indonesia flag
united-states
Saturday, April 27, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeNews12 Game Steam Ringan, Cocok untuk PC Berspesifikasi Rendah!

12 Game Steam Ringan, Cocok untuk PC Berspesifikasi Rendah!

Apakah bermain gim menjadi kegiatan favoritmu untuk melepas stres dan penat? Main gim kesayangan, apalagi yang sudah terinstal di komputer atau laptopmu, memang mengasyikkan. Namun, memainkan gim yang itu-itu saja kadang kala malah membuat cepat bosan, kan?

Solusinya, unduh gim dari Steam saja! Steam merupakan platform distribusi digital yang berisi puluhan ribu gim dari berbagai kategori. Kamu bisa pilih gim apa pun sesuai selera—yang sudah pasti orisinal. Meski begitu, jangan lupa pertimbangkan spesifikasi perangkatmu dengan syarat sistem minimum yang diberlakukan masing-masing gim.

Apakah PC-mu berspesifikasi rendah? Tak perlu cemas! Berikut kumpulan game Steam ringan yang bisa kamu jajal.

1. Stardew Valley

Stardew Valley menjadi game Steam ringan pertama yang patut kamu coba. Gim ini mengombinasikan sosialisasi, peternakan, pertanian, aksi, dan pertukangan dalam gameplay-nya. Mirip dengan Harvest Moon, ya? Stardew Valley dapat dimainkan sendirian atau bekerja sama dengan pemain lain secara online.

2. Angels of Death

Berikutnya, ada gim indie bergenre horor dan teka-teki yang dirilis oleh Vaka Game Magazine, yaitu Angels of Death. Serupa dengan gim horor berjudul Clock Tower dan Hunting Ground, pemain harus mengalahkan bos dan memecahkan teka-teki untuk naik ke lantai selanjutnya.  Gim ini pun tampak lebih menarik berkat dua tokoh utama: Rachel Gardner, seorang gadis yang ingin segera mati, dan Zack, seorang pembunuh bersabit yang dengan senang hati mengabulkan permintaan Rachel.

3. A Day Without Me

A Day Without Me merupakan permainan yang mengombinasikan genre petualangan dan teka-teki. Pemain dikisahkan terbangun di sebuah kota tanpa kehadiran seorang pun. Jadi, kamu akan mengelilingi kota sambil mencari keberadaan orang lain, mencari tahu kenapa hanya ada kamu di kota tersebut, dan menyelidiki berbagai keanehan yang muncul di sekelilingmu. Game Steam yang ringan ini mengusung semi-open world, plot misterius, serta beraneka tantangan dan teka-teki yang harus dipecahkan.

4. Persona 4 Golden

Gemar bermain gim terbitan SEGA yang bertema JRPG dan anime? Kalau begitu, Persona 4 Golden bisa kamu jajal! Gim ini memang terbilang baru dirilis di Steam, tetapi sudah mempunyai banyak pengikut yang sebelumnya pernah memainkan versi PS Vita-nya. Terlebih, Persona 4 Golden telah meraih 93 skor Metacritic dan sejumlah penghargaan bergengsi.

5. Aquaculture Land

Game Steam ringan ini cocok untuk kamu yang gemar bermain gim bertema perikanan. Aquaculture Land mengusung permainan manajemen peternakan ikan. Kamu bertugas sebagai manajer yang harus membudidayakan berbagai jenis ikan, memproduksi komoditas bermutu tinggi, dan memenuhi kebutuhan konsumen agar bisnismu dapat berkembang. Seru, kan?

6. Coffee Talk

Suka dengan gim santai, tetapi melibatkan obrolan antarkarakter yang mendalam? Mainkan saja game Steam ringan ini! Coffee Talk membawamu mendengarkan problem dari berbagai tipe orang, lalu membantu mereka dengan cara menyuguhkan kopi sesuai stok bahan yang tersedia di dapurmu. Gim ini tampak ciamik dengan visual seni piksel khas anime ’90-an, ditemani audio bernuansa jazzy dan lofi.

7. Undertale

Undertale bisa dikatakan sebagai jawara game ringan Steam. RPG populer ini tidak hanya menawarkan jalan cerita yang kaya dan lagu tema yang menawan, tetapi juga permainan strategi unik. Untuk memenangkan permainan, kamu tidak perlu membunuh siapa pun. Cukup bertarung melawan para bos melalui sistem pertempuran khusus dan berteman dengan mereka setelahnya!

8. Sunless Sea

Sunless Sea menjadi game Steam ringan untuk laptop berkat syarat minimum sistemnya: 1 GB RAM, sistem operasi Windows XP, dan prosesor 2Ghz. RPG bertema gotik horor ini berfokus pada penjelajahan, penyampaian cerita yang mendebarkan, serta kematian awak kapal yang bertubi-tubi. Kamu dapat bertarung secara real-time, meningkatkan persenjataan kapal uap, serta memperjualbelikan komoditas untuk bertahan hidup.

9. SimCity 4 Deluxe Edition

Bicara soal gim pembangunan kota, pastinya SimCity 4 Deluxe Edition tidak bisa dilewatkan! Kamu bisa membangun wilayah kota yang masif dengan daerah pertanian, perhotelan, pusat komersial berteknologi tinggi, bahkan pusat industri. Selain itu, kamu juga dapat mengatur keseluruhan sistem transportasi kota, bahkan menyelesaikan misi-misi seperti membasmi kejahatan dan menangani bencana alam. Dijamin tidak membuat bosan!

10. Into The Breach

Pencinta gim strategi turn-based wajib mencoba game Steam ringan yang satu ini! Into the Breach mengusung latar cerita bernuansa fiksi sains dan menjadikanmu sebagai pilot mech yang harus melawan ancaman alien. Pemain akan diajak melindungi kota, menganalisis dan menyempurnakan strategi pertempuran, hingga membangun mech yang kuat.

11. Terraria

Suka dengan genre petualangan dan aksi klasik? Cobalah Terraria! Gim yang dirilis sejak 2011 ini masih menggaet banyak gamers dan memperoleh ulasan positif—walaupun sudah berusia satu dekade. Kamu akan diajak menggali tanah untuk menjelajah, bertarung, hingga membangun kota. Terraria dapat dimainkan secara solo maupun multipemain.

12. Pummel Party

Cari game Steam ringan multiplayer? Main Pummel Party, yuk! Gim besutan Rebuilt Games ini menghadirkan permainan seru yang melibatkan 4—8 pemain dalam satu layar, baik secara online maupun offline. Kamu dan teman-teman bisa menjajal mode permainan papan atau gim mini sesuai selera. Selain itu, jangan lupa manfaatkan absurd item untuk memenangkan setiap babak!

Itulah daftar game Steam ringan yang cocok untuk PC berspesifikasi rendah. Sudah tidak sabar untuk mengunduh dan menjajal satu per satu? Gim-gim yang disebutkan di atas mempunyai genre yang beragam sehingga dijamin tidak akan membuatmu bosan!

Sebelum mengunduh, pastikan untuk membeli gim dengan saldo Steam Wallet. Bagaimana cara mengisi saldonya? Kamu dapat melakukan pengisian melalui UniPin. Tentukan nominal saldo sesuai kebutuhan, mulai dari Rp6 ribu hingga Rp600 ribu. Lalu, bayar melalui kanal yang diinginkan, seperti transfer bank, dompet digital, atau voucer fisik.

Yuk, beli dan mainkan gim Steam sekarang juga!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Eleventastic! Sambut Game Bloodstrike bersama UniPin dan Dapatkan FREE Credits!

Hai, Sahabat UniPin Makin fantastik di bulan sebelas sambil sambut game terbaru dari Netease, Bloodstrike! Top up game pertama kali dan dapatkan 10.000 UniPin Credits secara...