indonesia flag
united-states
Friday, March 22, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeMobile GamesMau Tahu Cara Bermain Roblox buat Pemula? Baca Panduan Ini!

Mau Tahu Cara Bermain Roblox buat Pemula? Baca Panduan Ini!

Penasaran dengan popularitas Roblox? Saatnya kamu tahu cara bermain Roblox agar bisa mencoba beragam permainan kreatif dan bahkan membuat game sendiri! Platform kreatif ini bisa cukup memusingkan untuk pemula terutama ketika tujuanmu adalah membuat permainan untuk pertama kali. Akan tetapi, kamu bisa perlahan menyesuaikan diri sambil mengikuti tutorial untuk pemula.

Cara Bermain Roblox: Langkah Daftar Akun

cara bermain roblox
Sumber : Youtube.com

Setelah mengunduh aplikasi Roblox secara gratis dari Play Store, kamu harus mendaftar (sign up) agar bisa menjadi pemain. Pendaftaran Roblox menerima berbagai rentang usia karena merupakan platform kreatif untuk pemula dan anak-anak. Akan tetapi, pendaftar yang berusia di bawah 13 tahun tidak bisa mendaftar sendiri dan membutuhkan bantuan orang tua atau wali.

Inilah langkah pendaftaran sebelum mengetahui cara bermain Roblox.

1.     Isi Tanggal Lahir

Walau Roblox tidak membatasi usia, mencantumkan tanggal lahir lengkap tetap diperlukan untuk menyesuaikan langkah keamanan dengan usia pengguna. Roblox menerapkan beragam pembatasan untuk pemain di bawah 13 tahun.

2.     Isi Data Diri dan Password

Isi nama pengguna (username) dan kata kunci. Pastikan nama pengguna tidak sama dengan nama asli demi keamanan. Filter Roblox otomatis mengeblok kata kasar atau kata-kata umum yang terdiri dari satu kata saja, jadi pastikan nama yang kamu pilih sudah direncanakan dengan baik. Isi kata kunci sebanyak dua kali sebagai sarana konfirmasi.

3.     Verifikasi Akun

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diarahkan ke halaman depan. Pilih Setting untuk mendapatkan instruksi verifikasi email.

Cara bermain Roblox setelah mendaftar adalah dengan mengunduh Roblox Studio. Perangkat gratis ini memungkinkanmu menciptakan permainan untuk PC dan Mac.

Cara Membuat Game Baru

cara bermain roblox di pc
Sumber : Youtube.com

PC merupakan perangkat ideal untuk bermain Roblox karena kamu bisa menggunakan program pembuatan game. Pertanyaannya, bagaimana cara bermain Roblox di PC jika kamu masih pemula?

Kamu bisa memulai dengan mudah asalkan sudah punya Roblox Studio. Begitu kamu membukanya, kamu akan melihat halaman antarmuka yang terdiri dari ikon dengan beragam pilihan tipe permainan, misalnya Suburban, Pirate Island, Combat, Castle, Line Runner, dan sebagainya. Pemula bisa mencoba pilihan mudah seperti Obby, permainan melewati rintangan dalam arena 3D.

Sudah memilih Obby? Berikut cara bermain Roblox sebagai pembuat game:

1.     Ubah Waktu Siang dan Malam

Buat game kamu lebih mirip dunia nyata dengan memasang waktu siang dan malam. Hal ini akan mengubah tampilan langit. Pilih Properties di menu sebelah kanan, lalu pilih Lighting. Pasang waktu siang dan malam sesuai dengan daftar angka jam yang tersedia.

2.     Ubah Warna Kotak Anak Tangga

Dalam Obby, kamu harus melewati rintangan di jalur yang mirip deretan anak tangga. Kamu bisa mengubah warna anak-anak tangga dengan memilih salah satu, lalu menggunakan fungsi Color di menu Edit. Kamu juga bisa mengubah anak tangga menjadi balok merah yang menandakan rintangan.

3.     Tambah Rintangan

Dalam menu Obby, kamu akan menemukan beragam rintangan seperti pohon, prajurit, robot, dan sebagainya. Karena sudah tersedia, kamu tinggal menambahkan rintangan tersebut di titik-titik yang kamu inginkan.

Setelah menyelesaikan permainanmu, pergilah ke File dan pilih Publish to Roblox. Pergilah ke Basic Settings dan isi bagian judul serta deskripsi permainan. Buat semenarik dan sejelas mungkin agar pemain lain tertarik mencobanya. Jangan lupa memilih tipe permainan serta menambahkan ikon (Thumbnail). Setelah yakin, klik tombol Create Place, dan permainanmu pun terbit di Roblox.

Cara Ubah Status Game Jadi Public/Private

cara bermain roblox di laptop
Sumber : News.azka.id

Setelah tahu cara bermain Roblox di laptop atau komputer, kamu bisa menjajal fungsi lain seperti mengubah status permainan. Tahukah kamu kalau setiap permainan yang kamu buat otomatis disetel Private setelah jadi? Hal ini merupakan bagian dari fitur keamanan dan privasi mengingat banyak pemain Roblox adalah anak-anak dan remaja.

Setelah tahu cara bermain Roblox dan membuat permainan sendiri, pastikan kamu tahu langkah mengubah status permainan menjadi publik, yaitu sebagai berikut:

  1. Klik tombol Create di bagian atas situs Roblox
  2. Pilih My Creations, lalu klik Games
  3. Pilih jenis permainan yang statusnya ingin kamu ubah
  4. Klik tombol status di bawah judul permainan hingga muncul tulisan Public dengan latar belakang hijau
  5. Jika kamu ingin mengubah status dari publik ke privat, lakukan hal yang sama tetapi ubah tulisan Public menjadi Private dengan latar belakang abu-abu

Langkah ini berlaku untuk permainan yang kamu ciptakan sendiri. Jika permainan tersebut merupakan karya beberapa orang, mengubah status permainan menjadi privat akan memberi akses ke kamu serta pembuat game lain di timmu yang juga memiliki akses ke pengaturan ini.

Tips Roblox untuk Pemain Pemula

cara bermain roblox untuk pemula
Sumber : Today.line.me

Kamu sudah tahu cara bermain Roblox untuk pemula menggunakan tipe game termudah di menu. Akan tetapi, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menikmati setiap fitur Roblox dengan lebih baik sekaligus mengembangkan kemampuan kodingmu sendiri.

Salah satu saran populer untuk pengembang pemula adalah memberi kesempatan pemain lain untuk melakukan playtesting. Selama proses pembuatan, kamu bisa meminta beberapa teman tepercaya untuk memainkan game yang sedang kamu garap. Buat daftar yang berisi beberapa poin berikut:

  • Nama pengguna di Roblox dan usia mereka
  • Hal yang mereka sukai dari permainanmu dan alasannya
  • Hal yang tidak mereka sukai dari permainanmu dan alasannya
  • Bagian yang membuat permainan jadi terlalu gampang atau sulit
  • Bagian yang tidak terduga atau berbeda dari permainanmu, terutama jika dibandingkan dengan permainan serupa
  • Saran secara umum agar permainanmu lebih menyenangkan untuk dimainkan

Butuh mata uang Robux untuk membeli berbagai item penting? Kamu bisa membelinya lewat UniPin. Pilih antara paket seperti Roblox 10 Dolar dan 25 Dolar sesuai anggaranmu, lalu gunakan untuk membuat permainanmu makin menarik.

Jika kamu masih baru soal cara bermain Roblox, jangan buru-buru ingin membuat game. Pastikan kamu menjajal beragam permainan. Tandai permainan favoritmu dan catat hal-hal yang menurutmu menarik, menantang, atau membuat frustrasi. Cara ini akan memberimu “modal” pengetahuan untuk membuat permainan sendiri.

Tunggu apa lagi? Segera unduh Roblox dan mulailah mendesain game kamu sendiri!

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Cara Memainkan Game Memori Google yang Efektif!

Siapa yang tak suka main game? Apalagi kalau game-nya bikin otak kita tetap terjaga dan aktif. Nah, Google punya satu game keren yang bisa...