indonesia flag
united-states
Thursday, April 18, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeRagnarok XPanduan Build Ragnarok X Blacksmith: Stat, Skill, dan Equipment

Panduan Build Ragnarok X Blacksmith: Stat, Skill, dan Equipment

Bagi pemain yang sudah berkecimpung lama di dunia MMORPG, Ragnarok menjadi satu dari sekian gim yang paling melekat di hati. Tak heran, ketika Nuverse mengumumkan peluncuran Ragnarok X: Next Generation pada pertengahan 2021, para gamers menyambut gim tersebut dengan hangat. Ragnarok X merupakan versi terbaru dari Ragnarok Online (2002). Grafis 3D bergaya anime, peta Midgard, mekanisme pertarungan simpel, serta pilihan job dan equipment-nya yang beragam membuat gim ini terasa familier, tetapi dengan bumbu segar.

Bicara tentang job, ada opsi job yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Blacksmith. Ragnarok X Blacksmith dikenal sebagai pandai besi yang andal dalam meningkatkan kekuatan equipment-nya sekaligus melakukan serangan destruktif berdaya tinggi. Job ini tidak hanya menantang untuk dicoba pengguna baru, tetapi juga menawarkan pengalaman bermain yang unik.

Ingin menjajal Blacksmith? Yuk, ketahui lebih lanjut dan tingkatkan kekuatan Blacksmith-mu dengan membaca panduan berikut!

Pengenalan Job Blacksmith

Build Ragnarok X Blacksmith

Ragnarok X Blacksmith merupakan tingkatan lebih lanjut dari job Merchant. Bisa dikatakan, Blacksmith menjadi job tingkat kedua yang paling kuat di gim ROX. Job ini sangat andal dalam menyerang satu target. Meski begitu, Blacksmith didukung dengan satu skill AoE multitarget dengan efek Knockback dan jarak yang terbatas—sehingga mampu mengatasi musuh yang berkerumun.

Keunikan dari Blacksmith adalah kemampuan mereka untuk menempa senjata lebih jauh lagi. Pemain yang menggunakan job ini dapat menguasai elemen Fire, Water, Earth, dan Wind sekaligus menaikkan pengeluaran damage. Sebagai pengguna baru yang menyukai tantangan dan rela mengeluarkan modal lebih banyak, mengembangkan Blacksmith bisa menjadi opsi yang menyenangkan.

Sebelum berubah menjadi Blacksmith, pemain berperan Merchant harus menaikkan level karakter ke batas minimum sesuai persyaratan. Adapun tugas yang perlu diselesaikan Merchant sebelum pergantian job, yakni Written Test dan Item Collection. Ketika tugas telah komplet, pergilah ke Einbroch untuk naik ke tingkat Blacksmith.

Rekomendasi Stat untuk Blacksmith

Ragnarok X Blacksmith perlu di-build dengan stat yang tepat agar performa bertarungnya lebih maksimal. Salah memasang stat tidak hanya memengaruhi performamu di medan pertempuran, tetapi juga membuatmu kehilangan equipment yang berharga. Berikut ROX Blacksmith stat yang disarankan untukmu!

1. PVP

Build yang satu ini memerlukan STR yang sangat tinggi untuk dapat menghasilkan damage sebesar mungkin. Selain itu, Blacksmith dengan build PVP butuh status DEX dan VIT secukupnya. DEX ditujukan untuk penghematan Cast Time dan Haste. Sementara itu, VIT digunakan untuk menaikkan daya tahan Blacksmith. Jangan lupa untuk memasang equipment dengan status Haste untuk menurukan Skill CD.

2. MVP

Jika kamu berencana menjadi MVP, maksimalkan status STR untuk memperoleh keluaran damage yang mematikan. Selain itu, tambahkan pula DEX sebanyak mungkin untuk mempercepat serangan. Kemudian, apabila ada poin yang masih tersisa, naikkan status VIT agar Ragnarok X Blacksmith-mu bisa sedikit bertahan lebih lama. Kamu juga dapat menambahkan status LUK untuk meningkatkan keberuntungan.

Panduan Skill Blacksmith

Sudah memasang rekomendasi stat di atas? Kalau begitu, saatnya menyusun skill yang efektif dan efisien untuk Ragnarok X Blacksmith. Sebenarnya, kombinasi skill dari job ini dapat diatur sesuai selera. Namun, apabila belum memahami setiap skill, bisa-bisa karaktermu melemah dan menjadi bulan-bulanan musuh. Berikut ROX Blacksmith skill guide yang perlu kamu cermati!

1. Hammerfall

Hammerfall merupakan skill penghasil damage AoE dan efek Stun. Blacksmith akan menggempur tanah, mengeluarkan physical damage sebesar 75 persen ATK ditambah  240 poin. Skill Hammerfall mempunyai 23 persen kemungkinan untuk memberikan Stun pada 1–8 target selama 2 detik.

  • Cooldown: 10 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jangkauan serangan: 4 meter
  • Cost: 20 SP

2. Savage Slash

Savage Slash mengunci musuh selama 1 detik dan menyerang sebanyak 5 kali. Serangan tersebut menghasilkan total physical damage sebanyak 190 persen AGI dikali ATK.

  • Cooldown: 16 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jangkauan serangan: 2 meter
  • Cost: 30 SP

3. Cart Hurl

Cart Hurl meluncurkan Cart ber-damage 120 persen ATK ditambah 360 poin kepada musuh yang searah dengan jangkauan serang. Cart akan berdiam selama 5 detik setelah mencapai jarak maksimum. Saat mengaktifkan skill ini kembali, Blacksmith akan meluncur ke lokasi Cart dan memberikan besaran damage yang sama kepada musuh di sekitar. Setelah mempelajari Weight Utility, damage Cart Hurl akan bertambah sampai maksimal.

  • Cooldown: 10 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jangkauan serangan: 8 meter
  • Cost: 20 SP

4. Adrenaline Rush

Adrenaline Rush mampu meningkatkan Attack Speed final sebanyak 5 persen untuk semua anggota tim. Efek skill ini akan hilang apabila kawan satu kelompok berjarak lebih dari 30 meter dengan posisi Blacksmith.

  • Cooldown: 40 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jangkauan serangan: 0 meter
  • Cost: 30 SP

Equipment Blacksmith Terbaik

Lengkapi ROX Blacksmith build dengan equipment yang tepat! Ada berbagai equipment yang bisa kamu gunakan, tetapi tidak semuanya berfungsi dengan baik pada job Blacksmith. Maka dari itu, jangan sampai keliru dalam memasang senjata dan tameng dengan mengikuti ROX Blacksmith weapon guide berikut.

  • Battle Axe
  • Lunatic Heart Necklace
  • Green Ghost Orb
  • Valkyrian Boots
  • Valkyrian Armor
  • Valkyrian Cloak
  • Tournament Shield

Sekian panduan build Ragnarok X Blacksmith yang wajib kamu cermati, mulai dari stat, skill, hingga pengaturan equipment-nya. Job ini tidak seperti peran-peran klasik pada umumnya. Blacksmith tidak hanya menyuguhkan gameplay yang unik, tetapi juga build yang tricky dan menantang.

Oleh karena itu, kamu perlu memperkuat Blacksmith dengan langkah yang tepat. Salah satunya adalah dengan top up Diamonds melalui UniPin. Alasannya? Diamonds bisa kamu gunakan untuk membeli perlengkapan sehingga Blacksmith dapat di-upgrade lebih maksimal.

Top up di UniPin dijamin legal dan praktis! Jadi, jangan ragu-ragu untuk top up dan lancarkan permainan Blacksmith-mu di Ragnarok X!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Tips Build Ragnarok X Priest: Stat, Skill, dan Equipment

Penggemar Ragnarok pasti tidak mau ketinggalan untuk menjajal Ragnarok X: Next Generation. Gim yang dirilis pada Juni 2021 ini telah memperoleh lisensi resmi dari...