indonesia flag
united-states
Wednesday, April 24, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeRagnarok XTips Build Ragnarok X Wizard: Stat, Skill, dan Equipment

Tips Build Ragnarok X Wizard: Stat, Skill, dan Equipment

Siapa yang kangen dengan daratan Midgard dan ibu kota Prontera? Pemain MMORPG veteran pasti tidak asing dengan kedua lokasi tersebut. Ya! Apa lagi kalau bukan peta dari gim Ragnarok? Ragnarok Online (2002) memang masih “hidup” hingga sekarang. Belum lagi, dilansir oleh Go Full Build, gim ini masih diramaikan oleh 33 ribu pemain per harinya pada 2020.

Namun, perkembangan zaman membuat banyak pemain perlahan meninggalkan Ragnarok Online. Demi menggaet mereka kembali, Nuverse dan Gravity Korea meluncurkan Ragnarok X: Next Generation untuk perangkat iOS dan Android pada Juni 2021. Gim ini masih mengusung opsi job klasik, salah satunya seperti Ragnarok X Wizard.

Pencinta job tipe sihir dan serangan jarak jauh pastinya akan betah memainkan Wizard. Itu karena job ini sangat serbaguna di macam-macam mode dan mampu menghabisi banyak lawan sekaligus dengan keluaran damage yang besar. Nah, supaya petualangan di daratan Midgard semakin seru, jangan lupa terapkan tips build Wizard berikut!

Pengenalan Job Wizard

Ragnarok X Wizard merupakan tingkatan lebih lanjut dari Mage. Pemain yang ingin menjadi Wizard harus meningkatkan peran mereka sebagai Mage terlebih dahulu hingga mencapai batas level minimum. Setelah memenuhi persyaratan Job Level, pemain perlu menyelesaikan sejumlah tugas, seperti Battle Test, Written Test, dan Item Collection Test. Apabila tugas sudah beres, pemain yang ingin naik tingkatan menjadi Wizard harus datang ke Geffen Tower.

Job yang satu ini merupakan pengguna sihir ofensif yang sangat kuat. Wizard dapat bergabung dalam barisan depan, tengah, maupun belakang. Job ini mampu menyerang dengan damage yang mematikan sekaligus menembus garis pertahanan musuh dengan skill AoE (Area of Effect). Itulah yang membuat Wizard sangat fleksibel, baik dalam mode PvE maupun PvP.

Rekomendasi Stat untuk Wizard

Ragnarok X Wizard bisa dikatakan sebagai job serbaguna. Pasalnya, job ini dapat dikembangkan menjadi berbagai macam tipe penyerang. Nah, supaya lebih jelas, perhatikan stat untuk masing-masing build berikut!

1. Tipe Ice/Lightning

Mage rasa support, begitulah kalimat yang mampu menggambarkan build ini. Tipe Ice/Lightning cocok untuk pemain yang kurang suka mengisi posisi DPS, tetapi tidak ingin menggunakan job Acolyte. Build ini sangat bagus untuk mengendalikan pergerakan lawan.

Beberapa status yang dibutuhkan tipe Ice/Lightning adalah INT dan DEX, yakni dua status yang diandalkan untuk menaikkan keluaran damage dan kecepatan serangan. Tipe Ice/Lightning mudah dipakai, pas untuk menghambat pergerakan musuh, dan menghemat pemakaian HP dan SP. Namun demikian, build ini kurang cocok untuk PvP.

2. Tipe Fire/Earth

Suka AFK sambil farming? Kalau begitu, tipe Fire/Earth harus kamu pakai sehari-hari! Build ini mampu menyeimbangkan pengeluaran damage, bahkan dapat memberikan efek CC (Crowd Control). Selain itu, aktivasi skill juga lebih singkat dan mampu membuat karaktermu bertahan lebih lama. Namun, karena pengaturannya yang ditujukan untuk kestabilan damage, serangan tipe Fire/Earth tidak terlalu mematikan. Build ini memerlukan dua status utama: INT (damage) dan DEX (attack speed).

3. Tipe Fire/Ghost

Gemar memainkan mode PvP? Jangan sampai lewatkan build yang satu ini. Tipe Fire/Ghost sangat andal dalam memaksimalkan damage sehingga membuat musuh kalang kabut. Kamu pun bisa mengatur aktivasi skill lebih singkat, bahkan mampu bertahan melawan musuh yang unggul akibat buff. Hanya saja, apabila kurang di-build dengan benar, kemampuan Cast Time dari tipe ini terbilang lama. Berikut beberapa status yang perlu kamu tingkatkan:

  • INT — Meningkatkan pengeluaran damage yang berguna untuk membabat habis lawan.
  • VIT — Menambah ketahanan dan HP Pool sehingga dapat menaikkan durasi pertempuran.
  • DEX — Mempersingkat pengaktifan skill dan meningkatkan kecepatan serangan.

Panduan Skill Wizard

Pemain Ragnarok X Wizard sudah seharusnya memperhatikan susunan skill yang perlu diaktifkan selama pertarungan. Supaya tidak asal-asalan, ikuti Ragnarok X Wizard skill guide berikut!

1. Tipe Ice/Lightning

  • Jupitel Thunder Level 1p
  • Energy Coat Level 10
  • Storm Gust Level 10
  • Frost Nova Level 10
  • Lord of Vermilion Level 10
  • Soul Drain Level 10

2. Tipe Fire/Earth

  • Energy Coat Level 10
  • Napalm Beat Level 10
  • Kindle Level 10
  • Sight Level 10
  • Fire Pillar Level 10
  • Soul Drain Level 10

3. Tipe Fire/Ghost

  • Energy Coat Level 10
  • Kindle Level 10
  • Sight Level 10
  • Napalm Beat Level 10
  • Fire Pillar Level 10
  • Soul Drain Level 10

Equipment Wizard Terbaik

Tak ketinggalan, kamu harus benar-benar mencermati jenis equipment yang tepat untuk Ragnarok X Wizard build. Sebisa mungkin, fokuslah pada build PvP karena job ini memang sudah kuat dari segi serangan AoE—PvE bukanlah masalah besar. Yuk, ikuti rekomendasi equipment Ragnarok X Wizard berikut!

  • 1-Handed Staff — Memiliki MATK yang tidak terlalu tinggi, tetapi bagus dikombinasikan dengan tameng untuk meningkatkan jumlah HP dan daya tahan.
  • 2-Handed Staff — Mempunyai MATK yang sangat tinggi sehingga cocok untuk penyerangan. Equipment ini biasanya juga dilengkapi dengan status Vigor/Haste yang bagus untuk mempersingkat Skill CD dan Cast Time.

Sekian tips build Ragnarok X Wizard yang dapat kamu terapkan ke karaktermu. Job serbaguna ini akan menjadi sobat penjelajahan terbaik apabila di-build semaksimal mungkin. Pastikan bahwa skill, stat, dan equipment yang terpasang di karakter sudah tepat. Salah menerapkan build hanya akan membuatmu mudah dikalahkan pemain lain sekaligus sulit menyelesaikan misi harian.

Ingin meng-upgrade Knight lebih cepat? Yuk, top up Diamonds ke akunmu melalui UniPin! Diamonds memang bisa diperoleh dari misi, tetapi akan terkumpul lebih lama ketimbang langsung top up. Top up di UniPin sangat mudah, cepat, dan aman. Terlebih, platform ini telah bekerja sama secara resmi dengan Ragnarok X sehingga menghindarkan akunmu dari ban akibat transaksi ilegal.

Apakah ROX Wizard guide kali ini membantu? Jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar dan klik “share”, ya!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Tips Build Ragnarok X Priest: Stat, Skill, dan Equipment

Penggemar Ragnarok pasti tidak mau ketinggalan untuk menjajal Ragnarok X: Next Generation. Gim yang dirilis pada Juni 2021 ini telah memperoleh lisensi resmi dari...