indonesia flag
united-states
Sunday, March 24, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeNewsRagnarok X: Next Generation, MMORPG Fantasi Klasik Rasa Baru

Ragnarok X: Next Generation, MMORPG Fantasi Klasik Rasa Baru

Kangen bermain Ragnarok? Penggemar lama Ragnarok patut berbahagia. Pasalnya, MMORPG fantasi legendaris tersebut kini hadir dengan “rasa” baru. Penasaran?

Perkenalkan, Ragnarok X: Next Generation—atau yang juga bisa disingkat sebagai ROX! Gim ini masih mengusung tema yang sama dengan Ragnarok zaman dahulu. Namun, Ragnarok X dikemas dengan beragam fitur dan konten yang lebih segar. Jadi, para pemain tidak hanya menikmati nuansa klasiknya, tetapi juga merasa betah dengan isi gim yang telah dikembangkan dan diperbarui.

Mau tahu lebih lanjut tentang ROX? Apakah benar ada hal-hal yang membedakannya dari Ragnarok “jadul”? Yuk, simak ulasan ringkas berikut!

Pengenalan Ragnarok X: Next Generation

Pada Juni 2021, Nuverse meluncurkan gim berjudul Ragnarok X: Next Generation (ROX) untuk wilayah Asia Tenggara. Gim ini dapat dimainkan dengan perangkat berbasis Android dan iOS. Ragnarok X bukanlah gim Ragnarok mobile pertama—mengingat ada Ragnarok M: Eternal Love, Ragnarok Origin, dan Ragnarok M: Love at the First Sight. Meskipun demikian, gim ini memiliki karakteristik dan konten yang berbeda dengan versi-versi pendahulunya.

Apa yang membuat ROX unik? ROX didesain dengan gaya grafis 3D mungil dan menggemaskan, baik karakter maupun visual lingkungannya. Kemudian, dari segi penyampaian cerita, ROX menyuguhkan sejumlah cutscene yang memperkuat plot. Konten ini berbeda dengan versi-versi Ragnarok lain yang hanya mengandalkan kotak teks obrolan antartokoh. Tak ketinggalan, ada fitur Life Skill yang dapat dipilih sesuai gaya bermain karakter.

Daftar Job di Ragnarok X

Sama dengan MMORPG pada umumnya, ROX mengharuskan pengguna untuk menentukan peran yang akan dimainkan selama berada di gim. ROX mengusung 6 job dasar yang persis dengan versi-versi sebelumnya. Hanya saja, tidak ada opsi job alternatif seperti di Ragnarok Online. Mari simak Ragnarok X class guide berikut!

1. Swordsman

Peran ini ditujukan sebagai barisan terdepan dalam sebuah tim, baik untuk pertahanan maupun penyerangan. Swordsman diberkahi status yang seimbang sehingga dapat berguna di berbagai medan pertempuran. Job ini dapat ditingkatkan menjadi Knight dan Lord Knight.

2. Archer

Archer merupakan peran andalan untuk menembus pertahanan musuh. Berkat kemampuannya dalam membidik jitu, sekalipun hingga jarak yang sangat jauh, Archer sangat cocok untuk pemain yang gemar melibatkan konsentrasi tinggi. Peran ini bisa ditingkatkan menjadi Hunter dan Sniper.

3. Mage

Mage berperan sebagai pengendali sihir dengan jangkauan serangan yang luas. Selain itu, job ini mampu mengeluarkan damage yang sangat mematikan. Mage dapat ditingkatkan menjadi Wizard dan High Wizard.

4. Acolyte

Pada dasarnya, Acolyte merupakan job tipe support di ROX. Peran ini memberikan dukungan melalui skill penyembuhan, penambahan buff pada tim, atau memberikan debuff pada musuh. Acolyte bisa ditingkatkan ke Priest dan High Priest.

5. Thief

Thief bukanlah sekadar pencuri biasa. Peran ini memiliki gaya bertarung secepat kilat sekaligus bertahan dengan bersembunyi di balik kegelapan. Thief dapat ditingkatkan menjadi Assassin dan Assassin Cross.

6. Merchant

Merchant merupakan pandai besi yang mahir meningkatkan kekuatan perlengkapan tempur miliknya maupun melihat titik kelemahan musuh. Job dengan daya hancur tinggi ini bisa ditingkatkan ke Blacksmith dan Whitesmith.

Panduan Equipment Ragnarok X

Berikutnya, ada Ragnarok X weapon guide yang perlu kamu perhatikan:

1. Tipe Equipment

ROX mempunyai 4 tipe equipment yang bisa dibedakan menurut warna bingkainya. Sebut saja—dari yang paling mudah diperoleh hingga yang paling langka—Instance Equipment (putih), Crafted Equipment (biru), Valkyrie Equipment (ungu), dan MVP/Mini Equipment (emas). Masing-masing tipe bisa diperoleh dengan cara yang berbeda, misalnya, lewat crafting, berburu, MVP Dungeon, Gacha, atau toko NPC.

2. Upgrade

Tidak hanya menaikkan level, kamu juga bisa meningkatkan stat pada equipment. Caranya? Pertama-tama, kunjungi NPC Hollgrehenn di Prontera Square atau kota-kota besar. Kemudian, berikan material yang dibutuhkan untuk upgrade pada NPC tersebut. Material bisa kamu dapatkan melalui dua Life Skill, yakni Fishing dan Smelting.

3. Refine

Ingin meningkatkan status equipment lebih lanjut? Kamu harus mengumpulkan material dari Smelting, misalnya, Elunium untuk tameng, Oridecon untuk senjata, dan Bradium untuk aksesori. Kemudian, pergilah ke NPC Magic Furnace di kota-kota besar yang tersebar di daratan Midgard dan mulai proses Refine.

4. Enhancement

Fitur yang satu ini mengandalkan keberuntungan. Pasalnya, status yang diperoleh dari proses Enhancement adalah random—bisa naik dan bisa juga turun. Kamu memerlukan Enhancement Stone yang didapat dari Gardening dan Mining. Setelah itu, barulah equipment bisa dibawa ke NPC Lil’ Kitty di Prontera.

Panduan Life Skill Ragnarok X

Inilah konten yang membedakan ROX dengan versi RO lainnya. Kamu dapat menentukan Life Skill sesuai gaya bermain karakter. Perhatikan Ragnarok X life skill guide singkat berikut!

  • Fishing

Life Skill yang berguna untuk mengumpulkan berbagai jenis material untuk pembuatan aneka item.

  • Mining

Tekuni Life Skill ini untuk memperoleh bahan-bahan tambang yang berguna untuk pembuatan equipment.

  • Gardening

Setelah mengumpulkan tanaman dengan Life Skill ini, kamu dapat menggunakan hasil panen untuk memasak, crafting, atau diberikan kepada NPC.

  • Smelting

Life Skill yang ditujukan untuk menempa equipment hasil Gardening, Mining, dan Fishing.

Menarik, kan? Bagi kamu yang sudah akrab dengan versi gim Ragnarok zaman dahulu, memainkan Ragnarok X: Next Generation pastinya membuatmu merasakan nostalgia dibalut pengalaman baru. Namun, bukan berarti gim ini hanya bisa dimainkan oleh penggemar lama, lo! Ragnarok X juga cocok dimainkan oleh para pemula yang belum pernah mengetahui jalan cerita, gameplay, maupun konten-konten khasnya.

Biar permainan semakin seru, jangan lupa top up ROX melalui UniPin! Sebagai platform jual beli konten digital legal, UniPin menawarkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi bagi gamers yang ingin memenuhi kebutuhan gim mereka. Jadi, kamu bisa top up ROX secara praktis tanpa takut akun gim ter-banned akibat transaksi ilegal.

Tunggu apa lagi? Mainkan ROX sekarang juga!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Eleventastic! Sambut Game Bloodstrike bersama UniPin dan Dapatkan FREE Credits!

Hai, Sahabat UniPin Makin fantastik di bulan sebelas sambil sambut game terbaru dari Netease, Bloodstrike! Top up game pertama kali dan dapatkan 10.000 UniPin Credits secara...