Sunday, October 17, 2021
BerandaGamesIni 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Paladins!

Ini 4 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Paladins!

Pernahkah kamu mendengar Paladins? Jika belum, mungkin permainan sejenis, Overwatch dapat menjadi gambaran. Bergenre First Person Shooter (FPS), mulanya, game besutan Hi-Rez Studio ini memang kerap dianggap ‘menjiplak’ Overwatch. Padahal, ada perbedaan yang begitu kentara antara keduanya.

Permainan benama Paladins Battle Royale adalah game berbasis tim. Sebagai pemain, kamu dapat mengambil karakter—selanjutnya disebut Champion—sesuai preferensi yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan maupun keterampilan unik. Pertama, kamu akan dibawa masuk ke ‘dunia buatan’ dan membuat tim dengan para pemain lain. Lantaran mengangkat tema survival, kamu punya tugas yaitu bertempur melawan anggota tim lawan.

Sepintas, sistem bermain di atas mungkin juga dapat kamu temukan di Overwatch. Namun, jika Overwatch mengusung tema sci-fi dan modern war, Paladins justru bertema fantasi dan modern war. Perbedaan ini kemudian juga diterjemahkan dari segi grafis yang cenderung bergaya kartun, sementara Overwatch tampil dengan grafis tinggi.

Pada Overwatch, kamu akan menemukan dua mode, yaitu capture the point dan escort the payload. Nah, kabar baik: keduanya juga tersedia di Paladins. Adapun perbedaan ketiga, dari sisi karakter. Di Overwatch, kamu dapat mengganti karakter juara (hero) di setiap respaw. Sementara di Paladins, kamu tetap dapat menggunakan karakter yang sama sepanjang waktu. Beberapa keunggulan lain yang dapat kamu temukan: alur ceritanya objektif, didampingi musik latar yang begitu dinamis, dan tentu saja: detail visualnya menakjubkan.

paladins gameplay
Sumber : Droidpoin.com

1. Selalu Baru dan Update

Sejak awal perilisannya, Paladins terus berinovasi dan menyediakan fitur-fitur terbaru. Dari segi permainan, misalnya. Game ini akhirnya menyediakan mode party yang memungkinkanmu bisa bermain dengan teman-teman. Secara berkala, biasanya dalam hitungan bulan, peta permainannya diperbarui dan game tersebut memberikan champion kemampuan dan skin yang bisa dibeli dengan koin.

Perubahan inilah yang akhirnya membuatnya terasa lebih segar, sehingga sebagai pemain, kamu pun tidak akan bosan. Oh ya, Paladins juga bersifat internasional, lho. Jadi, kalau sudah andal, kamu bisa ikut serta dalam kompetisi tingkat dunia!

2. Game Mode Menyenangkan

Pada poin satu, mode party sudah disinggung. Namun, selain mode party, Paladins Gameplay juga punya sejumlah mode segar dan menyenangkan, seperti halnya PayLoad, Siege, Player vs Enemy (PVE),  Test Map, dan Training.

Pada PayLoad, salah satu tim  harus mendorong objective (kereta bom) mengikuti rel menuju ke markas musuh.  Nah, tim lawannya akan semaksimal mungkin menjaga supaya kereta bom ini tidak sampai tujuan. Ketika waktu habis atau sudah ada yang berhasil mencapai tujuan, maka kedua tim dapat bertukar posisi. Tim yang mendorong paling jauh dan cepat, akan didapuk menjadi pemenang.

Sementara dalam Siege, masing-masing tim akan berlomba untuk mengisi bar objective. Caranya, bisa dengan cara diam di Objective Spawner. Siapa pun yang berhasil mengisi bar hingga 100% akan mendapatkan objective plus satu poin. Namun, tugasnya tidak berhenti sampai di situ. Mereka yang mendapatkan objective harus mendorong objective sampai markas tim lawan. Tim yang berhasil akan dapat satu poin tambahan lagi, sementara jika kalah, harus rela memberikan poinnya kepada lawan. Mereka yang sudah mendapatkan empat poin lebih dulu, langsung dinobatkan menjadi pemenang.

Player vs Enemy (PVE) lantas menjadi mode ketiga. Bedanya, kali ini kamu akan bertarung dengan musuh yang dikendalikan oleh komputer dan berjuang mendapatkan objective. Oh ya, jika sudah dapat, tidak perlu didorong ke pihak lawan, ya. Kamu sudah menang, kok.

Pada Test Map, kamu akan ditempatkan pada sebuah peta yang masih dalam pengembangan. Jadi, peta masih sangat minim warna dan menunjukkan garis pixel. Tugasmulah untuk merancang map tersebut.

Mode terakhir, yaitu Training. Sesuai namanya, di sinilah kamu dapat beradaptasi dan melatih kemampuan dalam menggunakan champion. 

3. Bebas Pilih Champion

Di Paladins, kamu bisa memilih empat tipe Champion: front line, damage, flank, dan support. Sesuai namanya, front line punya satu tugas utama, yaitu maju ke barisan dan mendapatkan atau menjaga target. Nah, karena tugasnya itulah, salah satu skill front line difokuskan pada upaya pertahanan dan health point (indikator ‘nyawa’) yang besar. Konsekuensinya, champion tipe ini cenderung memiliki serangan yang kurang telak. Meski bisa mendapatkan eliminate, umumnya mereka akan sulit melakukan solo kill. Beberapa champion front line yang bisa kamu gunakan, yaitu Ruckus, Torvald, Fernando, dsb.

Selanjutnya, mari berkenalan pada tipe kedua: damage. Karena berada di garis kedua, damage termasuk tipe yang punya banyak tugas. Paling utama, yaitu memberi bantuan pada front line, mencegah dan menghentikan musuh agar tidak mendapatkan target, serta jika perlu: membunuh musuh. Beberapa champion tipe ini, yaitu Tyra, Kinessa, Sha Lin, dsb.

Pertahanan sudah. Saatnya menyerang. Nah, untuk strategi yang satu ini, kamu butuh flank. Tugasnya adalah mengacaukan formasi dan menyerang lawan. Mereka biasanya didesain lebih lincah dan cepat, bahkan termasuk dalam hal ‘kabur’ jika dibutuhkan. Sayangnya, mereka tidak dilengkapi dengan kemampuan bertahan dan cenderung punya health poin kecil. Jadi, kalau sudah terdesak, potensi kalahnya lebih besar. Beberapa champion tipe ini yaitu, Androxus, Skye, Maeve, Evie, dsb.

Support menjadi tipe terakhir champion. Tugasnya adalah menyembuhkan anggota tim dan mendukung serangan dari timnya. Namun, biasanya mereka memiliki kemampuan defense yang kecil dan sering kali jadi incaran. Beberapa champion tipe ini yaitu, Grover, Mal’Damba, Pip, Grohk, dsb.

4. Banyak Fitur Pendukung

Nah, nilai plus lain, game ini punya banyak sekali fitur pendukung yang bikin acara bermainmu tambah seru. Beberapa di antaranya yaitu Item (alat bantu atau efek yang bisa dibeli untuk mempermudah melawan musuh), Credits (jumlah saldo untuk membeli item), Loadout (kartu pendukung setiap champion), Skins (kostum), Gold & Crystal (tabungan ‘harta’ untuk membeli beragam item menarik), Quest (cara kirim atau mendapatkan hadiah), dan Event (beragam acara yang diselenggarakan dan bisa kamu ikuti).

Khusus untuk gold atau credits, biasanya game jenis FPS dilengkapi oleh beragam platform yang memungkinkanmu melakukan top-up saldo dengan mudah.

Itu dia empat alasan mengapa kamu harus bermain Paladins. Untuk bermain, kamu tinggal mengunjungi Steam atau mengetik kata kunci Paladins Steam di mesin pencari. Jangan lupa ikuti sejumlah Paladins System Requirements-nya, ya!

Nah, meskipun dapat dimainkan gratis, Permainan ini memiliki beberapa fitur yang masih terkunci, salah satunya Champion. Kamu dapat mengunjungi UniPin untuk akses mudah membeli setiap karakter dengan gold atau membeli ‘Founder Pack’ untuk seluruh akses Champion. Selamat mencoba!

UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

POPULAR ARTICLES

weekend deals banner