indonesia flag
united-states
Thursday, April 25, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeLokapalaLokapala untuk Pemula: Review dan Tips Bermain

Lokapala untuk Pemula: Review dan Tips Bermain

Sepertinya, permainan dengan genre Multiplayer Online Battlefield Arena atau biasa disebut MOBA menjadi tipe permainan yang diminati, ya? Terbukti, di Indonesia sendiri, genre permainan ini bisa dibilang paling sering diunduh dan dimainkan. Sebut saja Arena of Valor dan Mobile Legends Bang Bang. Kepopuleran game besutan luar negeri ini ternyata membuat kreator Tanah Air tergelitik untuk membuat permainan serupa, yaitu Lokapala.

Gim ini dibuat oleh Anantarupa Studios dan merupakan permainan ber-genre MOBA pertama yang berhasil dibuat oleh anak bangsa. Meski begitu, nama Anantarupa sendiri sebenarnya sudah tak asing lagi di dunia permainan online. Pasalnya, Anantarupa sendiri telah berhasil menciptakan beberapa permainan untuk Android. Kabarnya, game tersebut sangat erat dengan budaya Indonesia, lho!

Lokapala sendiri memiliki fitur andalan yaitu 5 vs 5 battle. Tujuan utama dari mode permainan ini adalah menghancurkan tower yang ada di base musuh. Namun, untuk bisa menuju ke area tersebut, kamu tentu harus melawan ksatriya dari tim musuh dengan kemampuan yang tak kalah hebatnya.

Tak hanya itu, permainan ini juga punya fitur yang bisa dibilang unik. Setiap tim berhak mengikuti berbagai turnamen eSport. Turnamen ini tentu menjadi kesempatan terbaik buat para pemain membentuk tim yang benar-benar solid dan mengasah kemampuan semua karakter yang dimiliki supaya bisa menang turnamen.

Review Lokapala, Apa Saja yang Menarik?

gameplay lokapala

Lokapala: Saga of the Six Realms secara resmi dirilis pada tahun 2020 lalu. Membawa serta budaya Indonesia yang begitu kental, apa saja hal menarik yang dimiliki gim buatan dalam negeri ini?

1.     Nuansa Nusantara yang Khas

Daya tarik utama dari Lokapala bisa kamu rasakan dengan kehadiran para karakternya yang sangat kental dengan tokoh-tokoh Indonesia, baik yang berasal dari legenda maupun mitos. Terdapat enam hero yang bisa kamu mainkan dalam permainan ini, seperti Tank, Support, Fighter, Assassin, Mage, dan Marksman. Ketika pertama dirilis, sudah ada sekitar 15 hero yang bisa dipakai.

2.     Inovasi yang Jadi Ciri Khas

Tak berbeda dengan permainan berkonsep MOBA yang memiliki three line map, Anantarupa pun membuat hal serupa untuk gim yang dibuatnya. Namun, ada bagian yang berbeda dari map Lokapala, yaitu adanya jalan pintas yang bisa kamu temukan pada bagian bottom dan top line. Lalu, jika pada permainan Mobile Legends terdapat Lord dan Turtle sebagai monster buff pada area tengah, Lokapala menghadirkan keduanya pada side lane.

3.     Fitur yang Terbatas

Sebagai produsen gim Lokapala, Anantarupa memiliki banyak sekali tugas untuk membuat permainan ini layak bersaing dengan gim bergenre serupa. Salah satunya adalah aspek fiturnya. Hanya ada tiga mode permainan yang bisa kamu coba, yaitu classic, ranked, dan custom. Lalu, sepertinya perlu penambahan tutorial untuk para pemain MOBA pemula yang ingin menjajal serunya bermain permainan ini. Jadi, para pemain akan lebih mudah mengerti aturan ataupun hal baru yang disematkan pada game tersebut.

Mungkin, kamu mendapati bahwa butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa memenangkan pertandingan dalam permainan bergenre MOBA. Namun, pada permainan Lokapala, terdapat sistem yang bisa membuat kamu memenangkan pertempuran dengan lebih cepat. Ini bisa berupa kemampuan-kemampuan unik, menggunakan item khusus seperti kendaraan atau emblem. Meski begitu, semuanya juga bergantung pada seberapa cermat kamu memilih dan menentukan strategi permainan.

Tips Bermain Game Lokapala

review lokapala

Tertarik untuk memainkan gim karya anak bangsa ini? Jika kamu masih pemula, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menang main permainan MOBA ini dengan mengikuti tips berikut:

1.     Pastikan Koneksi Internet Stabil

JIka membicarakan permainan daring, koneksi internet stabil jadi kunci utama permainan berjalan lancar dan meningkatkan peluang kamu untuk menang. Pasalnya, kalau koneksi internet kamu tidak lancar atau naik turun, kamu bisa mengalami lag saat bermain. Tentunya hal ini akan mengganggu keseruan kamu saat main, kan? Belum lagi, kamu justru akan sulit menang kalo koneksi internet kacau.

2.     Berfokus pada Tower

Tips kedua yang perlu kamu tahu supaya bisa menang mudah saat main permainan MOBA Lokapala adalah berfokus pada tower. Kamu boleh kok membunuh lawan-lawanmu saat bermain karena memang kamu harus melakukannya untuk bisa sampai ke tower base musuh. Namun, pastikan kamu tidak terlalu berfokus pada hal tersebut, ya! Hanya berfokus pada tower untuk menang mudah.

3.     Pakai Item yang Cocok dengan Kondisi Ksatriya

Hal lain yang berpengaruh terhadap kemenangan kamu dalam pertandingan adalah item yang kamu pakai. Perhatikan, jangan sampai kamu keliru mengombinasikan item dan ksatriya yang kamu gunakan, ya! Misalnya, kamu sedang menggunakan hero atau ksatriya tipe marksman, tetapi item yang kamu pakai justru seharusnya untuk ksatriya mage. Bukan menang, kamu malah lebih mudah dikalahkan.

4.     Tentukan Ksatriya Andalanmu

Tentu saja, kamu harus pakai ksatriya andalan untuk bisa menang di pertandingan. Jangan lupa bahwa Lokapala adalah permainan tim, kalau kamu salah pilih karakter, bisa-bisa tim kamu akan mudah dikalahkan. Salah satu rekomendasi ksatriya yang bisa kamu pakai adalah Binara, tipe ksatriya assassin dengan kemampuan yang bisa dikatakan sangat mumpuni. Menggunakan karakter ini akan membawa kamu dan tim menang pertandingan dengan mudah.

Binara sendiri memiliki kemampuan pasif berupa Sahasya Binara. Kamu bisa terus meningkatkan kemampuannya hingga pada level 1 (Lampha Vikasta), level 2 (Nyanya Claws), dan level 3 (Ghatokbahini). Nah, supaya kamu bisa membeli karakter ksatriya ini dan lainnya yang punya kemampuan super hebat, kamu perlu menukarkan Citrine yang kamu punya. Jangan khawatir kalau Citrine kamu belum cukup, kamu bisa dengan mudah melakukan top up melalui UniPin.

Tersedia banyak pilihan nominal top up sesuai dengan kebutuhanmu. Tidak hanya itu, UniPin juga memudahkan kamu membayar top up dengan menyediakan beragam cara pembayaran. Pastinya, main game apa saja akan semakin seru dan menyenangkan karena sudah top up voucher di UniPin.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

10 Rekomendasi Game Seru untuk Perempuan

Lagi bosan dan butuh game seru buat ngisi waktu luang? Nah, coba deh nih, ada 10 rekomendasi game seru untuk perempuan yang bisa banget...