indonesia flag
united-states
Friday, April 26, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeFinal FantasyInilah Perbandingan 5 Game Final Fantasy Android Terpopuler

Inilah Perbandingan 5 Game Final Fantasy Android Terpopuler

Final Fantasy kedelapan kembali rilis dalam versi remastered, menjadikannya permainan Final Fantasy Android terbaru. Hadir sebagai peningkatan dari versi kedelapan yang kontroversial, game FF Android ini menghadirkan perbandingan menarik dengan para pendahulunya, termasuk FF versi XIII.

Tertarik ingin mengunduh versi remastered ini? Baca dulu ulasan singkatnya.

Perbedaan 5 Game Final Fantasy Terakhir

final fantasy x android
Sumber : Gamedaim.com

Final Fantasy VII Android dianggap sebagai awal dari “kesuksesan” FF, mulai dari versi ketujuh yang bisa disebut sebagai masterpiece walau masih mengusung banyak kekurangan. Versi ini menjadi patokan untuk pengembangan versi berikutnya hingga mencapai versi ke-15. Versi ini bisa dibilang merupakan penyesuaian untuk generasi pemain baru yang lebih suka melewati aspek membosankan dari permainan.

Setiap seri FF menunjukkan peningkatan seperti detail dunia, grafis, hingga pilihan mode permainan. Walau ada kekurangan seperti glitch pada musik, penggemar Final Fantasy terus dimanjakan dengan hadirnya versi baru dan remastered.

Terutama bagi yang ingin bermain game di konsol modern atau perangkat mobile. Keunikan FF adalah selalu ada yang baru di setiap versi permainannya, mulai dari karakter, detail dunia, hingga metode permainan.

Sebagai contoh, FF ketujuh mulai menunjukkan kisah yang menarik dan emosional walau grafisnya masih terlihat kuno. Seri kedelapan punya grafis yang indah walau jalan ceritanya sedikit rumit. Versi kesembilan dan kesepuluh dianggap sebagai versi terbaik karena memadukan hal-hal yang digemari pemain lama dari seri awal sekaligus kemajuan dalam penggarapan karakter, grafis, dan cerita.

Ulasan Final Fantasy VII dan VIII

final fantasy ix android
Sumber : Today.line.me

Final Fantasy VIII Android, versi yang dipilih untuk versi remastered tahun ini, merupakan kelanjutan dari kesuksesan FF VII. Setelah popularitas versi ketujuh dengan gameplay serta jalan ceritanya yang menarik, FF VIII seolah hendak menunjukkan bahwa permainan ini bisa terlihat lebih menarik dan memicu aspek emosional pemain.

Perbedaan besar Final Fantasy Android VII dan VIII adalah gameplay. Keduanya mungkin mengusung grafis dan cerita yang memikat, tetapi gameplay pada versi kedelapan lebih rumit dari sebelumnya. Beberapa perubahan pada metode permainan bisa cukup membuat frustrasi, misalnya hilangnya kemampuan melancarkan spell dengan mudah hanya karena kamu menghabiskan MP.

Uniknya, versi kedelapan sering dianggap memiliki kualitas lebih rendah dibanding versi sebelum maupun sesudahnya. Akan tetapi, potensinya masih terlihat dari keberanian pengembang untuk bereksperimen dalam gameplay. Hal inilah yang memicu rilisnya versi remastered untuk meningkatkan pamornya di kalangan pemain baru maupun lama.

Ulasan Final Fantasy IX dan X

final fantasy x android(1)
Sumber : Liputan6.com

Final Fantasy IX Android terkenal sebagai salah satu versi terbaik. Tidak seperti seri lain yang mengusung dunia futuristik, versi kesembilan menghadirkan dunia yang lebih condong berbau fantasi, mengusung tokoh utama penyihir muda bernama Vivi. Berbagai fitur seperti referensi visual dan teks banyak mengacu ke seri awal, sehingga bisa dibilang semacam fan service untuk pemain lawas.

Versi kesembilan juga merupakan yang terakhir menggunakan sistem ATB Battle System, sesuatu yang sebelumnya identik dengan seri Final Fantasy. Akan tetapi, hal ini tidak mengurangi kesenangan bermain, karena versi kesembilan sukses memadukan elemen baru dan klasik dari versi lama untuk menyenangkan pemain baru serta lawas.

Bagaimana dengan Final Fantasy X Android? Selain membawa karakter baru yang berkesan seperti Yuna dan Auron, versi kesepuluh membawa perubahan seperti adanya indikator untuk pemain yang akan menyerangmu. Ingin memanfaatkan keahlian anggota tim yang berbeda-beda untuk menyerang kelemahan lawan? Kamu juga bisa menukar petarung dari tim kamu dengan mudah. Pilih petarung dengan keahlian spesifik untuk menghadapi lawan berbeda.

Kedua versi ini dianggap sebagai bagian dari kelompok game Final Fantasy terbaik atau setidaknya terpopuler. Akan tetapi, bagaimana jika dibandingkan dengan Final Fantasy Android remastered terbaru?

Apakah Final Fantasy Remastered Paling Unggul?

final fantasy remastered
Sumber : Gamersgrade.com

Final Fantasy remastered terbaru yang rilis awal tahun ini mengusung versi paling dikritik dari seluruh seri Final Fantasy Android, PS, maupun Xbox, yaitu seri kedelapan. Versi remastered berupaya memperbaiki hal-hal yang mengganggu jalannya permainan serta meningkatkan risiko kematian pemainmu. Secara umum, Final Fantasy Android terbaru ini memiliki cukup banyak keunggulan, walau ada beberapa kekurangan juga.

Berikut beberapa kelebihan FF VIII baru untuk Android.

1. Kisah yang Seru

Versi remastered masih mengusung kisah dan jalan cerita seru yang menjadi keunggulan utama seri kedelapan. Bertempat di dunia fiksi ilmiah, kamu akan mengikuti perjalanan seorang kadet militer bernama Squall Leonheart. Tujuanmu adalah menjadi seorang SeeD andal, petarung yang bisa mengeluarkan kekuatan gaib dengan bantuan makhluk gaib Guardian Forces.

2. Kendali dan Visual Berkualitas

Kenyamanan bermain bukan masalah dalam versi terbaru ini. Selain grafis dan audio yang cukup bagus untuk versi mobile Android, sistem kendali layar sentuhnya cukup sensitif dan mudah dimainkan. Cocok untuk pemain yang harus bergerak lincah dan bermanuver.

3. Fitur Ekstra untuk Menjaga “Nyawa” Pemain

Final Fantasy Android VIII versi remastered mengurangi risiko kehilangan nyawa dengan memberimu kecepatan tiga kali lipat lebih besar. Ada juga pilihan untuk mematikan random encounters alias perjumpaan dengan karakter tak dikenal yang berisiko menyebabkanmu terbunuh.

Walau menawarkan banyak kelebihan, versi baru ini masih memiliki beberapa kekurangan yang mungkin mempengaruhi keasyikanmu dalam bermain. Gameplay versi Android baru untuk FF VIII sedikit rumit dan mungkin kurang cocok untuk pemain pemula. Terlalu banyak informasi berbasis teks yang bisa membuat pemain kewalahan. Selain itu, tidak ada fungsi penyimpanan cloud sehingga pemain berisiko kehilangan progress permainan mereka.

Kesimpulan

Versi remastered dari Final Fantasy VIII berhasil menyuntikkan kelebihan yang menutupi beragam kekurangan dari versi lamanya. Jalan cerita memukau, grafis dan audio bermutu, serta sistem kendali yang cukup mudah membuatnya cocok sebagai pilihan Final Fantasy Android terbarumu. Walau ada kelemahan yang membuatnya kurang cocok untuk pemula, permainan versi baru ini tetap ideal untuk mengisi waktu penggemar sejati Final Fantasy.

Penasaran ingin membuktikannya sendiri? Unduh Final Fantasy Android favoritmu sekarang juga dan bandingkan kualitasnya dengan yang remastered!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Game PPSSPP Ukuran Kecil Terbaik, Masih Seru Dimainkan Tahun 2024

Game PPSPP Kecil Terbaik - Meskipun sudah lama sejak PSP dilepas ke pasar, kamu masih bisa bernostalgia dengan game-gamenya melalui emulator PPSSPP. Nah, berikut...