indonesia flag
united-states
Monday, March 25, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeRagnarok XPanduan Build Ragnarok X Thief: Stat, Skill, dan Equipment

Panduan Build Ragnarok X Thief: Stat, Skill, dan Equipment

MMORPG yang telah ditunggu-tunggu kini telah hadir di wilayah Asia Tenggara. Apa lagi kalau bukan Ragnarok X: Next Generation? Gim besutan Gravity Korea dan Nuverse ini siap membawa para pemain bernostalgia dengan Ragnarok Online (2002) sembari menyajikan nuansa baru. Serupa dengan versi sebelumnya, Ragnarok X masih menawarkan 6 pilihan job: Acolyte, Merchant, Archer, Mage, Swordsman, dan Thief.

Setiap job memiliki karakteristik tersendiri dan dapat disesuaikan dengan gaya bermain pengguna. Bagi pemain yang menggemari playstyle lincah dan kilat, Ragnarok X Thief merupakan opsi job yang paling pas. Thief juga sangat cocok bagi pemula, baik dari segi build yang mudah maupun daya tempurnya yang konsisten.

Tertarik dengan job yang satu ini? Sebelum bermain, cek dahulu panduan build Thief berikut, mulai dari stat, skill, hingga equipment-nya.

Pengenalan Job Thief

Bersembunyi dalam bayangan, mengendap-endap, lalu memberi serangan kejutan di saat yang tepat—begitulah karakteristik dari Ragnarok X Thief. Kecepatan dan kekuatannya membuat musuh sulit mengimbangi. Thief sangat cerdik ketika mencuri dari musuh, membuat job ini beradaptasi dengan baik dalam pengumpulan material dan mengumpulkan uang. Selain itu, pemula yang tidak ingin direpotkan dengan fokus peningkatan item dapat sangat cocok dengan peran Thief.

Thief memiliki job tingkatan lanjut, yakni Assassin dan Assassin Cross. Keduanya dapat dicapai apabila kamu telah naik ke batas level minimum yang disyaratkan. Perubahan job dapat dilakukan dengan mengunjungi NPC Thief Guildsman yang ada di area Thief Guild. Sebagai tambahan, pemain dapat mengambil kelas Thief di Criatura Academy, Izlude.

Rekomendasi Stat untuk Thief

Thief sangat multiguna dan dapat diandalkan di mode PvE dan PvP dengan satu target. Demi memaksimalkan serangan dan pertahanan Ragnarok X Thief, kamu harus memasang status yang tepat. Apa saja status yang direkomendasikan untuk job ini? Tingkatkan Ragnarok X Thief build dengan mencermati kemampuan setiap status berikut!

  • LUK — Menaikkan Attack, Perfect Dodge, dan Critical. LUK juga baik untuk melindungi Thief dari beberapa jenis efek status.
  • DEX — Meningkatkan Hit, Attack, dan Attack Speed. Jika ditingkatkan, sangat bagus untuk memaksimalkan kelincahan sekaligus daya serang Thief.
  • VIT — Menaikkan Max HP, HP Regen, Soft MDEF, dan Soft DEF. VIT juga mampu menahan beberapa jenis efek status dan menghemat penggunaan item
  • INT — Meningkatkan Max SP, SP Regen, dan Soft MDEF. Semakin tinggi INT maka semakin bagus pula ketahanan Thief terhadap berbagai efek status.
  • AGI — Menaikkan Attack Speed dan Flee.
  • STR — Meningkatkan ATK, dan Weight Limit.

Panduan Skill Thief

Ragnarok X Thief menjadi penyerang satu target yang andal. Job ini mengandalkan dua elemen, yakni Poison dan Neutral. Nah, supaya kekuatannya semakin maksimal, kamu perlu memahami ROX Thief skill guide berikut!

1. Brute Force

Skill ini merupakan serangan satu target yang menyebabkan Slow. Thief menggunakan 120 persen dari total PATK ditambah 230 untuk mengeluarkan damage. Brute Force mampu memperlambat Movement Speed musuh sebanyak 40 persen selama 5 detik.

  • Cooldown: 7 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jarak serangan: 2 meter
  • Cost: 5 SP

2. Ambush

Ambush merupakan skill untuk bersembunyi sekaligus mengeluarkan damage dan efek Stun. Thief memakai 110 persen dari PATK plus 280 untuk memberikan damage kepada musuh. Apabila dipakai bersama Hiding, Ambush dapat mengakibatkan Stun selama 2 detik.

  • Cooldown: 9 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jarak serangan: 2 meter
  • Cost: 5 SP

3. Venom Knife

Venom Knife merupakan skill yang mampu mengeluarkan Poison. Skill ini bekerja menyerang musuh dengan physical damage dari penggunaan 115 persen PATK dan 320 poin. Apabila target berhasil terkena Poison, mereka akan terkena tambahan 100 persen damage.

  • Cooldown: 7 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jarak serangan: 3 meter
  • Cost: 5 SP

4. Hiding

Saat Ragnarok X Thief menggunakan Hiding, karakter tersebut akan masuk ke mode sembunyi. Skill ini meningkatkan Movement Speed sebanyak 80 persen selama 5 detik dan membuat musuh tidak dapat mendeteksimu. Hiding bisa dibatalkan apabila terkena damage bertubi-tubi, terus-menerus melakukan serangan, atau terkenal skill antisembunyi dari musuh.

Ketika efek Hiding menghilang akibat serangan normal, musuh akan memperoleh tanda Assassination selama 3 detik. Serangan beruntun pada musuh yang berhasil ditandai akan meningkatkan damage sebanyak 6 persen.

  • Cooldown: 30 detik
  • Cast Time: 0 detik
  • Jarak serangan: 0 meter
  • Cost: 5 SP

Equipment Thief Terbaik

Pemain pemula tentunya tidak memiliki modal sebanyak pemain veteran. Namun, tak perlu cemas! Kamu bisa menggunakan equipment sederhana yang akan membantu sementara di awal permainan. Cek ROX Thief weapon guide berikut!

  • White Equipment —DPS tidak terlalu tinggi, tetapi sudah bisa berguna untuk menyelesaikan berbagai mode PvE, seperti Endless Tower, MVP, dab Instances.
  • Moonlight Gift — Equipment yang mampu meregenerasi HP sekaligus menghilangkan efek status dengan cepat.
  • Talisman and Accessories: Physical Damage, Attack Speed, and Critical — Equipment yang cocok untuk bagus untuk meningkatkan kelincahan dan daya serang Thief.

Itulah panduan build Ragnarok X Thief yang jitu dan bisa memperlancar permainanmu. Sudahkah kamu memperhatikannya dengan cermat? Thief merupakan job serbaguna yang dapat membantu menyelesaikan berbagai mode. Oleh karena itu, kamu wajib melengkapi job ini dengan stat, skill, serta equipment yang tepat.

Belum puas dengan rekomendasi di atas? Ingin tahu cara cepat untuk meng-upgrade karaktermu? Yuk, top up Diamonds sesuai kebutuhan melalui UniPin! UniPin merupakan platform distribusi konten digital untuk gim yang lengkap dan tepercaya. Pemain Ragnarok X cukup memilih nominal Diamonds yang ingin diisikan ke akun gim, lalu bayar lewat kanal yang tersedia, seperti transfer bank, kartu debit dan kredit, atau vocer fisik.

Mudah, kan? Yuk, langsung saja top up Diamonds untuk memaksimalkan build Thief-mu!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Tips Build Ragnarok X Priest: Stat, Skill, dan Equipment

Penggemar Ragnarok pasti tidak mau ketinggalan untuk menjajal Ragnarok X: Next Generation. Gim yang dirilis pada Juni 2021 ini telah memperoleh lisensi resmi dari...