Wednesday, June 23, 2021
BerandaPC GamesThe Elder Scrolls V Skyrim: Hadirkan Petualangan yang Tak Pernah Habis

The Elder Scrolls V Skyrim: Hadirkan Petualangan yang Tak Pernah Habis

The Elder Scrolls V Skyrim merupakan game action RPG yang sudah lama tersedia di pasaran. Game ini diperkenalkan oleh Bethesda untuk pertama kali pada tahun 2011. Tidak hanya memainkan Elder Scrolls V PC, kamu juga bisa mencobanya di platform PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, serta Nintendo Switch.

Dalam game ini, kamu bisa berpetualang menjelajahi benua yang dikenal sebagai Tamriel. Di situ, kamu dapat bertemu karakter dengan berbagai spesies, baik manusia, lizard, atau feline. Tak ketinggalan, ada berbagai jenis monster yang dapat kamu kalahkan selama berpetualang, termasuk werewolf, spriggan, troll, giant, wisp, dan bahkan naga.

Namun, pertanyaan terbesarnya, apakah Elder Scrolls V masih menjadi game yang layak untuk di-download dan dimainkan? Terlebih lagi, saat ini sudah banyak pilihan game dengan tema serupa yang menawarkan keseruan lebih baik. Biar tahu jawabannya, simak review berikut sampai tuntas, ya.

Alur Cerita

skyrim legendary edition steam
Sumber : Nintendo.com

The Elder Scrolls V dan Skyrim Legendary Edition Steam mempunyai alur cerita yang sama dan merupakan kelanjutan dari The Elder Scrolls IV: Oblivion. Cerita dalam game ini merupakan 201 tahun sesudah Oblivion. Kamu pun akan memerankan tokoh utama seorang Dragonborn yang merupakan manusia dengan kekuatan naga.

Saat memainkan Elder Scrolls V untuk pertama kali, kamu berada dalam sebuah kereta tahanan yang akan segera memperoleh eksekusi hukuman. Di situ, kamu berada satu tempat dengan Ulfric Stormcloak yang merupakan pimpinan pemberontakan terhadap kekuasaan Imperial Legion yang dipimpin Jenderal Tullius.

Namun, sebelum sampai ke lokasi eksekusi Naga Alduin muncul secara tiba-tiba. Desa Helgen yang menjadi tempat eksekusi para tahanan hancur lebur. Kemunculan Naga Alduin tersebut menjadi kesempatan bagi para tahanan untuk melarikan diri. Fakta yang perlu kamu tahu, naga hitam Alduin adalah musuh utama dalam game.

Dalam proses pelarian, kamu akan melakukan perjalanan ke Kota Whiterun. Di kota ini, kamu perlu bertarung dan mengalahkan seekor naga dan menyerap jiwanya. Setelah itu, kamu akan memperoleh kekuatan yang disebut dragon shout atau teriakan naga.

Saat bertarung melawan musuh, kamu punya cara bertarung yang fleksibel. Kekuatan fisik seorang Dragonborn jauh lebih kuat dibandingkan dengan manusia biasa. Oleh karenanya, kamu bisa bertarung jarak dekat. Namun, kamu bisa pula memilih untuk bertarung dari jarak jauh.

Selanjutnya, kamu bisa menjalankan beragam jenis quest untuk meningkatkan level. Tak hanya itu, kamu juga punya pilihan untuk memaksimalkan kemampuan lewat enchanting, alchemy, serta smithing. Sebagai tambahan, kamu punya opsi menyelesaikan quest sesuai dengan pace masing-masing.

Quest dan Pilihan Musuh yang Beragam

skyrim download
Sumber : thepcgames.net

Sebagai game RPG berbasis open world mirip Genshin Impact, kamu punya kebebasan tinggi dalam menjelajahi berbagai tempat di benua Tamriel. Kamu dapat berkunjung ke wilayah perkotaan, area pertanian, benteng, kastil, pelabuhan, gua, danau, pertambangan, dan lain sebagainya. Kamu tidak akan bosan dengan beragam pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi dalam game.

Seperti halnya game lain, kamu bisa memilih misi untuk memperoleh exp dan meningkatkan level. Menariknya, Elder Scrolls V menawarkan opsi quest yang tidak ada habisnya. Beberapa jenis quest yang dapat kamu selesaikan di antaranya adalah:

  • Main Quest. Kategori quest yang satu ini berkaitan erat dengan alur cerita utama dari game. Kamu perlu menyelesaikan semua quest untuk bisa menamatkan game.
  • Factions. Kamu bisa pula memperoleh misi dari factions. Ada beberapa faction dalam game Elder Scrolls V yang bisa kamu kunjungi, di antaranya adalah College of Winterhold, Dark Brotherhood, Imperial Legion, Thieves Guild, Stormcloaks, dan lain sebagainya.
  • Miscellaneous Quest. Elder Scrolls V menghadirkan pula deretan miscellaneous quest yang jenisnya sangat beragam. Misi yang termasuk dalam kategori miscellaneous biasanya bisa kamu selesaikan dalam waktu singkat. Contoh miscellaneous quest adalah Bounty Quest, Tutorials, Activities, dan lain semacamnya.
  • Other Quest. Sebagai tambahan, kamu dapat menjalankan other quest. Jenis other quest di dalam game cukup variatif. Kamu bisa mendapatkan other quest yang berkaitan dengan Daedra Lords. Selain itu, side quest juga menjadi bagian dari other quest.

Berkaitan dengan penyelesaian quest dalam game The Elder Scrolls V Skyrim, kamu akan memperoleh achievement. Makin sering membereskan quest, achievement yang bisa kamu dapatkan kian banyak.

Selama proses penyelesaian quest, kamu bisa berhadapan dengan berbagai jenis musuh. Beberapa di antaranya bisa kamu kalahkan dengan mudah. Namun, tak sedikit pula yang perlu upaya lebih agar bisa kamu lumpuhkan.

Dari sekian banyak musuh, berikut adalah beberapa di antaranya yang bakal memberikan tingkat kesulitan tinggi di game ini:

  1. Giant. Sesuai dengan namanya, giant adalah makhluk raksasa yang punya kekuatan besar. Mereka sebenarnya bukanlah musuh, karena cenderung bersikap pasif. Giant akan melakukan penyerangan sebagai bentuk self defense atau ketika kamu berada terlalu dekat.
  2. Sabre cat. Saat menjelajahi Tamriel, kamu juga perlu mewaspadai keberadaan sabre cat. Hewan yang satu ini mampu bergerak lincah dan punya damage besar. Kamu perlu karakter dengan stamina tinggi dan heavy armor untuk menghadapinya.
  3. Troll. Monster yang satu ini jadi musuh berat saat kamu mempunyai level rendah. Mereka punya kemampuan regenerasi yang sangat tinggi. Kamu bisa mengalahkan troll dengan memanfaatkan kelemahan utama mereka, yakni api.
  4. Master Vampire. Kamu juga akan berhadapan dengan Master Vampire ketika menjelajahi gua. Terkadang, kamu akan menemui mereka saat berjalan-jalan di alam terbuka.
  5. Falmer. Ada pula musuh yang dikenal sebagai falmer. Makhluk ini biasa muncul di area bawah tanah serta daerah yang terisolasi. Kamu dapat menjumpai beberapa jenis falmer di Elder Scrolls V, di antaranya adalah feral falmer, frozen farmer, falmer archer, dan lain sebagainya.

Kualitas Grafis

skyrim mod download
Sumber : Instant-gaming.com

Saat memainkan Elder Scrolls V, kamu akan menemukan kalau game ini punya kualitas grafis tidak kalah dibandingkan game keluaran terbaru. Kamu akan mendapati kalau pemandangan di dalam game sangat mirip dengan view di negara-negara Eropa.

Menariknya lagi, ada pilihan skyrim mod untuk meningkatkan pengalaman bermain yang lebih menarik. Ada banyak opsi mod yang bisa kamu gunakan. Sebagian mod bisa mengubah alur cerita secara drastis. Namun, ada pula mod yang berguna memaksimalkan kualitas grafis game.

Untuk memainkan Elder Scrolls V, kamu bisa mengunduhnya secara langsung dari Steam. Di situ, kamu bisa mengunduh varian Special Edition serta versi VR dengan harga masing-masing Rp532 ribu dan Rp799 ribu. Kamu pun dapat memanfaatkan UniPin untuk top up Steam Wallet dan melakukan pembelian game.

Spesifikasi PC yang perlu kamu gunakan untuk bermain game Elder Scrolls V tidak terlalu tinggi. Untuk Skyrim Special Edition, minimum system requirement-nya adalah sebagai berikut:

  • CPU: Intel Core i5-750 atau AMD Phenom II X4-945
  • RAM : 8 GB
  • OS : Windows 7 atau versi lebih tinggi (64-bit)
  • VGA: NVIDIA GeForce GTX 470 1 GB atau AMD Radeon HD 7870 2 GB
  • HDD : 12 GB
  • Dedicated video RAM: 2 GB

Untuk memperoleh performa yang lebih baik, kamu bisa menggunakan komputer dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • CPU: Intel Core i5-2400 atau AMD FX-8320
  • RAM: 8 GB
  • OS: 7 atau versi lebih tinggi (64-bit)
  • VGA: NVIDIA GeForce GTX 780 3GB atau AMD Radeon R9 290 4GB
  • HDD: 12 GB
  • Dedicated video RAM: 4 GB

Nah, itulah ulasan lengkap tentang salah satu game legendaris yang sayang kalau kamu lewatkan. Bakal puas deh kalau kamu bermain game Skyrim!

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES