Wednesday, June 23, 2021
BerandaGamesTrik Leveling dan Rekomendasi Class Terbaik untuk Pemain Ragnarok M Eternal Love...

Trik Leveling dan Rekomendasi Class Terbaik untuk Pemain Ragnarok M Eternal Love Pemula

Ragnarok M: Eternal Love merupakan game bergenre MMORPG yang dikembangkan oleh Gravity bersama Xindong. Menggunakan konsep ala anime dengan gambar 3 dimensi, secara visual game ini sangat menarik untuk dilihat. Tanpa menghilangkan ciri khas Ragnarok Online yang sudah dirilis sebelumnya, game ini cocok untuk kamu yang menyukai role playing.

Buat kamu yang baru pertama kali memainkannya, ada beberapa poin penting dalam Ragnarok M Eternal love guide yang perlu kamu perhatikan. Simak selengkapnya dalam Ragnarok M guide berikut ini!

Mengenal Ragnarok M: Eternal Love

ragnarok m eternal love guide
Sumber : Gameonlineindonesia.com

Game ini termasuk ke dalam rangkaian Rangnarok yang berkembang menjadi stage baru yang diberi nama Ragnarok M: Eternal. Secara umum, tidak banyak yang berubah di sini. Semua misi dan permainan masih sama seperti seri Ragnarok yang sebelumnya. Kamu akan terlibat dalam berbagai arena pertempuran, menyelesaikan misi, dan mempersiapkan karakter.

Ada beberapa panduan penting yang harus diketahui oleh para pemula mengenai Ragnarok M Eternal Love guide, yakni:

Kelas Pekerjaan (Job Classes)

Dalam permainan, kamu harus memiliki kelas pekerjaan dan sebagian besar adalah kelas Novice. Begitu memasuki level 10 dari permainan, kamu bisa mengubah kelas pekerjaan level 1. Ada beberapa pilihan job class yang bisa dipilih mulai dari Swordsman, Thief, Mage, Acolyte, dan lain sebagainya.

Misi dalam Permainan (Quests of the Game)

Dalam Ragnarok M guide, pemain harus menyelesaikan berbagai aktivitas mulai dari misi, bertani, hingga naik level. Ada tiga jenis misi yang tersedia dalam permainan, mulai dari Red Quests (misi utama), Blue Quests (misi dengan hadiah rewards maupun item), Green Quests (misi untuk mendapatkan skill dan fitur langka), dan Daily Quests (misi harian yang berulang setiap hari).

Naik Level dan Sistem Stamina

Setelah misi diselesaikan, kamu bisa menaikkan level karakter dengan cara membunuh monster sebanyak mungkin. Tersedia fitur serangan otomatis untuk membantu kamu melakukannya. Dengan fitur ini, kamu bisa meninggalkan karakter dalam AFK otomatis dan melakukan aktivitas lain di dalam gameplay.

Namun, ingat bahwa untuk melakukan pertempuran dalam Ragnarok M guide, kamu harus memerhatikan stamina yang tersedia. Saat karakter terlibat dalam pertempuran, satu stamina bisa dihabiskan. Kamu akan diberi stamina sebanyak 300 setiap hari dan jika kamu tidak menggunakannya dalam sehari, levelnya akan naik menjadi 900.

Ragnarok M Guide: Trik Leveling

ragnarok m leveling guide
Sumber : Gameholic.id

Setelah kamu memahami bagian-bagian penting dalam permainan, hal selanjutnya yang harus kamu cari tahu adalah Ragnarok M Leveling Guide. Game ini dikenal sangat adil dengan sistem yang digunakannya. Ini jugalah yang menjadi alasan peminatnya cukup tinggi.

Lalu, apakah ada trik untuk bisa meraih lebih banyak EXP (experience point) dalam waktu sesingkat mungkin? Karena jumlah staminanya terbatas, kamu harus meraih EXP dengan cepat dan maksimal tanpa harus terus-terusan grinding. Simak trik leveling-nya berikut ini!

Manfaatkan Stamina Ketika Grinding

Saat grinding EXP, pastikan kamu memakai semua stamina yang ada dengan cara mencari titik keramaian. Buat party bersama lima rekan untuk bisa lebih cepat mengalahkan banyak monster sekaligus. Begitu stamina habis, temukan EXP dari mission board lalu habisi monsternya.

Cari Monster yang Bisa Memberi EXP Tinggi

Beberapa jenis monster dalam gameplay cocok ditargetkan saat kamu grinding EXP karena bisa memberikan EXP yang banyak. Dalam Ragnarok M guide ini, kamu direkomendasikan untuk membunuh Wormtail di Prontera North pada level 15 sampai 25. Masih ada Goblin, Metaller, Mantis, dan Dustiness. Semua monster ini bisa memberikan EXP yang lebih banyak dibanding monster lain.

Hindari Penggunaan Lightning Chain untuk Menemukan EXP

Lightning Chain memang bisa dipakai untuk menambah EXP, tetapi efeknya stamina kamu bakal cepat terkuras. Kalau stamina habis, kamu malah akan makin kesulitan berburu EXP lagi. Gunakan Lightning Chain sesuai fungsinya sebagai sarana mencari material saat grinding.

Manfaatkan Pet Labor

Kalau kamu sudah sampai level 45, ada pet 5 level Intimacy yang bisa kamu gunakan untuk memberimu EXP. Caranya adalah dengan mengirimkannya ke Item Shop untuk bekerja. Satu jam sekali, pet ini akan memperoleh bingkisan random yang isinya Base atau Job Portion. Masing-masing Base dan Job Portion ini mengandung EXP yang besarnya berbeda-beda.

Rekomendasi Class Ragnarok M Terbaik

ragnarok m class guide
Sumber : Pinterest.com

Ada total enam kelas dalam permainan. Masing-masing memiliki kekuatan dan gaya bermainnya masing-masing. Keenam kelas itu adalah:

  • Swordsman. Petarung jarak dekat dengan serangan dan pertahanan tinggi
  • Acolyte. Petarung jarak jauh magis yang menggunakan sihir dan kemampuan suportif
  • Merchant. Petarung jarak dekat fisik dengan serangan, vitalitas, dan ketangkasan tinggi
  • Thief. Petarung jarak dekat fisik dengan damage burst tinggi
  • Archer. Petarung fisik yang berspesialisasi dalam high single-target DPS damage
  • Magician. Petarung jarak jauh dengan kekuatan magis yang dapat memberikan damage

Seperti di kebanyakan game, Swordsman mungkin adalah kelas paling direkomendasikan di Ragnarok M class guide, terutama jika kamu masih pemula. Kamu bisa menghadapi damage yang sedang dan mengalahkan beberapa musuh yang kuat. Kalau kamu ingin mencari kelas dengan damage dealer terbaik, Archer adalah rekomendasi jempolan untukmu.

Magician juga merupakan kelas yang kuat, meskipun mereka kekurangan DPS yang dimiliki Archer. Meskipun Acolyte dapat menyembuhkan, mereka tidak dapat memberikan damage sebanyak kelas lainnya. Lebih baik kamu menjadi healer/penyembuh jika berencana bermain dalam party daripada harus sendirian di Ragnarok M Eternal Love.

Di sisi lain, Thief sangat tangguh dalam pertarungan PvP berkat kemampuan menyelinap yang mereka miliki. Karena kelas ini jago menghindar, mereka bisa menerima banyak serangan meskipun health pool-nya rendah. Sementara itu, Merchant adalah tank yang bagus dan cocok permainan solo kalau kamu jago membangun kekuatan mereka. Kalaupun tidak, Merchant bisa menghasilkan uang dengan kemampuan pasif mereka.

Demikianlah Ragnarok M Eternal Love Guide yang bisa menjadi pengetahuan dasar buat kamu yang masih pemula dalam permainan. Semoga Ragnarok M guide singkat ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk top up Big Cat Coins, Zeny, atau Limited Special Gift kamu hanya di UniPin agar permainanmu makin seru.

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES