Sunday, October 17, 2021
BerandaPC GamesTerraria: Game 2D yang Terlihat Sederhana Tetapi Penuh Tantangan

Terraria: Game 2D yang Terlihat Sederhana Tetapi Penuh Tantangan

Kecanggihan teknologi memunculkan berbagai jenis game yang punya kualitas grafis ciamik seperti PUBG Mobile atau COD Mobile. Meski begitu, bukan berarti game dengan grafis 2D yang sederhana ditinggalkan oleh para gamer. Sebagai buktinya, kamu dapat menengok eksistensi game 2D berjudul Terraria. Meski tampilannya sederhana, game ini menawarkan tantangan tinggi.

Game ini merupakan jenis permainan dengan genre action-adventure sandbox yang merupakan hasil pengembangan dari developer bernama Re-Logic. Game tersebut sudah rilis sangat lama, tepatnya pada 16 Mei 2011. Meski begitu, popularitasnya tetap tinggi. Pada akhir 2020, Re-Logic telah mencatatkan lebih dari 35 juta download Terraria di seluruh dunia.

Gameplay Terraria

download terraria
Sumber : 505Games.com

Hadir sebagai game bertema sandbox, kamu akan mendapati kalau permainan ini tak mempunyai tujuan yang jelas. Kamu tidak akan menjumpai keberadaan misi atau quest. Sebagai gantinya, Re-Logic mendesain produk game buatannya itu dengan tingkat kebebasan yang sangat tinggi. Kamu dapat memilih untuk melakukan aktivitas eksplorasi, crafting, bangun rumah, survival, mining, dan lain-lain.

Dalam berbagai Terraria guide, kamu akan menjumpai para gamer memilih cara bermainnya sendiri. Kamu bisa pula mengikuti salah satu guide atau mencoba bermain dengan metode sendiri. Apalagi saat pertama kali bermain game, kamu hanya akan memperoleh tool dasar. Selanjutnya, kamu dapat melakukan modifikasi sesuai dengan selera masing-masing.

Pemain pemula akan memiliki mana serta health yang rendah. Kamu punya kesempatan untuk meningkatkannya dengan cara menemukan item tertentu. Kamu dapat mencoba untuk memulai aktivitas bertambang dan mengumpulkan metal ore sambil melakukan eksplorasi gua. Selain itu, ada pula kesempatan memperoleh drop item saat mengalahkan musuh tertentu.

Lebih lanjut, kamu punya pilihan untuk melakukan crafting item atau equipment baru. Itu bisa kamu lakukan dengan syarat mempunyai recipe-nya terlebih dulu. Hanya saja, proses crafting item dalam game bisa cukup membingungkan. Terlebih lagi, beberapa item tertentu memerlukan proses crafting secara berulang-ulang dengan disertai recipe dan komposisi bahan yang berbeda-beda.

Untuk aktivitas petualangan, kamu bisa menjumpai berbagai jenis musuh selama melakukan penjelajahan. Tak hanya itu, kamu berpeluang untuk melawan boss monster dan berpeluang memperoleh drop item langka. Untuk pilihan senjata, ada berbagai opsi yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat bertarung jarak dekat menggunakan pedang. Selain itu, ada pula pertimbangan memakai senapan, magic, panah, ataupun monster summon.

Terraria Lebih dari Sekadar Minecraft Versi 2D

terraria guide
Sumber : Youtube.com

Cara bermain game 2D ini sangat mengasyikkan. Kamu bisa memilih untuk bermain sendiri atau multiplayer dengan gamer lain. Saat memainkannya, kamu akan merasakan sensasi bermain game lawas 16-bit seperti pada konsol game zaman dulu. Selain itu, game ini sekilas punya kemiripan dengan game bertema sandbox populer, yakni Minecraft.

Namun, game ini punya fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan Minecraft, apalagi kamu akan menemukan banyak biomes atau area yang menarik untuk dijelajahi. Masing-masing biomes dalam game Terraria punya keunikan tersendiri. Mau tahu apa saja biomes unik yang bisa kamu jelajahi selama bermain game? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Space

Space merupakan Terraria maps yang berada di lapisan terluar dunia, dengan ketinggian sekitar 700 kaki. Dalam biomes ini, kamu akan melihat langit yang gelap dengan bintang dan matahari bersinar terang. Ciri khususnya, kamu dapat merasakan kalau area ini punya gaya gravitasi rendah yang berpengaruh tidak hanya pada musuh, tetapi juga karakter milik gamer. Musuh-musuh di sini antara lain adalah harpies, wyvern, martian probes, serta arch wyvern.

2. Surface/underground

Surface menjadi biomes yang berada pada ketinggian 0 kaki. Namun, pada kasus tertentu biomes surface berukuran cukup besar dan mencapai area bawah tanah. Beberapa biomes yang termasuk dalam kategori surface di antaranya adalah Jungle, Corruption and Crimson, Desert, Snow, Ocean, serta Mushroom.

3. Cavern

Ada pula biomes yang dikenal sebagai cavern yang merupakan area bawah tanah. Kamu bisa menemukan kalau cavern punya karakteristik yang kontras dibandingkan surface. Jenis biomes cavern dalam game beragam di antaranya adalah Underground Desert, Underground Jungle, Underground Mushroom, Ice Biome, serta Glowing Moss.

4. Underworld

Kalau kamu melakukan perjalanan jauh ke bawah tanah, terdapat biomes yang dikenal sebagai Underworld. Biomes ini berlokasi di dasar dunia, dengan ciri khas lava di mana-mana. Kamu bisa mendapatkan hellstone serta ruined house di tempat ini.

5. Hardmode

Hardmode bukanlah jenis biomes, tetapi mode permainan dengan tingkat kesulitan lebih tinggi. Kamu akan memperoleh hardmode ketika mengalahkan boss Wall of Flesh untuk pertama kali. Ketika hardmode, kamu berkesempatan menjelajahi beberapa biomes ekstra, yakni The Hallow, Underground Hallow, Underground Crimson, Underground Corruption, Corrupted/Crimson Deserts, serta Hallowed Deserts.

Keunikan Game Terraria

terraria maps
Sumber : Techraptor.net

Sampai di sini, kamu sudah paham kalau pilihan download Terraria tidak sama dengan keputusan memainkan Minecraft. Keduanya punya gameplay yang berbeda. Bahkan, game ini punya keunikan yang tidak dimiliki oleh Minecraft.

Keunikan tersebut adalah keberadaan unsur layaknya game RPG. Dalam game ini, kamu punya kesempatan untuk membangun karakter sehingga berkembang jadi char yang kuat. Kamu dapat meningkatkan kekuatan dengan mengalahkan musuh atau craft item.

Bisa dibilang, kamu tak akan mengalami kesulitan dalam proses character building di game petualangan ini. Ditambah lagi, kamu tidak akan kehabisan tempat yang bisa dipilih untuk bertualang. Ada banyak biomes yang bisa kamu jelajahi.

Tak cukup sampai di situ, Re-Logic menghadirkan hardmode untuk menambahkan tantangan bagi para gamer. Dalam hardmode, kamu bakal berhadapan dengan musuh yang jauh lebih kuat. Di waktu bersamaan, mode permainan ini memberi kesempatan bagi kamu untuk membangun karakter jadi lebih kuat lagi.

Spesifikasi dan Tempat Download Terraria

steam terraria
Sumber : Steampowered.com

Karena menggunakan grafis 2D, kamu bisa memainkan game sandbox ini dengan komputer berspesifikasi rendah. Game ini dapat berjalan lancar pada komputer dengan prosesor Intel Core 2 Duo E8400 dan RAM 4 GB. Selain itu, permainan ini tidak memerlukan kartu grafis khusus, cukup bisa dengan memanfaatkan VGA on board.

Cara mengunduh game ini sangat mudah. Kamu bisa memperoleh Steam Terraria dengan membayar hanya Rp89.999 ribu. Murah, kan? Jadi, tunggu apa lagi. Segera unduh dan mainkan game ini. Kalau Steam Wallet kamu tengah kosong, caranya mudah. Beli saja voucher UniPin dan isi Steam Wallet kamu.

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES

weekend deals banner