indonesia flag
united-states
Tuesday, April 23, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeBlack Desert OnlineApa Saja Perbedaan Black Desert Mobile dan PC? Cek 7 Hal Berikut!

Apa Saja Perbedaan Black Desert Mobile dan PC? Cek 7 Hal Berikut!

Pada riset State of Online Gaming 2020 yang dilakukan oleh Limelight Networks, pemain game di smartphone atau mobile saat ini sudah mengalahkan jumlah pemain online di PC dan konsol. Alasannya mungkin sederhana, game di mobile bisa dimainkan di mana saja sehingga lebih mudah digunakan sebagai pengisi waktu luang.

Hal ini berlaku untuk sebagian besar game. Tidak heran, banyak pengembang yang kini menyediakan versi mobil untuk permainannya. Salah satunya adalah Black Desert Mobile yang merupakan pengembangan dari Black Desert untuk PC.

Apa Perbedaan Main Game di HP dan PC?

black desert mobile indonesia
Sumber : Youtube.com

Sebelum kita membahas tentang perbedaan Black Desert Mobile dan PC, sekarang coba kita ulas dulu apa saja perbedaan yang bisa dirasakan dari kedua platform tersebut. Yang pertama menjadi pertimbangan tentu saja tampilan yang bisa berarti lebar layar, ukuran resolusi, dan detail grafis yang tersedia.

Pada PC, tentu ketiga hal tersebut lebih bisa didapatkan. Terutama jika kamu bermain game dengan detail yang luar biasa. Layar yang lebar tentu akan membantu kamu saat looting atau mencari musuh.

Namun di sisi lain, bermain game di HP bisa lebih fleksibel. Tidak memerlukan banyak tombol atau gerakan untuk bermain sehingga permainan bisa terasa lebih mudah. Memang, ini adalah salah satu kelebihan permainan di HP. Bisa digunakan di mana saja dan kapan saja dengan lebih mudah.

Yang terakhir, permainan mobile cenderung menyediakan lebih banyak add-on atau tambahan item. Sebagai gamer sejati, tentu saja godaan untuk membeli armor, senjata, atau skin akan datang kapan saja. Tapi jangan khawatir, saat ini portal seperti UniPin sudah semakin memudahkan pemain untuk membeli secara online.

Bagaimana dengan kamu, platform mana yang menjadi favorit? Mari kita lihat keunggulan versi mobile dan PC dari Black Desert besutan Pearl Abyss ini.

Black Desert Mobile dan PC dari Sisi Gameplay

Untuk memenuhi kebutuhan pemain akan platform yang berbeda, developer Black Desert mulai melirik pasar mobile pada tahun 2019. Game MMORPG ini memiliki gameplay yang berbeda untuk mobile dan untuk PC.

Kalau di PC terdapat banyak tombol untuk melakukan command, sulit untuk melakukan hal yang sama pada game mobile. Command digantikan dengan button untuk skill yang bisa disentuh ketika ingin digunakan.

Nah, untuk mengatasi keterbatasan command, sepertinya Pearl Abyss memutuskan untuk memberikan opsi autoplay pada permainan mobile tersebut. Sayangnya, tidak semua pemain setuju dengan hal ini karena dianggap mengurangi keseruan bermain. Meskipun, autoplay yang ditawarkan sudah sangat mumpuni.

Shared Server di Black Desert PC

Hampir semua game di PC memungkinkan kamu menggunakan shared server dan mengakses karakter meski dari server yang berbeda dengan yang sebelumnya kamu pakai. Tapi, fitur tersebut tidak tersedia untuk game mobile Black Desert. Kamu hanya bisa menggunakan karakter dari server tempat kamu awal bermain dan memilih karakter tersebut.

Enhancement dalam Permainan

Black Desert memiliki satu fitur dalam permainan yang dikenal dengan Enhancement. Fitur tersebut memberikan kesempatan bagi pemain untuk meningkatkan kemampuan Attack Point dan Defense Point sebuah item. Dengan menggunakan Black Stone, item Armor bisa ditingkatkan hingga +5 dan Weapon hingga +7.

Di PC, tidak mudah untuk menggunakan fitur Enhancement ini karena ada kemungkinan gagal. Tentu saja itu akan sangat mengesalkan, karena sudah menggunakan Black Stone yang dianggap berharga dan masih saja gagal. Namun pada versi mobile, Enhancement bisa dilakukan dengan lebih mudah dan tidak akan berpengaruh pada durability item.

Lagi-lagi, banyak pemain yang sudah bermain di PC sebelumnya lebih menyukai Enhancement seperti di PC. Namun begitu, fitur Enhancement dibuat berbeda untuk memudahkan gameplay bagi para pemain mobile.

Transaksi

Banyak yang mengenal Black Desert PC sebagai game pay-to-win. Sebab, ada banyak item yang perlu dibeli kalau kita mau meningkatkan keahlian pada bagian tertentu dalam permainan. Misalnya saja ada kostum atau perlengkapan yang bisa membuat kita bisa tahan lebih lama di dalam air—sehingga meningkatkan kesempatan menang.

Tapi, Pearl Abyss selaku developer game untuk Black Desert memastikan bahwa hal tersebut akan diminimalisasi pada versi mobile. Kemampuan dari kostum akan diperkecil sehingga pemain tidak harus merasa wajib membeli kostum untuk melewati level tertentu.

Tidak Adanya Life Skill

Ini membuat Black Desert Mobile terasa kurang lengkap jika dibandingkan dengan versi mobile. Kalau pemain harus mengumpulkan Knowledge untuk mendapatkan Energy tambahan pada PC, hal tersebut tidak berlaku di versi mobile. Life Skill juga tidak tersedia sehingga pemain bisa fokus pada gameplay saja.

Kesimpulan

black desert mobile guide
Sumber : Idntimes.com

Black Desert Mobile gameplay memang sepertinya dibuat lebih mudah dengan fitur yang lebih sederhana. Pasalnya, banyak orang main MMORPG di HP hanya untuk mengisi waktu luang. Berbeda dengan mereka yang biasanya lebih serius bermain di PC. Maka dari itu, beberapa fitur terkesan sedikit lebih rumit di PC. Seperti ketika kita harus meningkatkan poin dari item melalui Enhancement.

Selain itu, Pearl Abyss juga membuat game versi mobile lebih ramah kantong dengan mengurangi penambahan skill dari kostum. Sepertinya, ini adalah kabar baik bagi para pemain game online mobile.

Jangan khawatir, Black Desert Mobile Indonesia yang rilis pada tahun 2019 juga tidak membutuhkan spek HP yang mewah. Cukup dengan Android 6.0 Marshmallow, RAM 2 GB, dan memori kosong di internal sebanyak 4 GB, kamu sudah bisa memainkan download black desert mobile dan memainkannya di HP.

Untuk menambah keseruan bermain kamu, kamu bisa membeli voucher Google Play di UniPin, portal pembelian kredit game dan produk digital paling mudah digunakan di Indonesia. Dengan voucher Google Play, kamu bisa membeli coin untuk Black Desert Mobile atau permainan lainnya di Android. Tidak perlu kartu kredit, voucher bisa langsung dibeli dengan mudah di UniPin!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Segera Isi Steam Wallet-mu di February Fest! Penuhi Dompet & Dapatkan Cashback 10Ribu UniPin Credits

Hai, Sahabat UniPin! Festival Februari telah dimulai! Segera isi Steam Wallet #PakeUniPin dan dapatkan cashback 10.000 UniPin Credits setiap harinya! Cari tahu disini dan dapatkan cashbacknya: ...