indonesia flag
united-states
Saturday, April 20, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile LegendsBagi Pemula, Ini 9 Cara Main Mobile Legend agar Cepat Naik Rank

Bagi Pemula, Ini 9 Cara Main Mobile Legend agar Cepat Naik Rank

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) menjadi genre mobile game yang banyak digemari. Di antara sederet pilihan yang ada, Mobile Legends adalah salah satu MOBA game yang sering dimainkan di Indonesia. Gameplay unik dan mudah, grafis visual yang memuaskan, hingga deretan hero dengan karakter dan power bervariasi adalah beberapa alasan mengapa game ini selalu menuai penggemar.

Tujuan utama dari permainan Mobile Legend adalah menghancurkan base lawan. Hal ini bisa dicapai dengan mudah jika kamu berada di rank atau peringkat tinggi. Sebagai pemain pemula, kamu akan menempati rank Warrior. Selanjutnya, dibutuhkan strategi dan cara main Mobile Legends yang tepat agar bisa naik ke level Elite, Master, Grandmaster, Epic, hingga rank lainnya yang lebih tinggi.

Nah, jika kamu kamu adalah seorang pemain pemula yang ingin segera naik rank, sejumlah tips dan cara berikut ini bisa dijadikan panduan.

1. Pastikan Kondisi Jaringan Selalu Stabil

kondisi jaringan stabil
Sumber : Franky.blogspot.com

Salah satu hal penting yang paling dibutuhkan saat bermain Mobile Legends adalah koneksi internet yang memadai. Internet yang jaringannya lemah atau sering mengalami gangguan sinyal bisa menimbulkan sejumlah masalah. Misalnya saja, tampilan game yang nge-lag atau koneksi terputus secara tiba-tiba yang menyebabkan kamu terpaksa harus AFK alias away from keyboard.

Kalau sudah begini, kamu bisa merugikan anggota lain dalam tim. Naik rank pun makin sulit untuk dicapai. Sebagai alternatif, sebenarnya kamu bisa mencari cara main Mobile Legend offline agar tak terkendala jaringan. Namun, kesan yang didapat biasanya tidak seseru ketika bermain langsung secara online.

2. Pahami Skill dan Power Hero yang Digunakan

pahami skill dan kekuatan hero
Sumber : Metaco.gg

Dalam dunia Mobile Legend, kamu harus bertarung dengan menggunakan hero pilihan. Bisa dibilang, cara main Mobile Legend terbaik adalah mengetahui kemampuan dan kekuatan hero yang kamu pilih sebagai ikon pertarungan.

Ada puluhan hero yang tersedia dalam permainan, dan jumlah ini terus ditambah setiap musim. Semuanya memiliki peran berbeda sebagai Assassin, Fighter, Marksman, Mage, Tank, dan Support. Untuk bisa menghadapi lawan dan menguasai medan perang, kamu harus terampil memilih hero mana yang bisa diandalkan. Bagi pemula, beberapa rekomendasi hero yang bisa dipilih adalah Miya, Layla, Saber, Rafaela, atau Eudora.

3. Perkuat Hero-mu!

perkuat heromu
Sumber : Suara.com

Setelah menentukan hero untuk bertarung, jangan lupa untuk meningkatkan kekuatan serang dan pertahanannya. Kamu harus memasangkan equipment atau build item yang tepat agar hero yang kamu pilih bisa membantu dalam pertarungan secara lebih maksimal.

Rekomendasi build item terbaik untuk setiap hero bisa ditemukan di bagian Popular Equipment Sets atau Top Player Equipment Sets. Sebagai pemula, kamu bisa mengikuti rekomendasi tersebut sebelum bereksperimen dengan build item lain. Jika kamu ingin mendapatkan hasil terbaik, jangan ragu untuk membeli diamonds atau emblem agar hero yang kamu pilih bisa menggunakan build paling kuat.

4. Pilih Kawan dan Lawan dengan Tepat

kawan dan lawan yang tepat
Sumber : Bukareview.com

Saat bermain MOBA seperti Mobile Legend, memilih kawan dan lawan bertarung menjadi poin yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan.

Mengajak teman-temanmu main bareng adalah salah satu cara main Mobile Legend untuk pemula yang cukup efektif. Cara ini penting untuk dilakukan agar kamu tidak mudah kalah diserang lawan. Jika sudah begitu, bisa naik rank dengan cepat hanya jadi harapan semata.

5. Pahami Juga Posisi Tim Kawan dan Lawan

posisi kawan dan lawan
Sumber : Blibli.com

Selain memilih anggota tim, cara main Mobile Legend lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah memahami posisi tim kawan maupun lawanmu. Untuk masalah komposisi tim, misalnya, kamu harus bisa mengalah dengan mengisi role hero yang diperlukan.

Pemain pemula biasanya akan memilih hero Mage atau Marksman. Namun, jika tim mainmu membutuhkan hero Fighter atau Assassin untuk menghadapi tim lawan, jangan ragu untuk segera mengganti hero yang kamu mainkan.

6. Perhatikan Mini Map

minimap
Sumber : Gridgames.id

Tak sedikit pemain pemula yang lebih fokus bertarung dibandingkan menyusun strategi yang tepat, padahal keduanya harus seimbang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencermati mini map di bagian pojok kiri atas layar permainanmu.

Mini map memuat beragam informasi yang kamu butuhkan agar bisa menyusun strategi terbaik untuk menyerang atau menghindar. Di bagian ini, kamu bisa melihat posisi teman satu tim, keberadaan hero dari tim lawan, hingga monster jungle, Lord atau Turtle yang harus dihadapi.

7. Belajar dari Pengalaman

belajar dari pengalaman
Sumber : Idntimes.com

Belajar dari pengalaman adalah cara main Mobile Legend bagi pemula yang tak boleh diabaikan. Pengalaman di sini bisa merujuk pada pengalaman pribadi maupun pengalaman dari player lain yang sudah menjajaki posisi top global.

Selain bermain langsung, kamu juga bisa menonton live streaming pertarungan Mobile Legend yang dilakukan oleh gamer profesional. Selama menonton, kamu bisa belajar cara memperkuat hero, memilih gear yang tepat, atau menggunakan skill kombo yang bisa melumpuhkan lawan.

8. Main di Malam Hari

main di malam hari
Sumber : Upoint.id

Bermain di malam hari adalah cara main Mobile Legend yang bisa dicoba agar bisa naik level dengan lebih cepat. Namun, cara ini sepertinya hanya bisa efektif jika kamu dan anggota tim lain memang terbiasa begadang saat tengah malam.

Meskipun bukan strategi teknis, memainkan pertarungan saat malam hari cenderung membuat lawanmu lebih mudah dikalahkan.

9. Mainlah dengan Sabar

mainlah dengan sabar
Sumber : Droila.com

Terakhir tetapi tidak kalah penting, teruslah bermain dengan sabar. Di awal-awal permainan, naik rank mungkin akan dirasa sulit oleh pemain pemula. Namun, itu bukan alasan untuk menyerah begitu saja. Kamu harus bisa bermain dengan sabar saat merasa kesulitan dalam mengontrol permainan karena masalah teknis seperti lag dan jaringan lambat.

Kalau kamu tipe pemain yang gampang kesal saat mobile game sering lag, tak ada salahnya untuk mencari cara main Mobile Legend di PC. Jadi, kamu bisa lebih leluasa mengontrol hero dengan menggunakan mouse dan keyboard.

Itulah beberapa cara main Mobile Legend yang bisa kamu terapkan sebagai pemula. Dengan mengikuti sejumlah tips dan cara di atas, pemain pemula pun akan mampu menaikkan rank mereka dengan lebih mudah dan cepat. Jadi, siapkah kamu untuk mencobanya?

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Inilah Daftar Game yang Mirip Mobile Legends, Wajib Dicoba!

Saat ini, terdapat sejumlah game yang terbilang mirip dengan Mobile Legends. Deretan game tersebut memiliki genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang seru dan...