Wednesday, June 23, 2021
BerandaPC GamesReview Doom Eternal: Game FPS Keren Melawan Iblis Neraka

Review Doom Eternal: Game FPS Keren Melawan Iblis Neraka

Buat kamu yang suka bermain game action seru dan menantang, pastikan untuk mencoba game Doom Eternal (DE). Game ini dirilis pada 2020 lalu dan merupakan sekuel dari Doom (2016). Selain tersedia di platform PC, kamu bisa pula menjumpai game ini di PS4, PS5, Stadia, Xbox One, serta Nintendo Switch.

Saat peluncurannya, DE mendapatkan banyak pujian dari para kritikus game. Mereka menganggap kalau game buatan id Software ini memiliki sistem pertempuran yang seru dan grafis berkelas. Oleh karena itu, tidak heran kalau game ini memperoleh lima nominasi dalam The Game Awards for 2020.

Dengan berbagai respons yang positif dari para kritikus tersebut, kamu tentunya sangat penasaran dengan game FPS ini, kan? Biar tidak penasaran lagi, yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Latar Belakang Cerita

doom eternal steam
Sumber : Indozone.id

Seperti yang telah disebutkan, DE merupakan sekuel dari Doom. Oleh karenanya, kamu akan mendapati kalau cerita dalam game ini merupakan kelanjutan dari Doom. Dalam dunia game ini, mars digambarkan telah jatuh ke tangan para iblis penghuni neraka. Selain itu, hampir 60% populasi manusia di bumi telah hilang.

Saat pertama kali memainkan DE, kamu mungkin bakal merasa bingung dengan situasinya. Kamu bakal berhadapan dengan beberapa karakter baru. Hayden yang memiliki peran sentral di Doom, sudah tidak lagi berfungsi. Selain itu, Doom Slayer memiliki stasiun luar angkasa Fortress of Doom yang berfungsi sebagai personal headquarter.

Di sini, kamu akan berperan sebagai Doom Slayer yang merupakan one man army melawan pasukan iblis neraka. Kamu bisa memperkuat diri dengan berbagai jenis senjata. Sebagai pelengkap, kamu tidak boleh melupakan penggunaan armor.

Hal yang perlu kamu tahu, DE punya tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan Doom. Oleh karenanya, kamu harus menyusun strategi jitu saat memainkannya. Ditambah lagi, kamu tidak akan pernah kehabisan musuh yang perlu dikalahkan.

Gameplay yang Penuh Tantangan

doom eternal review
Sumber : Venturebeat.com

Ketika memainkan DE, kamu akan mendapati kalau gameplay-nya mendorong para gamer untuk bermain lebih agresif. Di samping itu, kamu juga perlu melakukan pertempuran dengan skala yang relatif jauh lebih luas dibandingkan Doom. Selanjutnya, kamu perlu menitikberatkan perhatian pada tiga aspek penting, yakni health, armor, serta amunisi.

Dalam setiap pertempuran, kamu perlu menjaga agar kondisi health tidak mencapai titik nol. Ketika health kamu dalam kondisi kritis, kamu perlu memperoleh glory kills. Saat berhasil mengalahkan musuh dengan glory kills, kamu akan memperoleh item drop berupa health. Kamu pun bisa memulihkan health dengan item drop tersebut.

Seperti halnya game lain, pemakaian armor berguna untuk mengurangi damage dari musuh. Tidak hanya itu, kamu bisa pula menjumpai armor yang berguna untuk menambah health. Dengan penggunaan armor yang bagus, kamu mempunyai kemampuan bertahan hidup yang lebih baik. Kamu tidak akan mudah dikalahkan oleh para musuh.

Aspek yang paling penting ketika kamu mengunduh Doom Eternal Steam adalah manajemen pemakaian amunisi. Berbeda dengan Doom, kamu akan menjumpai kalau keberadaan amunisi di DE sangatlah minim. Oleh karena itu, kalau memainkan game ini dengan cara yang sporadis, kamu bakal sering mendapati notifikasi low ammo.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi problem low ammo? Solusinya, kamu perlu meminimalkan penggunaan peluru. Sebagai gantinya, maksimalkan pemakaian chainsaw. Selain itu, kamu perlu membidik musuh pada titik lemah dengan tujuan untuk menghemat peluru.

Game Penuh Kekerasan

doom eternal download
Sumber : Pinterest.com

Beda dengan game FPS Point Blank, DE menghadirkan tingkat kekerasan yang jauh lebih tinggi. Di sini, kamu perlu menggerakkan Doom Slayer dengan kecepatan tinggi dan agresif. Tak hanya itu, aksi mengalahkan musuh menggunakan chainsaw bakal memberikan kesan yang sangat gore.

Kalau aksi menggunakan chainsaw masih kurang, kamu dapat memanfaatkan senjata ekstra berupa flamethrower. Penggunaan flamethrower menjadi sumber resource armor. Saat mengalahkan musuh dalam kondisi terbakar, kamu berkesempatan memperoleh kepingan armor yang lebih banyak.

Kombinasi flamethrower dan chainsaw tersebut memastikan kamu bakal memperoleh pengalaman game dengan tingkat kekerasan yang sangat intens. Meski begitu, kamu juga perlu melakukan serangan secara cerdas, terutama ketika melawan musuh yang kuat seperti marauder.

Berbeda dengan iblis biasa, marauder punya kemampuan bertahan yang kuat. Kamu bisa mendapati marauder menggunakan senjata berupa shield, kapak, atau shotgun. Strategi jitu yang bisa kamu terapkan untuk mengalahkan marauder adalah dengan counter attack. Kamu bisa melancarkan counter attack saat marauder menyerang, ditandai mata yang berwarna hijau.

Sebagai tambahan, id Software tak hanya menyediakan mode single player. Kamu bisa pula mencoba permainan penuh kekerasan dalam mode multiplayer, yakni Battle Mode. Di sini, kamu bisa memilih peran sebagai Doom Slayer atau iblis. Battle Mode diatur dengan sistem pertempuran dua iblis melawan seorang Doom Slayer.

Spesifikasi Game Doom Eternal PC

Kamu bisa menemukan banyak pilihan tempat download DE untuk PC. Opsi termudahnya, kamu dapat mengunduh game populer ini di Steam. Sebelum download, kamu perlu terlebih dahulu memperhatikan spesifikasi PC yang diperlukan.

Untuk performa yang minimal, kamu bisa menggunakan spesifikasi minimum sekuel game Doom ini adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi : Windows 7 64-bit
  • CPU : Intel Core i5 3,3 GHz atau AMD Ryzen 3 3,1 GHz
  • GPU : AMD Radeon R9 280 3GB, Radeon R9 290 4 GB, Radeon RX 470 4GB, atau NVidia GeForce GTX 1050Ti 4 GB, GTX 1060 3 GB, GTX 1650 4 GB
  • RAM : 8 GB
  • HDD : 50 GB

Kalau kamu menginginkan performa optimal, pertimbangkan untuk menyiapkan PC dengan rekomendasi spesifikasi sebagai berikut:

  • Sistem operasi : Windows 10 64-bit
  • CPU : Intel Core i7-6700K atau AMD Ryzen 7 1800X
  • GPU : AMD Radeon RX Vega56 8 GB atau NVidia GeForce GTX 1080 8 GB atau RTX 2060 6 GB
  • RAM : 8 GB
  • HDD : 50 GB

Hal yang perlu kamu perhatikan, saat memilih Doom Eternal download di Steam, tersedia beberapa versi yang harganya berbeda-beda. Kamu bisa mengunduh mulai dari The Ancient Gods Part One hingga Deluxe Edition yang harganya bervariasi dari Rp266 ribu sampai Rp1,185 juta.

Kamu bisa mengunduh DE Steam dengan mudah dengan terlebih dahulu melakukan top up Steam Wallet. Caranya mudah. Kamu bisa top up Steam Wallet di UniPin sesuai kebutuhan. Cara pembayarannya pun praktis, dapat dilakukan via e-money, AkuLaku, kartu kredit, kartu debit, ataupun Alfamart dan Indomaret.

Selanjutnya, kamu tinggal bermain DE sampai puas. Semoga bermanfaat, ya!

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES