indonesia flag
united-states
Saturday, April 20, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeAnother EdenPecinta RPG, Kamu Wajib Coba Another Eden

Pecinta RPG, Kamu Wajib Coba Another Eden

Penggemar genre RPG rupanya masih menjamur hingga sekarang. Lahirnya puluhan hingga ratusan game, seperti Final Fantasy, Pokemon, Undertale, Dragon Quest, dan lainnya, merupakan bukti nyata dari “besarnya” pasar permainan tipe RPG massal ini.

Kali ini pembahasan akan berfokus pada salah satu game RPG yang sedang digandrungi dalam dua tahun terakhir ini, yaitu Another Eden (dalam tulisan ini disingkat AE).

Tentang Another Eden

another eden wallpaper
Sumber : Dewa.gg

Game ini adalah salah satu dari puluhan permainan peran, baik single atau multiplayer, yang direkomendasikan oleh banyak gamer (sumber: UP Station). Yuk, bahas lebih jauh!

Pengembang dan Tahun Rilis

Perusahaan yang bertanggung jawab akan permainan apik ini adalah Wright Flyer Studio (WFS Inc.), sebuah pengembang game berbasis di Jepang.

AE adalah proyek pertama dari WFS Inc. Sebab itulah, tim pengembang pasti memberikan usaha terbaik dalam mengembangkan masterpiece-nya. Lalu, sekira dua tahun lalu, yaitu 25 Juni 2019, WFS Inc. merilis karya pertamanya yang fenomenal.

Terbukti permainan RPG ini telah di-download setidaknya oleh 1 juta pengguna Android dengan Another Eden Review dan rating mengesankan.

Gameplay

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa permainan yang dibahas kali ini bertipe RPG, artinya Role-Playing Game.

Bila diterjemahkan game tersebut adalah permainan yang dimainkan dengan cara bermain peran. Jadi, sepanjang permainan, player diminta untuk mengendalikan aksi sebuah karakter yang disebut, Avatar. Karakter Avatar ini membawa macam-macam atribut mulai dari tampilan fisik hingga skill tarung. Gamer biasanya menciptakan Avatar mereka di awal permainan.

Sungguh, RPG adalah sebuah permainan tanpa batas yang memiliki candu kuat karena pemain akan menikmati sensasi menyenangkan berada dalam sebuah dunia misi yang luas ditemani setting, item, musuh, teman, dan lain-lain. Cek di sini buat informasi detail mengenai RPG!

Genre RPG ini tentu berpengaruh besar pada Another Eden gameplay. Kamu akan secara otomatis merasakan pengalaman bermain RPG klasik. Bagaimana tidak? Alur permainan yang dimulai dari mendapatkan karakter, menaikkan level karakter, mengganti senjata/peralatan karakter, dan juga mengasah keterampilan yang diperoleh memiliki kesamaan aliran gameplay tradisional.

Alur gameplay AE yang lebih menunjukkan sisi klasik adalah kamu memiliki anggota sebanyak enam karakter dalam satu tim. Tiap tim memiliki tujuan untuk menurunkan HP musuh. Kamu dianggap pemenang jika mampu melakukannya.

Musik

Bergairah tidaknya sebuah permainan tidak hanya dilihat tetapi juga didengar. Benar, pemilihan audio (terutama musik) tentu juga mempengaruhi pengalaman bermainmu terhadap sebuah game.

Itulah mengapa tim pengembang menggandeng beberapa komposer terkenal. Menurut laman Nawala Karsa, ada tiga nama hebat terlibat, seperti Yasunori Mitsuda (proyek sebelumnya: Chrono Trigger dan Xenogears), Mariam Abounnasr (proyek sebelumnya: Xenoblade 2 dan Valkyria Revolution), dan Shunsuke Tsuchiya (proyek sebelumnya: Luminous Arc 2 dan Arc Rise Fantasia).

Hasilnya, pemakaian musik latar sangat sesuai dengan kondisi permainan. Kamu akan mendapati tempo lagu berubah menjadi tinggi saat pertarungan berlangsung dan tempo lagu berubah menjadi rendah saat sedang bersantai. Dengan begitu, kamu dijamin makin menikmati cerita yang disajikan dengan musik terbaik yang mengiringi.

Gacha

Satu hal yang seru dari seluruh game keluaran Jepang adalah adanya sistem Gacha, artinya ada andil keberuntungan untuk mendapatkan item dan karakter yang dibutuhkan. Namun begitu, sistem Gacha tidak diterapkan pada keseluruhan permainan Another Eden karena kamu tetap harus menjalankan peran untuk membuka karakter baru.

Gacha sendiri sebenarnya adalah sebutan singkat untuk Gashapon, sebuah mesin penjual mainan otomatis di Jepang. Mainan-mainan tersebut biasanya terbungkus dalam sebuah kapsul dan dikeluarkan secara acak. Jika beruntung, pemain akan mendapatkan item yang diinginkan. Namun, bila tidak, pemain akan mencoba lagi. Tenang saja! Tarif masih tergolong wajar kok.

Menu

Menu dalam aplikasi AE sangatlah sederhana sehingga mudah dioperasikan tanpa harus melihat video tutorial. Keberadaan menu mendukung peningkatan karakter, senjata/peralatan tempur, dan banyak lagi.

Karakter

Karakter dalam dunia AE ditawarkan beberapa tingkatan, yakni 5 hingga 3 bintang. Terdapat banyak karakter dalam tiap leveling ini. Selain itu, karakter juga memiliki elemen yang berbeda-beda, contohnya water, fire, earth, dan lainnya.

Bukan hanya elemen, jenis senjata pun berbeda tiap karakter. Salah satu contoh karakter bintang empat AE yang disukai gamer adala Miyu dan Pom. Senjata yang digunakannya adalah pedang (Miyu) dan tongkat sihir (Pom).

Tambahan lagi, Miyu memiliki elemen api.  Sedangkan Pom memiliki elemen cahaya.

Story

Cerita awal dimulai dengan kisah Aldo dan adiknya (Feinne). Aldo harus berhadapan dengan raja iblis yang ingin memanfaatkan adiknya sebagai objek pemusnahan manusia di muka bumi.

Bisakah Aldo menyelamatkan adiknya? Di tengah rasa putus asa yang melandanya, Aldo mengalami distorsi waktu dan terdampar ke masa depan. Selanjutnya, pertualangan karakter Aldo di dunia fantasi dimulai.

Cerita terus bergulir sehingga menampilkan cerita permainan yang menembus ruang dan waktu. Epic-nya cerita AE tidak terlepas dari campur tangan Masato Kato, seorang penulis legendaris dari banyak proyek game, antara lain Chrono Trigger, Chrono Cross, dan Baten Kaitos.

Bagaimana Tanggapan Pengguna Terhadap Another Eden?

another eden gameplay
Sumber : Youtube.com

AE masuk sebagai game paling digemari hingga sekarang. Saking favoritnya, Game ini telah berhasil menarik minat lebih dari 1 juta pemain untuk mengunduh aplikasi Another Eden Playstore. Tak main-main, rating yang didapatnya pun terbilang tinggi yakni 4.5 bintang. Mengapa begitu?

Setidaknya ada tujuh alasan AE menjadi sangat menarik, yaitu:

  1. Sajian cerita ringan nan mengesankan.
  2. Fitur lengkap dan detail.
  3. Grafik memukau.
  4. Pilihan karakter beragam.
  5. Musik terbaik.
  6. Alur permainan menyajikan nuansa klasik sekaligus modern (melampaui batasan ruang dan waktu).
  7. Another Eden Wallpaper keren.

Itu tadi ulasan mengenai permainan Another Eden. Jika ingin bebas mencari informasi seputar game, top-up, dan lainnya, kamu sebaiknya mengunjungi laman UniPin. Di sana, kamu tidak hanya akan menemukan satu jenis game saja, tetapi puluhan hingga ratusan game tersedia. Tidak hanya itu kamu juga bisa melakukan pembelian voucer melalui Jenius Pay, GoPay, Indomaret, dan lainnya.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Cheat 8 Ball Pool, Apakah Aman?

Ingin menguasai 8 Ball Pool dengan lebih mudah? Kamu bisa mencoba trik keren yang bisa memberikanmu keunggulan dalam permainan! Salah satunya adalah menggunakan cheat...