dan menawarkan grafis yang lebih menggemaskan.

7. The Last Remnant

kumpulan game rpg android offline
Sumber : Youtube.com

Game RPG yang satu ini sebenarnya sudah terbilang “sepuh”. Meskipun demikian, The Last Remnant menjadi salah satu cult classic RPG. Dirilis pada tahun 2008, game besutan Square Enix ini pada awalnya tersedia untuk Xbox dan Windows. Versi Android dan iOS-nya dirilis di akhir tahun 2019, 11 tahun setelah pionirnya keluar.

The Last Remnant menghadirkan dunia yang dihuni oleh empat kelompok, yaitu Mitra, Yama, Qsiti, dan Sovanis. Kedamaian dunia ini terganggu akibat perang-perang yang dipicu oleh remnant, artefak magis. Ditawarkan sebagai game offline, The Last Remnant bisa kamu dapatkan dengan harga 199 ribu rupiah dari Google Play Store.

8. Serial Witch Spring

game RPG favorit
Sumber : Youtube.com

Nomor terakhir daftar game RPG favorit ditempati oleh serial Witch Spring. Game besutan perusahaan asal Korea Selatan, Kiwi Walks ini dirilis pertama kali pada tahun 2015. Installment terbarunya, Witch Spring 4 dirilis pada tahun 2019. Serial permainan ini tersedia untuk platform iOS, Android, dan TapTap.

Hingga saat ini, terdapat empat game dalam serial ini. Berfokus pada perjuangan seorang penyihir, Witch Spring dan Witch Spring 2 berlatar benua Vavelia. Sementara itu, Witch Spring 3 dan 4 menggunakan latar tempat yang berbeda. Witch Spring hadir sebagai game berbayar dengan harga 13-76 ribu rupiah di Google Play Store. Sementara itu, Witch Spring 2 Lite hadir sebagai opsi gratis.

Itulah 8 pilihan game RPG Android offline favorit sepanjang masa yang layak kamu coba. Beberapa game yang disebutkan memang merupakan game berbayar. Kalau kamu tertarik membelinya, kamu bisa menggunakan saldo Google Play. Kunjungi UniPin untuk membeli voucher Google Play. Ada beragam nominal yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ragam metode pembayaran yang tersedia pun akan memudahkan proses transaksimu.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Cheat 8 Ball Pool, Apakah Aman?

Ingin menguasai 8 Ball Pool dengan lebih mudah? Kamu bisa mencoba trik keren yang bisa memberikanmu keunggulan dalam permainan! Salah satunya adalah menggunakan cheat...