indonesia flag
united-states
Wednesday, April 24, 2024
indonesia flag

Indonesia

united-states

English

HomeHeroesMengenal Gatotkaca Mobile Legends, Hero yang Terinspirasi dari Tokoh Pewayangan Jawa

Mengenal Gatotkaca Mobile Legends, Hero yang Terinspirasi dari Tokoh Pewayangan Jawa

Bagi para player Mobile Legends di Indonesia, nama Gatotkaca tentu tidak asing lagi. Pasalnya, sang hero terinspirasi dari kisah pewayangan di Tanah Jawa. Memiliki julukan otot kawat dan tulang besi, munculnya Gatotkaca dalam Mobile Legends terjadi karena kesepakatan antara Mobile Legends Indonesia dengan Garudayana, pemegang hak cipta komik Gatotkaca.

Kisah Gatotkaca sendiri berasal dari legenda Mahabarata yang ditulis Begawan Wyasa. Cerita ini aslinya berasal dari India kemudian tersebar sampai ke Asia Tenggara. Versi Gatotkaca India dengan Indonesia juga memiliki sejumlah perbedaan. Untuk Gatotkaca Mobile Legends, inspirasinya memang berdasarkan penggambaran kisah Gatotkaca dalam dunia wayang.

Kekuatan Gatotkaca Mobile Legends

Counter Hero Gatotkaca

Terlepas dari kisah sang jagoan yang diambil dari legenda rakyat, Gatotkaca dalam Mobile Legends juga dilengkapi dengan sejumlah skill. Gatotkaca sendiri termasuk hero Fighter sekaligus Tank dengan total empat skill yang terdiri dari satu skill pasif, dua skill aktif, dan satu skill ultimate.

  • Skill Pasif. Steel Bones. Dengan skill ini, Gatotkaca bisa mengubah 3% HP yang hilang menjadi Physical Defense. Memberikan damage kepada musuh dengan HP yang lebih tinggi sebanyak 110-250 HP (nilainya meningkat seiring level) dan 0,5 kali HP dalam Physical Defense. Efek ini bisa terjadi setiap 6 detik sekali. Gatotkaca juga merupakan salah satu Tank terkuat.
  • Skill 1. Blast Iron Fist. Gatotkaca bisa menghancurkan tanah di depannya dan memberikan 220 (+90% total Magic Power) poin Magic Damage dan memperlambat musuh. Menimbulkan 30 (+20% total Magic Power) poin Magic Damage kepada musuh yang berada di area pukulan Gatotkaca dan akan melambat sebanyak 50%. Kamu bisa menggunakan skill ini untuk mengejar hero lawan dan memperlambatnya.
  • Skill 2. Unbreakable. Gatotkaca bisa berteriak keras ke arah yang ditentukan untik membuat musuh menggunakan serangan dasar padanya. Skill yang bertahan sampai 1,3 detik ini akan membuat Gatotkaca melancarkan serangan balik yang bisa memberikan 100 poin Magic Damage dari total HP-nya. Skill ini bisa digunakan untuk melindungi rekan satu tim, terutama ketika war. Ini juga bisa digunakan untuk memulai pertarungan tim atau saat ganking
  • Ultimate Skill. Avatar of Guardian. Gatotkaca bisa melompat ke arah yang ditentukan kemudian menjatuhkan musuh terdekat ke udara selama 1 detik dan memberikan 500 (+300% total Magic Power) poin Magic Damage. Saat menggunakan skill ini, pastikan kamu mengantisipasi gerakan musuh agar bidikannya tepat. Manfaatkan skill ini untuk ganking, memulai team fight, kabur, bahkan mencuri Lord.

Emblem Gatotkaca dan Spell Terbaik Gatotkaca

Ada dua cara paling umum yang biasa dipakai untuk memainkan Gatotkaca. Pertama sebagai Tank dan yang kedua sebagai Offlaner. Karena sustainabilitas dan potensi CC-nya, Tank lebih disukai. Kemampuan Gatotkaca melindungi sidelane dan memutar ke tengah untuk ganking juga membuatnya cocok menjadi Offlaner.

Untuk memaksimalkan permainan, ada beberapa emblem dan spell terbaik yang bisa kamu gunakan, yakni:

  • Emblem Set untuk Tank. Untuk Tank, kamu direkomendasikan untuk menggunakan Emblem Shield (+3), Inspire (+3), dan Concussive Blast. Shield akan melindungi Gatotkaca dari sihir di awal sementara Inspire memungkinkan kamu Cooldown. Sementara itu, Concussive Blast memungkinkan kamu memiliki Damage AoE yang meningkat dengan HP pada serangan dasarnya setiap 15 detik.
  • Spell Set untuk Tank. Jika kamu menggunakan posisi Tank, sebaiknya gunakan Flicker untuk melarikan diri atau mengejar musuh. Gunakan juga Vengeance untuk bertahan lebih lama dalam team fight.
  • Emblem Set untuk Mage. Untuk kamu yang mengambil posisi Offlaner dengan Gatotkaca, setup yang direkomendasikan adalah Agility (+3), Observation (+3), dan Impure Rage. Agility akan meningkatkan Movement Speed, sementara Observation akan meningkatkan Magic Penetration yang akan menyebabkan damage lebih tinggi pada Offlaner lawan. Sementara itu, Impure Rage akan membantu Gatotkaca menimbulkan damage yang lebih tinggi.
  • Spell Set untuk Mage. Untuk mage, kamu bisa menggunakan spell Vengeance agar bisa bertahan lebih lama dalam team fight.

Counter Hero Gatotkaca

Seperti halnya hero lain dalam Mobile Legends, Gatotkaca juga memiliki sejumlah counter yang bisa mengalahkannya. Beberapa rekomendasi counter hero ini bisa kamu gunakan jika ingin mengalahkan Gatotkaca, yakni:

  • Counter hero yang pertama bagi Gatotkaca adalah Karrie. Karrie merupakan hero Marksman yang memiliki kemampuan spesial mengalahkan semua Tank dengan mudah, termasuk Gatotkaca.
  • Jika kamu menggunakan Gatotkaca dan memiliki rekan tim Diggie, kamu bisa merasa aman sebab Diggie mampu menetralisasi semua crowd control attack dari musuh.
  • Dengan kemampuan Immunity-nya, Chou bisa jadi lawan yang mematikan bagi Gatotkaca.

Selain ketiga hero di atas, masih ada beberapa hero lain yang juga bisa meng-counter Gatotkaca, termasuk Badang, Carmilla, Moskov, hingga Esmeralda dan Franco.

Tips Agar GG Menggunakan Gatotkaca

Spell terbaik Gatotkaca

Jika kamu ingin GG bermain dengan menggunakan Gatotkaca sebagai hero pilihan, ada baiknya simak terlebih dahulu beberapa tips penting berikut ini!

  • Pahami keempat skill Keempat skill Gatotkaca sudah dijelaskan dalam pembahasan sebelumnya. Pastikan kamu memahami dengan baik cara penggunaannya sebelum bermain.
  • Perhatikan combo skill Gatotkaca berikut ini. Gatotkaca terbilang memiliki combo skill yang gampang diingat. Langkah pertama, aktifkan skill 2 untuk mengejar musuh, kemudian berikan damage tambahan sekaligus perlambat musuh dengan efek slow lewat skill Selanjutnya, aktifkan skill pasif dengan basic attack. Gunakan skill ultimate ketika kamu sudah dalam posisi terdesak.
  • Bermain dengan agresif. Ketika sedang war, kamu tidak perlu ragu bermain dengan agresif dan bar-bar ketika menggunakan Gatotkaca. Pasalnya, hero satu ini dilengkapi dengan durabilitas yang tinggi serta mampu memberikan damage mematikan dengan skill crowd control yang dimilikinya.

Selain dengan menggunakan berbagai tips di atas, hal yang tak kalah penting yang perlu kamu lakukan adalah melengkapi permainan dengan top up akun Mobile Legends kamu. Di UniPin, kamu bisa menemukan beragam pilihan nominal dan tersedia berbagai metode pembayaran yang memudahkan.

UniPin
UniPin
UniPin Blog Menyediakan Artikel Promo, Events dan Updates Seputar Games, Kamu Juga Bisa Mendapatkan Panduan dan Tips Bermain Games Disini.

Top Up di UniPin

Popular Articles

Jangan Takut! 10 Counter Saber Mobile Legends Terbaik

Di Mobile Legends: Bang Bang, kita punya Hero keren bernama Saber. Dia nggak sembarang Hero, tapi seorang assassin yang sangat berbahaya.  Saber ini beda karena...