Wednesday, June 23, 2021
BerandaDotA 2Cocok untuk yang Suka Tantangan, Coba Cek Ulasan DotA 2 Berikut

Cocok untuk yang Suka Tantangan, Coba Cek Ulasan DotA 2 Berikut

Berawal dari sebuah mod dari game Warcraft III, Defense of the Ancient atau DotA menjadi salah satu game dengan pemain terbanyak di dunia. Akhirnya, Valve melihat kesempatan ini dan kemudian membuat DotA secara serius dengan nama rilis DotA 2 yang bisa didapatkan di Steam.

Sebagai Multiplayer Online Battle Arena, DotA 2 memang menawarkan permainan yang lebih real bagi pemainnya. Mereka bisa membangun tim dan melakukan semuanya seakan berada langsung di arena.

Gameplay DotA 2

dota 2 gameplay
Sumber : Techo.kompas.com

Permainan ini berisi dua tim yang terdiri dari masing-masing lima pemain. Dua tim ini disebut oleh Radiant (yang berada di kiri bawah peta) dan Dire (berada di kanan atas peta). Setiap pemain memilih Hero untuk dimainkan. Dari total 111 Hero yang ada saat ini, semuanya memiliki fungsi dan keahlian masing-masing.

Tujuan utamanya adalah untuk menghancurkan sebuah bangunan yang bernama Ancient milik lawan. Namun, sebelum sampai ke Ancient, ada tower atau menara yang perlu dihancurkan terlebih dahulu.

Nah, menara ini tentunya dijaga ketat oleh lawan dan kamu harus menggunakan senjata dan strategi untuk bisa menembusnya. Karena membutuhkan keahlian, kemampuan taktis, strategi, dan kerja sama dengan tim, tidak heran kalau banyak yang menghindari main bareng pemain yang baru saja mencoba DotA.

“Noob”, istilahnya. Noob adalah slang dari Newbie atau orang baru. Kalau kamu baru main dan kelihatan kebingungan, pastinya ada saja teman satu tim yang merasa risih karena tidak bisa bermain segesit biasanya. Kontrol point-and-click di keyboard komputer juga membuat DotA semakin dianggap sulit, terutama untuk para pemula.

Jangan Khawatir, Ada Fitur Training

dota 2 steam
Sumber : Techo.kompas.com

Di DotA pertama, memang tidak ada fitur training karena game awalnya hanya sebuah mod yang berkembang pesat. Oleh Valve, DotA 2 kini memiliki fitur training yang dikenal sebagai Quest.

Quest ini dibuat lebih singkat dengan target keahlian yang lengkap. Dalam satu kali latihan, kamu sudah bisa belajar menggunakan Skill, Last Hit, dan membuat kombinasi item yang berguna untuk tim. Setelah berlatih, kamu belum juga percaya diri turun ke arena perang?

Jangan khawatir, Valve juga menyediakan Bot Match yang memungkinkan pemain melawan robot dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Jadi, kamu bisa pemanasan dulu sebelum bisa main dengan pemain yang lain dan serius menaklukkan Ancient.

Jenis Hero yang Ada dalam Game

dota 2 wallpaper
Sumber : Tokopedia.com

Setelah mengetahui DotA 2 gameplay, sekarang saatnya berkenalan sedikit dengan para Hero. Jumlah Hero di permainan ini bisa dibilang salah satu yang paling banyak dibandingkan game MOBA lainnya.

Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 111 Hero. Supaya tidak bingung, semuanya dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan fungsinya:

1. Hero Strength

Hero ini memiliki kekuatan fisik di atas Hero lainnya. HP-nya tinggi sehingga cocok untuk berada di garda depan. Sebelum lawan bisa menyerang anggota tim lainnya, langkahi dulu Hero Strength yang ada di depan. Yang termasuk Hero Strength adalah Night Stalker, Underlords, Wraith King, dan sekitar 36 Hero lainnya.

2. Hero Intellligence

Kebalikan dari Hero Strength, Hero Intelligence menggunakan kekuatan nonfisik untuk bertahan atau menyerang lawan. Nilai Mana mereka tinggi dan bisa menggunakan semacam sihir untuk menyerang dari jarak jauh. Kemampuannya ini memungkinkan Hero Intelligence ditempatkan di berbagai posisi dalam strategi. Kalau kamu mau main sebagai Hero Intelligence, coba pakai Zeus, Necrphos, atau Crystal Maiden.

3. Hero Agility

Hero di kelas Agility memiliki kelincahan dan kemampuan yang baik untuk menggunakan senjata. Saat ini, terdapat sekitar 37 Hero Agility yang bisa kamu pakai dalam permainan. Dengan Armor yang tinggi, mereka bisa memanfaatkan senjata dengan lebih stabil dan lengkap. Beberapa Hero Agility yang bisa digunakan adalah Spectre, Anti Mage, dan Clintz.

Masing-masing Hero dengan kemampuannya sebaiknya ditempatkan di posisi yang strategis. Ingat, DotA adalah permainan strategis yang perlu dipikirkan dengan matang dan dilengkapi dengan kerja sama tim yang kuat. Karena akan ada lima orang dalam satu tim, biasanya masing-masing pemain memiliki peran. Berikut adalah kelima peran tersebut:

4. Carry

Carry mengambil posisi pertama dalam tim. Meski terlihat lemah di awal, ia memiliki fungsi untuk melakukan farming untuk mendapatkan kekuatan tambahan. Setelah terkumpul, ia akan menjadi lebih kuat di tengah hingga akhir permainan dan menjadi dominan.

5. Mid

Mid adalah pemain yang memiliki peran penting di awal permainan. Saat HP masih tinggi, ia harus mendapatkan Gold dan Experience sebanyak-banyaknya. Bisa dibilang, ia adalah pemain yang menentukan kesuksesan awal permainan.

6. Support

Support berada di tengah formasi. Ia juga bisa mengumpulkan Gold sambil berjalan dan memastikan posisi tengah aman tanpa ada penyusup. Biasanya, Support membantu pemain yang membutuhkan Item tambahan dengan membelanjakannya.

7. Offlane

Pemain di posisi Offlane haruslah pemain dengan Hero yang kuat dan memiliki kemampuan defensif sekaligus ofensif. Karena tidak bisa melakukan farming, tugas utamanya adalah menjaga di depan dan sekeliling tim memastikan semuanya aman.

8. Hard Support

Hard Support harus memikirkan kebutuhan tim dengan cara membelanjakan Item. Ini berarti, ia juga harus memiliki Gold yang cukup atau meminta bantuan Support untuk mengumpulkan Gold. Perannya penting untuk memenuhi kebutuhan tim untuk melawan musuh.

Bisa dibilang, untuk bermain DotA 2 memang dibutuhkan pengalaman dan latihan yang cukup. Sekali lagi, fitur kontrol yang banyak yang sering kali membuat pemain baru bingung memainkannya. Sebab, tangan kanan harus tetap berada di atas mouse, dan tangan kiri berada di atas bagian keyboard yang tidak semuanya dipakai.

Kalau kamu tertarik untuk belajar DotA 2, coba pelajari cara download-nya dengan mudah di sini.  Setelah berhasil membeli DotA 2, kamu juga menggunakan UniPin untuk membeli credit Steam Wallet yang bisa kamu gunakan untuk membeli item DotA 2 seperti skin, kosmetik, dan kelengkapan lainnya. Hanya dengan beberapa langkah mudah di UniPin, kamu sudah bisa mulai masuk ke dalam permainan dan mulai petualanganmu bertarung di Defense of the Ancient.

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES