Monday, October 18, 2021
BerandaGamesTips Jago Memainkan League of Legends untuk Pemula

Tips Jago Memainkan League of Legends untuk Pemula

League of Legends atau yang lebih dikenal dengan sebutan LoL atau League merupakan salah satu game bergenre MOBA yang sangat populer di dunia. Dikembangkan oleh Riot Games, game ini terinspirasi dari Defence of the Ancient, peta khusus Warcraft III. Riot Games kemudian mengembangkan permainan yang berdiri sendiri dengan genre serupa.

Di Indonesia game ini lebih dikenal sebagai League of Legends Garena karena lisensinya dipegang oleh Garena. LoL secara resmi dirilis pada tanggal 28 Oktober tahun 2020 silam. Untuk dapat memainkannya, kamu bisa download League of Legends melalui PC kamu baik dengan sistem operasi Windows maupun macOS.

League of Legends sering disebut mirip dengan Dota2 karena sama-sama terinspirasi dari Warcraft III.  Selain dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda, perbedaan LoL vs Dota2 semakin terlihat seiring berjalannya waktu. Riot lebih fokus pembuat permainan yang menarik secara visual, sementara Valve –pengembang Dota2 lebih mengutamakan permainan berbasis strategi.

Mengenal Lebih Jauh tentang League of Legends

download league of legends

Dalam League of Legends gameplay, dua tim yang terdiri dari lima pemain akan bertarung dalam permainan player vs player. Masing-masing tim akan menempati dan mempertahankan separuh peta mereka. Setiap anggota dari masing-masing tim mengontrol satu karakter yang disebut champion. Masing-masing champion punya skill unik dan gaya permainan yang berbeda.

Selama pertandingan, setiap champion akan menjadi semakin kuat dengan mengumpulkan experience points, mengumpulkan gold dan membeli item untuk mengalahkan musuh. Pada mode utama permainan, Summoner’s Rift, tim akan menang dengan menyerang ke markas musuh serta menghancurkan “Nexus” mereka. Nexus sendiri merupakan sebuah struktur besar yang ada di dalam markas.

League of Legends review umumnya cukup positif. Kritikus menyoroti aksesibilitas, desain karakter dan nilai produksi dari game ini. Meski di awal sempat ada kritik terkait perilaku negatif pemainnya, namun Riot berupaya untuk memperbaiki hal itu. Pada tahun 2019, League of Legends berhasil mencapai 8 juta pemain secara bersamaan.

Permainan ini juga kerap disebut-sebut sebagai esport terbesar di dunia dengan jumlah kompetisi internasional sebanyak 12 liga. Puncak liga utama adalah Kejuaraan Dunia League of Legends tahunan. Selain itu beragam acara global yang berhubungan dengan game ini juga kerap disiarkan lewat Twitch, Youtube, Bilibili dan saluran TV kabel khusus olahraga, ESPN.

Tips Memainkan League of Legends untuk Pemula

league of legends review

Dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 27 juta pemain, LoL merupakan salah satu game paling populer di dunia. Bagi kamu yang belum pernah memainkan game bergenre MOBA sebelumnya, memainkan LoL mungkin akan terasa sulit. Apalagi sudah banyak pemain senior yang terjun duluan. Untuk memudahkan kamu dalam memainkannya, simak beberapa tips berikut ini!

  • Cobalah Berbagai Karakter

Jika kamu baru mulai bermain, jangan terlalu bingung memilih karakter apa yang cocok untukmu. Cobalah untuk menguji sejumlah karakter berbeda. Semakin banyak champion yang kamu gunakan, semakin besar pemahaman kamu pada gaya permainanmu. Pahami dengan baik skill masing-masing champion sampai kamu menemukan yang paling sempurna untukmu.

  • Pelajari Map Permainan

Peta dalam permainan LoL disebut dengan Summoner’s Rift dan terdiri dari 3 jalur yakni atas, tengah dan bawah. alur berkelok-kelok yang terletak di antara jalur disebut sebagai hutan dan di situlah monster tertentu muncul yang dapat memberikan buff khusus jika champion kamu berhasil mengalahkannya. Alur yang kamu tuju di awal peta sangat bergantung pada champion yang kamu pilih. Lima posisi utama di League of Legends adalah top, mid, jungle, ADC, dan support.

  • Cobalah Pelajari Satu Posisi dengan Sebaik-baiknya

Untuk benar-benar memahami seluk beluk posisi tertentu, kamu perlu memainkannya berulang kali. Memainkan posisi yang sama lebih dari sekali akan memudahkan kamu menguasai para champion untuk posisi tersebut dan membantu kamu bermain dengan lebih kompetitif.

  • Pelajari Hotkey

Seperti halnya permainan strategi yang lain, menggunakan hotkey akan membantu kamu menghemat waktu dan bisa mempercepat kemenangan. Ada beberapa tombol yang harus kamu hafalkan baik-baik agar permainanmu menjadi lebih mudah:

  1. Q, W, E, R: kemampuan utama champion
  2. F, D: Mantra pemanggil
  3. 1, 2, 3, 4, 5, 6: Slot item (hanya berfungsi jika slot yang sesuai berisi item yang bisa diaktifkan
  4. B: Teleportasikan champion-mu kembali ke markas
  5. Space: Menempatkan kamera pada champion kamu. Ini sangat berguna dalam situasi yang sibuk seperti pertarungan tim
  6. G: Kirim ping ke rekan tim untuk menginformasikan rencana atau ancaman
  7. Tab: Membuka halaman statistik untuk game yang sedang berlangsung
  8. P: Membuka menu item yang bisa dibeli.’
  • Bertahan di Belakang Minion

Kamu harus menganggap gerakan minion kamu sebagai perisai bergerak yang menyelamatkan kamu. Setiap kali ada minion yang ramah di depan kamu, biarkan saja mereka bertarung di depan kamu karena mereka bisa menyerap damage ketika Anda berkonsentrasi mengincar target tertentu.

  • Jauhi Jangkauan Turret Musuh

Meskipun tetap berada di belakang minion adalah aturan penting, tapi tidak ada hal yang lebih penting daripada saat kamu melakukan penyerangan ke menara atau turret musuh. Turret adalah struktur pertahanan yang memberikan peningkatan damage. Semakin lama kamu berdiri pada jarak tembak mereka, semakin besar damage yang akan kamu peroleh.

Kamu sebaiknya tidak menyerang turret kecuali ada sekelompok minion dalam jumlah besar yang bertindak sebagai ‘pagar betis’. Kalau kamu khawatir champion musuh yang lebih kuat membunuh kamu di lane, sebaiknya kamu selalu berada dekat dengan turret kamu sendiri.

  • Berkomunikasilah dengan Anggota Tim

Berkomunikasi dengan sesama anggota tim akan memperbesar kemungkinan kamu untuk menang dibanding hanya bermain dalam diam. Tapi ini tidak berarti kamu harus memakai headset dan bicara sepanjang waktu. Cukup dengan menyebutkan posisi apa yang ingin kamu mainkan sebelum memulai pertandingan dan mengumumkan saat champion musuh bergerak mendekat.

Selain menggunakan berbagai tips di atas, jangan lupa untuk top up shell League of Legends kamu sebelum memulai pertarungan. Temukan beragam opsi nominal voucher game hanya di UniPin.

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES

weekend deals banner